Langkah-langkah Mendaftar di Google Bisnisku

Entrepreneurship

Untuk menjadikan bisnis Anda terkenal tidaklah sulit. Anda bisa mendaftarkan tempat bisnis tersebut ke Google Bisnisku dengan cara berikut ini.

Semenjak perkembangan zaman, tentu semakin mudah juga untuk Anda mencari dan mendapatkan apa pun yang diingankan. Google merupakan salah satu wadah yang bisa menjawab dan juga memberikan solusi dari apa yang dicari. Jika Anda mencari tempat di Google, tentu Anda akan milihat peta, situs web, alamat lengkap, dan juga nomor telepon dari tempat yang Anda cari.

Informasi tersebut tentu sangat berguna bagi pelaku bisnis. Di samping memberikan rasa kepercayaan kepada konsumen, ada keuntungan lainnya, yaitu jumlah klik pada situs website tersebut bisa naik hingga 35 persen. Itulah yang dinamakan Google Bisnisku. Apa sih Google Bisnisku itu?

Pengertian Google Bisnisku

Sesuai dari kutipan resmi dari laman Google, Google Bisnisku atau google google business listing atau google place merupakan fitur gratis yang mudah digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran online mereka di Google, termasuk di penelusuran dan maps.

Dengan memverifikasi dan mengedit informasi bisnis, Anda dapat membantu konsumen untuk menemukan Anda dan menceritakan kisah bisnis Anda kepada mereka. Jadi, inti dari proyek Google dengan menghadirkan program ini merupakan sesuatu hal untuk membantu para pelaku usaha atau organisasi agar lebih mudah ditemukan di internet. Karena lengkapnya syarat yang harus dipenuhi membuat beberapa kasus pelaku bisnis justru terjebak agar bisnis mereka muncul di hasil pencarian Google. Selain itu, Google juga mengolah data bisnis Anda berdasarkan review dari pengguna atau user yang pernah berkunjung ke tempat Anda. Baik itu menggunakan data dari Google Maps, data user berupa review atau gambar, serta saran yang masuk. Maka dari itu penting halnya untuk Anda agar segera melakukan klaim jika bisnis sudah muncul di search engine.

Baca juga: Ide Bisnis UKM Menggiurkan yang Dapat Anda Coba

Panduan Mendaftar Google Bisnisku

Sama halnya dengan pendaftaran pada umumnya, ada beberapa informasi penting yang harus Anda persiapkan, seperti alamat lengkap dan jelas, nama tempat, nomor handphone aktif, foto lokasi bisnis, dan informasi lainnya sebagai dokumen pelengkap.

  1. Pertama, masuklah ke Google Bisnisku dengan akun yang benar-benar aktif.
  2. Jika sudah masuk, Anda akan diarahkan langsung ke laman pendaftaran. Serta akan muncul form yang harus Anda isi secara lengkap.
  3. Lengkapilah selengkap mungkin lokasi bisnis Anda. Seperti nama (gunakan nama merek Anda), alamat lengkap (digunakan untuk memvertifikasi), kota, provinsi, telepon, kategori, dan situs website.
  4. Jika semua form sudah lengkap, dan Anda yakin itu adalah informasi yang sebenarnya, maka silahkan klik lanjutkan dibagian bawah.
  5. Silahkan lanjutkan dengan klik “tetapkan lokasi penanda”. Nah, letakkan lokasi penanda pada lokasi Anda yang sebenarnya. Lalu klik lanjutkan.
  6. Setelah itu, Anda akan diminta vertifikasi lokasi tersebut dengan mencentangnya dan klik lanjutkan.
  7. Lalu kembali Anda akan di arahkan ke vertifikasi dan jangan pernah mengklik vertifikasi nanti atau Anda tidak akan pernah menerima surat vertifikasi dari Google.
  8. Selanjutnya Anda akan diminta memasukan nama si penerima surat vertifikasi. Dan klik kirim kartu pos.
  9. Anda akan langsung diarahkan ke halaman Google Bisnisku milik Anda.
  10. Tahap selanjutnya adalah melakukan vertifikasi.

Baca juga: Pahami Pentingnya Bisnis Plan dan Cara Membuatnya

Melakukan Vertifikasi

Setelah tahap pendaftaran selesai, kini saatnya memasuki tahap verifikasi yang harus dilakukan. Perlu Anda ketahui, Google Bisnisku yang Anda daftar tidak akan muncul di search engine sebelum Anda melakukan vertifikasi pin. Kode pin tersebut akan dikirim dan sampai ke lokasi yang Anda masukkan 1-2 minggu kerja.

Pastikan semua data yang Anda masukkan benar sehingga verifikasi pun berjalan dengan lancar. Semua data yang Anda update di halaman Google Bisnisku tidak akan ditampilkan hingga proses vertifikasi selesai. Maka dari itu, inilah pentingnya memberikan alamat lengkap agar nantinya surat pin yang Anda minta bisa dikirim sesuai jadwal ke alamat Anda. Jika nantinya sudah tersebut sudah datang, silahkan buka Google Bisnisku untuk melakukan vertifikasi. Masuk ke dashboard dan klik vertifikasi. Masukkan pin yang ada di dalam surat tersebut dan selesai. Bisnis Anda sudah muncul di Google.

Setelah Vertifikasi

Setelah Anda melakukan vertifikasi pin, maka langsunglah lengkapi data-data bisnis Anda di Google Bisnisku. Lengkapi data seperti foto profil, foto interior, foto exterior, foto tim atau karyawan, label, telfon, dan data lainnya selengkap mungkin. Agar user dapat melihat bisnis Anda sejelas mungkin.

Fitur membuat postingan saat ini telah diperketat, hanya bisnis yang telah divertifikasi akan muncul fitur postingan. Jadi, jika Anda sudah melakukan vertifikasi, silahkan rutinlah membuat postingan yang bermanfaat dari bisnis Anda. Seperti promo, informasi, tip, atau apa saja yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Semakin berkembangnya era digital, tentu semakin ketat juga persaingan di Google. Oleh karena itu, para pengguna Google Bisnisku perlu menjaga eksistensi agar tempat bisnis yang Anda bagus selalu masuk ke dalam halaman terbaik di Google.  Lalu, bagaimana cara mempertahankan eksistensi di halaman Google? Salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu laman tersebut selalu dalam keadaan aktif. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengadakan promo, event, penawaran, atau lainnya. Oleh karena itu rutinlah membuat postingan di Google Bisnisku. Bisa berupa link postingan, atau pun foto promo untuk bisnis Anda.

Semakin Anda rutin, akan semakin baik pula peringkat Anda. Review juga masuk dalam kandidat penting bagi Google untuk menentukan peringkat. Oleh karena itu, Anda bisa meminta rekan, costumer, atau siapa saja yang mengetahui bisnis Anda. Mintalah mereka untuk menuliskan hal positif jika sudah berkunjung ke lokasi usaha Anda.

Comments are closed.