Jual Baju Muslim, Tips dan Peluang

Asuransi KesehatanEntrepreneurshipLifestyle & Leisure

Bisnis jual baju muslim tak pernah sepi pembeli, terlebih di bulan Ramadan dan jelang lebaran Idul Fitri. Jika cermat dalam membuat strategi, omset mencapai ratusan juta bisa kita nikmati.

Baju muslim adalah busana yang paling diburu saat Ramadan tiba, baik untuk digunakan sehari-hari maupun keperluan hari raya Idul Fitri. Memasuki ramadan omset busana muslim bisa naik berkali lipat. Bagi orang Indonesia membeli baju muslim saat lebaran adalah sebuah tradisi. Jual baju muslim bisa menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini.

Bisnis busana muslim juga tidak melulu harus bermodal besar, kita bisa memulai dengan modal kecil, misalnya menjadi reseller atau menerima sistem pre-order. Namun, perlu strategi dan langkah jitu agar jualanmu laku. Sebab pesaing yang sesama jual baju muslim juga tidak sedikit.

Selain Menyusun strategi, suatu bisnis bisa berjalan dengan lancar jika kesehatan Anda pun terjaga. Bagiamana bisa Anda menjalankan bisnis, tapi badan dalam kondisi yang tidak baik. Sebagai pelindung yang baik, asuransi kesehatan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda miliki. Ada banyak manfaat yang bisa diberikan asuransi kesehatan, seperti perlindungan akan biaya rawat inap, rawat jalan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan produk asuransi kesehatan yang tepat, jangan lupa untuk membelinya di Futuready. Sebab, Futuready menghadirkan berbagai produk asuransi kesehatan dari perusahaan-perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi ya.

Peluang Bisnis Busana Muslim

Banyaknya wanita yang berhijab menjadi salah satu faktor peluang bisnis busana muslim ini cukup menjanjikan. Model-model baru bermunculan setiap tahun bukan hanya dari merek lokal, tapi juga internasional. Pembeli busana muslim juga tak pernah sepi karena mayoritas penggunanya adalah kaum hawa yang doyan belanja.

Tapi memulai bisnis ini juga tidak mudah. Butuh modal besar hingga jutaan rupiah jika ingin menciptakan banyak produk. Jika Anda ingin memulai bisnis ini tanpa modal, mulailah langkah menjadi reseller kemudian membuka toko sendiri. Lambat laun Anda akan tahu bagaimana skema bisnis ini berjalan dan mampu menghasilkan produk sendiri.

Sebaiknya sebagai pemula buat rincian pendanaan sehemat mungkin dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Jangan dulu menyewa orang lain selama masih bisa dikerjakan diri sendiri. Belanja produk harus dilakukan langsung oleh tangan sendiri untuk menjaga kualitas produk dan tidak mengecewakan konsumen.

7 Tips Jual Baju Muslim

7 Tips Jual Baju Muslim

Menjual baju muslim mungkin kelihatan mudah. Anda hanya perlu mengikuti model yang ada dan menjualnya di pasaran. Namun, ingat bahwa pesaing yang memasarkan produk serupa juga tidak sedikit, dengan kualitas yang mungkin lebih baik. Jika tidak memiliki keontetikan, kualitas, dan pelayanan maksimal produk Anda lambat laun akan ditinggalkan.

Jika berminat membuka usaha jual baju muslim, coba praktikan tips dibawah ini:

Pelajari Tren Busana Muslim

Pelajari Tren Busana Muslim

Membuka usaha busana muslim tidak bisa asal memilih produk syar’i dan enak dipandang. Sebab banyak pengguna baju muslim juga sangat selektif soal mode. Terbukti setiap tahun selalu ada desain baru dari industri busana muslim. Kalau ingin usaha Anda berjalan mulus, wajib memiliki koleksi tren busana musim terbaru. Jika belum bisa menciptakan produk premium dari tren terbaru, Anda bisa memodifikasinya sedikit menggunakan bahan standar dengan tujuan market kelas menengah.

