Keuntungan Jadi Karyawan Tetap dan Cara Mewujudkannya

Entrepreneurship

Karyawan tetap bukan sekadar perubahan status dari karyawan kontrak saja. Banyak sekali keuntungan dengan menjadi karyawan tetap tentunya.

Untuk mendapatkan pemasukan, tentu kita harus melakukan sesuatu. Sejatinya, ada beberapa cara untuk dapat memeroleh penghasilan. Jika Anda pandai mengelola usaha, tak ada salahnya untuk membuka usaha atau perusahaan kecil atau startup. Namun, nyatanya tak semua orang memiliki kemampuan tersebut, khususnya dari segi finansial. Jadi, langkah yang paling realistis untuk dilakukan adalah dengan bekerja di perusahaan. Bekerja di perusahaan nyatanya tidak seburuk yang banyak orang pikirkan. Banyak sekali hal positif yang dapat Anda dapatkan selama bekerja, terlebih bila Anda sudah diangkat menjadi karyawan tetap. Karyawan tetap artinya Anda sudah tidak lagi bekerja di bawah kontrak tertulis yang umum dirasakan oleh para pekerja baru atau yang baru pindah ke perusahaan. Lalu, apakah menjadi pegawai tetap merupakan sebuah keuntungan? Tentu iya. Sebab, banyak sekali hal yang Anda dapatkan ketika menjadi pegawai tetap di perusahaan. Apa saja? Simak di bawah ini!

Baca juga: UU Ketenagakerjaan: Hak Seluruh Karyawan yang Perlu Diketahui

Keuntungan Menjadi Karyawan Tetap di Perusahaan

Tunjangan

Jika Anda bekerja pada perusahaan besar, Anda akan diberikan beragam tunjangan, misalnya tunjangan kesehatan dan tunjangan pensiun. Tunjangan kesehatan merupakan salah satu tunjangan yang sangat menguntungkan bagi seorang karyawan tetap karena biaya kesehatan merupakan biaya yang berjumlah besar. Beberapa kasus kesehatan yang bermanfaat bagi seorang karyawan, misalnya Anda dapat melakukan check-up rutin tanpa dipungut biaya. Atau bila terjadi kecelakaan pada saat bekerja, perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya pengobatan. Tidak hanya diri Anda, beberapa perusahaan pun menunjang kesehatan untuk keluarga Anda. Selain tunjangan kesehatan, Anda pun akan secara otomatis mendapatkan tunjangan dana pensiun, jadi Anda tidak harus pusing memikirkan sumber penghasilan pada usia non-produktif. Setiap perusahaan memiliki ketentuan mengenai tunjangan yang berbeda. Oleh karena itu, tanyakan pada HRD dengan jelas untuk mengetahui tunjangan apa saja yang berhak diterima.

Penghasilan yang Konsisten

Keuntungan kedua menjadi seorang karyawan adalah penghasilan yang konsisten. Anda akan selalu menerima penghasilan tetap tanpa bergantung pada performa perusahaan Anda. Konsistensi ini juga merupakan salah satu faktor utama akan banyaknya orang yang tertarik untuk menjadi karyawan tetap.

Baca juga: Siapa Bilang Menghitung Pajak Penghasilan Itu Ribet?

Bekerja dengan Jadwal Regular

Keuntungan lain menjadi seorang karyawan tetap adalah waktu kerja normal yang dapat diprediksi. Hal ini tidak dapat dinikmati oleh seorang pengusaha atau freelancer. Walaupun hari ini adalah hari libur, jika besok terdapat deadline pekerjaan, maka seorang freelancer wajib menyelesaikan tugas tersebut. Jam kerja yang pasti pun memungkinkan seorang karyawan untuk melakukan hal lain di luar jam kerja mereka, misalnya mengambil pekerjaan tambahan atau melakukan aktivitas lain.

Baca juga: Karyawan Tetap di Perusahaan, Apa Kelebihannya?

