Jenis-jenis Franchise Makanan yang Menguntungkan

Entrepreneurship

Bisnis waralaba atau yang dikenal dengan franchise makanan merupakan peluang usaha yang praktis dan menguntungkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Konsep bisnis waralaba yang biasa dikenal dengan franchise bisa menguntungkan menguntungkan bagi pemiliknya juga pembeli yang berada pada sistem di dalam bisnisnya. Anda mungkin sering melihat kios-kios makanan, kafe, atau restoran dengan nama sama di tempat atau kota berbeda besar kemungkinan itu adalah bisnis waralaba atau franchise.

Sistem Bisnis Franchise

Pada dasarnya sistem bisnis waralaba (franchise) ini adalah pada saat seorang pemberi waralaba (franchisor) yang berupa badan usaha atau perorangan memberikan hak kepada pembeli atau penerima waralaba, untuk bisa mengelola, memanfaatkan, dan menggunakan hak atas penemuan atau kekayaan intelektual serta ciri khas usaha miliknya kepada pihak lain.

Jadi bisa disimpulkan Anda yang berperan sebagai pembeli atau bisa dikatakan penerima waralaba (franchise) mempunyai hak untuk bisa melakukan usaha dengan menggunakan merek dagang dan menggunakan sistem bisnisnya.

Keuntungan Bisnis Franchise

  1. Sistem yang sudah terbangun dan sudah diuji terealisasi dengan baik, bisa membuat peluang dari risiko kegagalan bisnis minim.
  2. Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan promosi, karena masyarakat sudah mengenal merek dari usaha tersebut.
  3. Sistem bisnisnya mempermudah manajemen finansial, karena sudah pasti terbentuk sistemnya.
  4. Mengelola dengan baik dan meneruskan saja dari semua kerja sama dengan relasi yang sudah terbangun baik itu dari pemasok dan juga pihak iklan.
  5. Pelatihan di awal yang diberikan oleh pemberi waralaba (franchisor) mengenai proses pemasaran, finansial, dan juga strategi menjalankan usaha.

Kerugian Bisnis Franchise

  1. Kontrol untuk kendali bisnis Anda mempunyai batas, karena adanya sistem yang telah ditentukan pada awalnya.
  2. Selalu tergantung pada supplier yang telah ditentukan oleh pemberi waralaba (franchisor).
  3. Dengan binis waralaba (franchise) menggunakan nama yang sama, hal ini bisa menjadi kerugian bila ada pengusaha waralaba lain melakukan kesalahan, karena bisa merusak reputasi merek dagan bisnis waralaba tersebut.

Diperlukan persiapan yang matang bagi pemberi waralaba (franchisor) atau penerima waralaba (franchise) untuk memulai bisnis ini. Seorang franchisor tentu harus bisa menyakinkan franchise untuk bisa membeli sistem bisnisnya, di sinilah tantangan utamanya. Bila merek dagan tersebut sudah banyak dikenal orang tidak perlu memakan waktu lagi untuk menarik minat calon pembeli, lain cerita lagi bila itu terjadi sebaliknya.

Sistem bisnis waralaba (franchisee) sangat disarankan bagi pebisnis pemula, yang masih riskan untuk mengambil risiko besar. Namun ada baiknya juga bagi para calon pembeli yang nanti akan bertindak sebagai penerima waralaba (franchisee), kenali terlebih dahulu apa saja sistem yang ditawarkan dan semua potensi keuntungan yang bisa diperoleh. Tertarik mencoba bisnis waralaba (franchise)? Kalau iya, berikut ini beberapa jenis franchise makanan yang bisa Anda coba.

Contoh Franchise Makanan

Franchise Makanan Ayam Tepung Goreng atau Fried Chicken

Seperti yang diketahui bersama, ayam tepung di Indonesia ini bukan sesuatu yang aneh. Sudah banyak para pelaku bisnis tersebut dari mulai yang bertaraf internasional maupun nasional.

Sekilas bentuk yang disajikan pun tampak sama, namun jika dicicipi dan diteliti lebih dalam rasa dari fried chicken tersebut berbeda-beda. Seolah sudah menjadi makanan yang “menjamur” di Indonesia, banyak pelaku usaha yang memang nekat membuka usaha waralaba tersebut.

Terbukti, setiap usaha waralaba ayam dengan nama-nama berbeda tersebut tetap menjadi andalan di tengah masyarakat Indonesia dan memiliki target pasar tersendiri. Contoh-contoh usaha waralaba tersebut misalnya seperti Sabana, D’besto, Labaik Chicken, Hisana Crispyku, Kuku Kriyuk, dan lain sebagainya.

Franchise Makanan Kebab

Kebab merupakan makanan yang berasal dari Timur Tengah. Berbahan dasar roti khas Timur Tengah yang di dalamnya berisi daging kambing atau sapi, sayuran, mayonase, saos, dan isian lainnya sesuai dengan selera.

Kebab tersebut rupanya sudah menjadi makanan favorit di Indonesia, sehingga banyak orang yang menjual makanan tersebut. Seperti halnya bisnis usaha waralaba ayam goreng, bisnis makanan kebab tersebut banyak ditemui di pusat perbelanjaan atau di komplek-komplek perumahan dengan merek yang berbeda-beda.

Tentunya hal ini membuktikan bahwa usaha waralaba kebab pun sudah menjadi bisnis yang menjanjikan dan juga menguntungkan. Contoh nama merek kebab yang cukup familiar di Indonesia seperti Kebab Baba Rafi yang ada di Bandung, Kebab Corner, Kebab Ali Baba, Arofah Kebab, Kebobs, Hafiz kebab, dan lain-lain.

Franchise Makanan D’crepes

Umumnya crepes ini adalah kue yang terbuat dari terigu yang diberi isian manis dan juga asin. Kue tersebut dimasak dengan menggunakan loyang datar sehingga saat disajikan crepes pun membentuk kue kering yang tipis.

Rupanya makanan tersebut sangat disukai para pecinta kuliner di Indonesia sehingga D’crepes ini dinilai sebagai usaha yang cukup menjanjikan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Kedai Kopi

Anda memiliki modal yang lumayan besar, tentu bisa membuka kedai kopi yang sedang tren di kalangan milenial. Seperti yang diketahui bersama, kopi ini adalah minuman yang bisa dinikmati oleh setiap kalangan, bisa dengan menggunakan kopi kemasan sampai juga kopi asli.

Belakangan ini kedai kopi pun sudah marak ditemukan di sekitaran pusat perbelanjaan atau di tempat-tempat umum yang berada di pinggir jalan.

Es Bubble

Minuman berikut ini cukup familiar dan dijadikan usaha waralaba lumayan menguntungkan. Sebuah miniman yang memang memiliki beragam rasa seperti cokelat, kopi, teh buah, yang dicampur dengan butiran tapioca atau yang disebut dengan bubble.

Selain rasa yang tersedia di atas ada pula rasa lain hingga mencapai 30 varian rasa yang sangat disukai oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. Biasanya booth bubble drink tersebut biasa ditemukan di pusat perbelanjaan ibu kota yang ada di Indonesia.

Comments are closed.