Tawarkan Teman dan Kerabat

Umumnya pebisnis pemula selalu menawarkan produk jualannya kepada keluarga dan kerabat dengan harga miring. Harapannya mereka akan merekomendasikan produk tersebut kepada teman dan kerabat lain. Anda bisa melakukan hal serupa dengan menjual lebih dulu busana muslim kepada tetangga dan teman. Berikan pelayanan terbaik agar mereka memberikan review yang bagus.

Inovasi

Saat memulai bisnis jual baju muslim sebaiknya jangan hanya menjual satu jenis produk. Buatlah minimal 5 macam atau model baju muslim yang berbeda agar calon konsumen bisa memilih mana yang paling pas buat mereka. Misalnya, baju gamis, hijab syar’i denim, hijab untuk pesta atau baju muslim dengan warna-warna pastel atau identik dengan musim semi. Biasanya produk yang punya ciri khas tersendiri ini lebih mudah dikenal dan jadi perbincangan.

Baca juga: 7 Ide Bisnis yang Cocok di Bulan Puasa

Fokus Konsumen Khusus

Baju muslim memang bisnis yang dapat menargetkan semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Namun, butuh modal besar jika kita ingin menyediakan produk yang dapat memenuhi seluruh pangsa pasar. Untuk awal pembukaan bisnis, sebaiknya konsentrasi pada satu pangsa pasar dulu, misalnya anak-anak. Anda bisa mencari tahu model-model populer baju muslim anak dan memasarkannya segera.

Pemilihan konsumen ini pada akhirnya akan menentukan harga jual produk. Misalnya, untuk anak-anak dan remaja cukup sulit mematok harga jual diangka jutaan rupiah. Sementara untuk konsumen dewasa biasanya mereka akan memilih motif dan bahan yang berkualitas, tak peduli harganya kelewat mahal.

Pilih Lokasi yang Tepat

strategi jual busana muslim

Produk fashion berbeda dengan makanan yang tidak memerlukan store untuk bisa dikunjungi pelanggan. Produk fashion harus dicoba lebih dulu oleh setiap calon pembeli sebelum mereka memutuskan mana produk yang pas. Karena itu kita harus memilih lokasi yang tepat untuk memasarkan produk. Sesuaikan lokasi dengan target konsumen. Misalnya, jika menargetkan anak-anak maka lebih bagus membuka di sebelah toko peralatan anak.

Manfaatkan Sosial Media

Untuk menghemat budget iklan Anda bisa mengganti berbagai promo tercetak menjadi digital. Manfaatkan sosial media untuk membangun branding produk, memperkenalkan, dan mendorong orang membeli busana muslim yang Anda jual. Buat promo menarik, misalnya beli 1 gratis hijab. Memanfaatan sosial media seperti instagram dan facebook terbukti dapat menarik para pecinta busana muslim yang juga senang mengoleksi berbagai model hijab. Bahkan Anda bisa membuka toko online di berbagai situs e-commerce lokal di Indonesia

Iklan Berbayar

Kalau sosial media bisa menjadi cara beriklan gratis dengan mengandalkan konten iklan menarik, maka ada banyak iklan berbayar yang bisa kita manfaatkan untuk mengenalkan produk. Bahkan sosial media juga membuka konten berbayar yang dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen di berbagai belahan dunia. Cara lain adalah dengan mengajak kerja sama influencer busana muslim untuk me-review produk Anda dan merekomendasikannya lewat akun sosial medianya. Cara ini selalu menghasilkan pembeli baru.

Baca juga: Tempat Terbaik Membuka Bisnis Makanan Selama Bulan Puasa

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktikan saat ingin membuka bisnis jual baju muslim. Jangan takut untuk berinovasi dan membuka kesempatan memperluas pasar. Jika modal menjadi kendala Anda bisa memanfaatkan berbagai pinjaman lunak yang disediakan perbankan. Banyak perbankan Indonesia yang menawarkan kredit untuk usaha kecil menengah.

Comments are closed.