7 Ide Bisnis yang Cocok di Bulan Puasa

Entrepreneurship

Mulai dari berjualan takjil, katering untuk berbuka puasa dan sahur, hingga parcel lebaran adalah beberapa ide bisnis yang bisa dicoba selama bulan puasa ini.

Ramadan telah tiba waktunya bagi para muslim bergembira menyambut bulan pernuh berkah ini. Namun, ramadan kali ini harus dijalani dengan suasana berbeda karena pandemi COVID-19 yang memaksa umat muslim menjalankan ibadah solat tarawih di rumah saja. Pola kehidupan yang biasanya ramai dan hangat selama Ramadan berubah menjadi sepi dan dingin.

Anjuran social distancing serta bekerja di rumah, membatasi aktivitas orang berada di luar rumah. Jika tahun-taun sebelumnya jalanan ramai dengan penjual menu berbuka kini tidak lagi. Namun, bagi sebagian orang yang kreatif, kondisi ini justru dapat mendatangkan rejeki. Bisnis bulan puasa kini bahkan bisa dijalankan siapa saja, tidak perlu tempat dan lokasi strategis.

Ya, dengan kemajuan teknologi bisnis bulan puasa bisa dilakukan dari rumah. Tapi tidak semua jenis bisnis ini cocok dijalankan di tengah Ramadan. Rata-rata bisnis yang ramai di bulan puasa adalah kuliner dan busana muslim.

Baca juga: Pilihan Investasi Terbaik Untuk Jaminan Hari Tua

Ingat, boleh saja sibuk berbisnis, tapi tetap harus menjaga kesehatan karena ancaman virus COVID-19 bisa datang dari mana saja. Lakukan cek kesehatan secara teratur dan pastikan diri Anda juga dilindungi dengan asuransi jiwa, yang bisa memberikan manfaat rawat inap, rawat jalan dan uang pertanggungan bagi ahli waris jika Anda mengalami cacat permanen atau meninggal dunia.

7 Ide Bisnis yang Cocok di Bulan Puasa

Tidak selamanya pandemi corona yang membuat ekonomi Indonesia goyang ini jadi mimpi buruk. Sebab bagi mereka yang kreatif selalu ada jalan untuk mendatangkan bisnis selama corona hadir di bulan Ramadan. Perlu diingat bahwa tidak semua jenis usaha cocok dijalankan, jadi Anda harus mencari tahu apa saja industri yang sekiranya mendapat pangsa pasar selama bulan puasa. Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan orang berdiam di rumah. Jika masih bingung menentukan bahan jualan, cobalah 7 ide bisnis dibawah ini.

Menu Buka Puasa

Menu Buka Puasa

Meski anjuran social distancing masih diberlakukan oleh Pemerintah Daerah, bukan berarti pangsa pasar hilang. Sebenarnya masih banyak masyarakat yang membutuhkan menu buka puasa karena ketiadaan waktu mereka untuk memasaknya. Berbagai menu takjil yang sering dicari adalah kolak, teh manis hangat dan dingin, bubur sum-sum, minuman sirup dingin, aneka jus buah, sop buah, puding, dan menu-menu ringan lainnya.

Anda bisa memanfaatkan situasi pandemi seperti sekarang ini, dengan menerima order yang diantar ke rumah pelanggan. Anda bisa mengiklankan produk tersebut dari mulut ke mulut tetangga, atau saudara dan kerabat terdekat.

Katering

Adanya pembatasan jam usaha, memaksa sejumlah restoran dan toko makanan tutup saat memasuki masa berbuka puasa. Kondisi ini tentu menyulitkan sebagian orang yang tidak punya waktu memasak atau tidak punya alat memasak, seperti perantauan yang indekos. Nah Anda bisa mengambil celah ini dengan membuka bisnis catering untuk berbuka dan sahur.

Tawarkan paket katering berbuka dan sahur yang lengkap, misalnya untuk jangka satu pekan atau satu bulan. Namun, pastikan ya pesanan katering sudah sampai di tangan pelanggan sebelum waktu berbuka puasa atau jika sahur sebelum imsak tiba.

