Gaji Pilot: Ternyata Nominalnya Juga Selangit Lho. Mau?

Entrepreneurship

Jika Anda tanya profesi apa yang mendapatkan gaji tinggi, salah satunya adalah profesi menjadi seorang pilot. Kira-kira berapa gaji pilot?

Tentu sangat wajar jika seorang pilot digaji tinggi. Tanggung jawab yang diembannya sangat berat. Selain itu, untuk mendapatkan lisensi menjadi pilot, seseorang harus bekerja super keras. Ia tidak hanya harus sekolah pilot yang ternyata faktanya tidak mudah untuk diterima di sekolah pilot. Saat sekolahpun mereka harus belajar sangat keras.

Belum lagi, setelahnya mereka harus mengajukan lisensi. Satu hal yang pasti, butuh upaya ekstra dan komitmen tinggi untuk menjadi seorang pilot. Jadi, wajar kan jika gaji pilot tinggi?

Tapi, apakah Anda penasaran sebenarnya seberapa tinggi gaji seorang pilot?

Gaji Pilot yang Bikin Melongo

Sebenarnya, seorang pilot itu sama dengan karyawan di sebuah perusahaan. Hanya saja, pilot menjadi karyawan sebuah maskapai. Dikatakan sama karena masing-masing perusahaan menetapkan gaji untuk pegawai termasuk pilot. Bisa saja gaji seorang pilot di sebuah maskapai jauh lebih tinggi dibandingkan yang diberikan oleh maskapai lain.

Meskipun demikian, ada angka normal. Artinya, ada angka yang menunjukkan rata-rata gaji seorang pilot. Berapakah itu?

Untuk pilot pemula saja, kabarnya mereka sudah digaji Rp30 juta per bulan. Jadi, bisa dikatakan setelah lulus dari sekolah pilot, seorang pilot akan bekerja dengan gaji Rp30 juta per bulan. Jelas jauh berbeda dengan fresh graduate dari jurusan lain, bukan?

Bisa Anda bayangkan sendiri berapa gaji pilot yang sudah bertahun-tahun bekerja di sebuah maskapai. Kabarnya, ada maskapai yang menggaji pilot senior dengan gaji Rp100 juta per bulan, lho. Hanya saja, secara umum, pilot yang sudah cukup lama bekerja mendapatkan gaji sebesar Rp50 juta hingga Rp80 juta per bulan.

Gaji tersebut sudah termasuk tunjangan serta tambahan gaji karena naiknya jenjang karier. Jadi, semakin lama bekerja, maka semakin naik gajinya.

Tidak sampai di situ saja. Gaji pilot tersebut belum termasuk tambahan non-cash, lho. Apa itu non-cash? Komponen non-cash contohnya tunjangan kesehatan, asuransi, BPJS, dana pensiun, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga maskapai yang memberikan penghargaan tertentu untuk pilot terbaik. Penghargaan tersebut biasanya berupa uang.

Setelah tahu pendapatan gaji per bulan, semakin tertarik untuk menjadi seorang pilot?

Saat ini, kebutuhan pilot semakin tinggi. Pasalnya, pemerintah sedang fokus membangun infrastruktur untuk menunjang bisnis penerbangan. Bisa dipastikan akan semakin banyak maskapai dan juga pesawat.

Di sisi lain, semakin banyak pula orang yang mau traveling menggunakan pesawat. Apalagi sekarang banyak maskapai yang berani menurunkan harga tiket. Nantinya, akan semakin banyak yang berani naik pesawat. Dan semakin banyak pula pesawat yang akan beroperasi. Itu artinya samakin banyak demand terhadap profesi seorang pilot.

Akan tetapi, jika Anda ingin menjadi pilot, Anda harus mempersiapkan diri dari awal. Memang tidak mudah untuk menjadi seorang pilot. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi pilot, bukan?

Mau Kerja dengan Gaji Pilot? Anda Harus Lolos Tes Sekolah Pilot

Memang ada beberapa cara jika ingin menjadi pilot. Misalnya saja Anda menjadi seorang tentara. Anda bisa ikut di bagian penerbangan sehingga Anda mendapatkan lisensi terbang.

Akan tetapi, jika Anda ingin menjadi pilot pesawat komersil, Anda harus masuk ke sekolah penerbangan. Ini yang tidak mudah. Untuk bisa lolos menjadi mahasiswa sekolah pilot, Anda harus berusaha sangat keras.

Ada yang menganggap asalkan punya badan yang tinggi, menjadi pilot itu hal yang mudah. Ternyata, tidak hanya itu saja, lho. Pilot harus memiliki IQ yang tinggi. Itulah mengapa serangkaian tes dilakukan.

Jika ingin sekolah pilot, berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan:

Kemampuan Bahasa Inggris

Ada beberapa materi pelajaran yang dijadikan sebagai patokan apakah seseorang lolos di sekolah pilot atau tidak. Namun, yang tak kalah penting adalah kemampuan Bahasa Inggris.

Maka dari itu, sebaiknya Anda siapkan diri. Upgrade kemampuan Bahasa Inggris Anda. Ambil tes TOEIC. Ini merupakan sertifikat untuk menunjukkan dan mengukur kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Biaya

Tahukah Anda berapa biaya yang harus Anda keluarkan di awal? Kabarnya, biaya untuk tes masuk sekolah penerbangan sekitar Rp7 juta hingga Rp13 juta. Mahal? Tentu saja mahal.

Belum lagi dengan biaya yang harus Anda siapkan jika Anda diterima. Untuk menyelesaikan sekolah pilot, setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp900 juta. Ini angka yang sangat tinggi. Namun, wajarlah karena gaji pilot nanti bisa mencapai Rp100 juta per bulan kok.

Persiapkan Kesehatan Anda

Selain cerdas dan memiliki dana untuk belajar, Anda juga harus lolos tes kesehatan. Namanya tes MEDEX. Ini merupakan tes kesehatan meliputi mata, pendengaran, jantung, gigi, dan organ tubuh lainnya.

Biasanya, calon siswa sekolah pilot banyak yang gagal di tes kesehatan ini. Maka dari itu, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari. Setidaknya selama satu tahun sebelum pendaftaran, Anda haru mulai menjaga pola hidup yang baik. Lakukan olahraga secara rutin. Hindari hal-hal yang membuat kondisi psikologi kurang baik.

Jadi, siap untuk jadi pilot? Bukan hal yang mudah, memang, Tapi tidak ada salahnya untuk Anda coba.

Anda bisa ingat terus berapa gaji pilot yang bakal Anda dapatkan. Setidaknya itu bisa menjadi motivasi tersendiri agar Anda serius melakukan persiapan. Setidaknya, Anda akan mendapatkan motivasi tinggi untuk lulus dalam serangkaian tes masuk sekolah penerbangan. Bukankah itu yang paling penting?

Comments are closed.