Mempunyai Peran Khusus dalam Sebuah Organisasi

Bayangkan seseorang yang tidak mengerti mengenai akuntansi dan harus mengurus keuangan bisnis hanya karena mereka belum mampu menyewa seorang akuntan profesional, melelahkan bukan? Oleh karena itu, inilah yang jadi alasan mengapa menjadi karyawan tetap sangatlah menguntungkan, yaitu peran yang fokus di dalam sebuah organisasi. Anda memiliki tanggung jawab pasti dengan sebuah peran khusus di dalam sebuah perusahaan. Walaupun pekerjaan Anda didukung oleh peran lainnya, tetapi Anda tidak perlu memikirkan departemen atau bagian lain karena bukan tugas Anda untuk memastikan bahwa seluruhnya berjalan lancar. Dengan peran yang khusus ini, Anda akan mendapatkan beragam manfaat. Pertama, jika Anda menyenangi pekerjaan ini, maka Anda dapat lebih cepat berkembang dan menjadi ahli di bidang tersebut. Kedua, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan Anda dan lebih produktif dalam menggunakan waktu.

Berkembang Secara Profesional

Sebuah perusahaan sering mengadakan program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para pekerjanya. Investasi pada sumber daya manusia ini dilakukan untuk meningkatkan performa kerja mereka yang juga bermanfaat untuk meningkatkan performa perusahaan. Ini merupakan salah satu keuntungan menjadi karyawan tetap, karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi untuk mempelajari hal tersebut. Anda hanya perlu tekun mengikuti pelatihan sehingga Anda dapat mengasah keahlian dan kemampuan. Perkembangan secara profesional ini juga dipengaruhi tidak hanya dari pelatihan tetapi juga pengalaman kerja. Semakin lama pengalaman kerja seseorang, semakin ‘dewasa’ pula orang tersebut. Untungnya, perkembangan ini dihargai dengan gaji atau komisi yang lebih tinggi.

Memiliki Teman Kerja

Terlepas dari politik kerja yang rumit, sebenarnya memiliki kolega kerja menguntungkan untuk psikologis seseorang. Selain faktor sosial, memiliki rekan kerja juga dapat meningkatkan motivasi Anda untuk bekerja dengan lebih baik. Hal ini tidak dapat dinikmati pekerja lepas yang biasanya bekerja sendiri.

Baca juga: Bekerja Sistem Outsourcing? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Tip Agar Diangkat Menjadi Karyawan Tetap

Perusahaan tidak akan sembarangan dalam mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap. Banyak faktor yang menjadi penilaian hingga akhirnya perusahaan rela mengangkat karyawan tersebut secara tetap. Berikut ini ada beberapa cara agar Anda dapat diangkat menjadi pegawai tetap di perusahaan tempat Anda bekerja.

Menjadi Karyawan yang Selalu Berinisiatif

Menjadi seorang karyawan kontrak tentu akan membuat Anda sedikit berjarak dengan karyawan lain apalagi jika karyawan lain tersebut adalah karyawan tetap. Memang tidak di setiap lingkungan kerja seperti itu, namun ada baiknya jika Anda memiliki inisiatif untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu agar suasana kerja di sekitar Anda menjadi lebih nyaman. Selain tentang hal di atas, Anda juga sebaiknya berinisiatif untuk ajukan beberapa pertanyaan meliputi kerjaan Anda kepada senior Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hal baru untuk dijadikan pedoman untuk ke depanya selama bekerja di perusahaan tersebut.

Ambil Peluang yang Ada

Di saat Anda memiliki peluang untuk menampilkan kelebihan Anda kepada perusahaan, maka janganlah ragu untuk mengeluarkanya. Namun perlu diingat, walaupun Anda memiliki kesempatan tersebut jangan pernah Anda bertindak berlebihan yang dapat merusak karier Anda di perusahaan tersebut. Bagaimanapun juga, sebagai seorang karyawan yang masih dalam masa percobaan, Anda masih dalam pantauan pimpinan perusahaan. Jadi, ambil peluang yang ada tanpa harus berlebihan dalam menjalankannya. Nah, sekarang Anda sudah tahu segala keuntungan menjadi pegawai tetap dan bagaimana cara meweujudkannya. Sudah siap merealisasikannya di perusahaan tempat Anda bekerja?

Comments are closed.