Hijab & Busana Muslim

Memasuki bulan Ramadan permintaan untuk jilbab, busana muslim, dan peralatan solat biasanya naik signifikan bahkan bisa mencapai 300%. Namun, karena virus corona masih menyerang, masyarakat tidak bisa mengunjungi toko langsung untuk memilih. Nah, Anda bisa menjadikan ini sebagai ladang bisnis.

Baca juga: Sudah Menabung Dana Pensiun Sedari Dini?

Tidak perlu bingung memikirkan modal dan konveksi atau pekerja yang mau dibayar dengan harga miring. Anda bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper, yang hanya perlu menawarkan produk kepada orang lain. Sementara ketersediaan produk tetap jadi tanggung jawab pemilik produk. Anda bisa mengambil untung 10-20% dari setiap satu barang yang terjual.

Bisnis Kue Kering

Bisnis Kue Kering

Di Indonesia kue kering adalah tradisi wajib yang harus ada saat lebaran atau Idul Fitri tiba. Namun, tidak semua orang punya waktu untuk membuatnya sendiri dirumah, atau memang selalu gagal membuat kue yang enak di lidah. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan menjual kue kering kreasi sendiri. Pastikan ya rasanya memang enak.

Buatlah kue kering dengan packaging yang rapih dan visual yang menarik sehingga selain berfungsi untuk dikonsumsi juga memiliki nilai seni dan cocok dijadikan buah tangah tanda selamat saat lebaran tiba. Kue kering juga sering dibuat jadi parsel lebaran dengan harga dua kali lipat lebih mahal.

Bisnis Paket Lebaran

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, hampir sulit bahkan sudah ada larangan untuk tidak saling berkunjung ke rumah kerabat atau saudara seperti yang biasa dilakukan setiap Idul Fitri. Nah, karena silaturahmi tidak boleh putus, maka kita bisa menawarkan jasa paket lebaran yang bisa dikirim kr kerabat sebagai tanda saling memaafkan.

Karena bisnis ini yang dijual adalah keindahan, maka harus ada bukti contoh hasil karya parcel untuk menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, coba unggah di sosial media dan tawarkan jasa ini kepada teman-teman dekat.

Bisnis Peralatan Ibadah

Bisnis Peralatan Ibadah

Selama bulan Ramadan permintaan akan peralatan ibadah seperti kopiah, sarung, mukena, al-quran, dan tasbih meningkat. Banjir pesanan datang untuk berbagai tujuan baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk dibagikan ke yayasan anak yatim. Anda bisa membangun bisnis jualan perlatan ibadah secara satuan maupun yang sudah di paket dengan kemasan yang menarik.

Buah dan Sayur

Selama masa pandemi COVID-19, pasar dan supermarket juga kena imbas karena mengharuskan adanya pembatasan jam buka. Rata-rata supermarket dan minimarket harus sudah tutup menjelang berbuka puasa. Hal ini sebenarnya menyulitkan konsumen yang sering tiba-tiba membutuhkan sesuatu misalnya buah dan sayur.

Nah Anda bisa mengisi celah kosong ini dengan berjualan buah, sayur, dan kebutuhan dapur lain secara online. Namun, Anda harus pastikan memiliki tenaga ekstra yang mencukupi untuk proses pengirimannya agar tidak ada keterlambatan yang membuat pelanggan kecewa. Pastikan juga buah dan sayur berkualitas tinggi.

Baca juga: Himbauan Pemerintah untuk Salat Tarawih dan Ied Tahun 2020

 

Itulah 7 ide bisnis bulan puasa yang bisa Anda coba di tengah pandemi seperti sekarang ini. Bulan Ramadan masih ada 19 hari. Yuk, masih belum terlambat untuk memulai bisnis jika didasari dengan niat, optimis, dan juga pikiran yang positif. Selamat mencoba!

Comments are closed.