Kerja Remote, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Entrepreneurship

Kerja remote dianggap sebagai opsi bagi orang-orang yang penat selalu bekerja di ruangan kantor. Tapi, kerja satu ini ada kelebihan dan kekurangannya.

Bekerja umumnya dilakukan di sebuah kantor, di meja yang sudah disediakan dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Tapi, nyatanya hal tersebut tak terbukti efektif pada sebagian pekerja. Bukannya dapat bekerja dengan baik, yang ada malah hasil kerja yang kurang maksimal karena banyak faktor yang membuat proses bekerja menjadi kurang nyaman.

Oleh karena itu, tercetuslah ide untuk kerja remote. Kerja model satu ini diaggap sebagai solusi dari kepenatan pekerja yang setiap hari harus bekerja di kantor. Tentu, kerja dengan model satu ini punya kelebihan dan juga kekurangannya. Apa saja? Baca selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Fresh Graduate, Begini Cara Mudah Mencari Pekerjaan!

Keuntungan Kerja Remote

keuntungan kerja remote

Meningkatkan Produktivitas

Jarak antara rumah dan kantor yang cukup jauh membuat para pekerja harus mengerahkan waktu dan biaya untuk mencapai tempat kerja. Kondisi jalanan yang macet membuat para pekerja harus rela berlama-lama di jalan dan akhirnya datang terlambat.

Jika keterlambatan seorang karyawan terjadi berkali-kali, tentunya ini akan menjadi masalah yang cukup memusingkan bagi perusahaan. Karyawan seakan tak terpengaruh dengan teguran-teguran yang diberikan, sehingga keterlambatan terus berulang kembali. Hal ini akan membuat produktivitas karyawan menjadi menurun.

Belum lagi kerjaan dari kantor yang cukup banyak sehingga para pekerja harus rela bekerja lembur. Ini akan sangat melelahkan karyawan jika harus ke kantor esok paginya. Dengan sistem kerja remote, karyawan dapat bekerja dari rumah dan tak perlu memikirkan ruwetnya kondisi lalu lintas yang cukup macet. Karena pekerja tak lagi terlambat, penyelesaian pekerjaan kantor dapat di menej secara lebih baik dan produktivitas karyawan akan meningkat.

Terbebas dari Kejenuhan dan Ketatnya Suasana Kerja di Kantor

Suatu perusahaan kerap kali membuat peraturan yang cukup ketat untuk para karyawannya. Para pekerja diwajibkan untuk tidak masuk terlambat, bahkan disaat jam makan siang sekalipun. Atasan pun kerap mengawasi sehingga karyawan merasa tertekan karena hal tersebut. Terlalu sering bekerja di kantor juga dapat membuat karyawan merasa jenuh.

Kantor diinterpretasikan sebagai tempat yang membosankan dan membuat karyawan merasa letih. Hal-hal seperti ini berdampak negatif dari tugas-tugas yang dikerjakan oleh karyawan. Hasil pekerjaan suatu karyawan dapat tidak memenuhi ekspektasi perusahaan.

Dengan mengaplikasikan remote working, karyawan dapat terbebas dari rasa jenuh dan ketatnya suasana bekerja di kantor. Pekerja dapat merasa lebih nyaman dan bahagia tanpa keterikatan tempat kerja. Mereka bebas mengatur waktu dan tempat kerja mereka secara fleksibel sehingga terbebas dari rasa penat.

Dengan rasa nyaman dan bahagia, hal itu akan memacu karyawan untuk bekerja dengan baik sehingga hal itu akan membawa keuntungan bagi perusahaan.

Baca juga: Daftar Situs Pencari Kerja yang Mudah dan Terpercaya

Bebas Menentukan Jam Kerja

keuntungan kerja remote

Apakah Anda sulit untuk bangun pagi? Nah, mungkin remote working adalah solusi yang tepat untuk Anda karena Anda tidak harus terpaku pada jam kerja orang-orang kantoran, sehingga tidak perlu juga tergesa-gesa untuk berangkat di pagi hari. Kapan pun Anda mulai duduk di depan laptop, yang terpenting adalah pekerjaan Anda dapat selesai tepat waktu dan target tercapai. Dengan begitu Anda juga bisa merasakan keuntungan lain dari remote working, yaitu mendapatkan lebih banyak waktu bersama keluarga. Cara bekerja seperti ini akan sangat menguntungkan Anda, terutama wanita karier yang sudah memiliki anak.

Lebih Mudah Mendapatkan Work-Life Balance

Bagi Anda yang mendambakan work-life balance, maka sistem ini sangatlah cocok untuk Anda. Sistem kerja di luar kantor punya kelebihan berupa fleksibilitas jam kerja. Jadi, Anda pun bisa mengatur jadwal kerja Anda sendiri. Dengan begitu, Anda pun bisa membagi waktu kapan harus bekerja dan kapan bisa beristirahat atau bersenang-senang.

Meningkatkan Kreativitas

Selain membuatmu mendapatkan udara segar, sistem remote dalam bekerja di area terbuka hijau juga dapat meningkatkan kerativitasmu. Manfaat ini bisa Anda dapatkan bila Anda melakukan remote working yang diselingi dengan berjalan-jalan di area terbuka hijau sejenak.

Ini sesuai dengan sebuah penelitian yang mengatakan, berjalan di area terbuka hijau dapat meningkatkan kreativitas. Bahkan, juga bisa meningkatkan kemampuan provlem solving Anda hingga 60 persen.

Menghemat Biaya Pengeluaran, Menghasilkan Keuntungan bagi Perusahaan

Keuntungan dari menerapkan kerja secara remote, Anda dapat merekrut karyawan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan karyawan lainnya. Dengan keahlian karyawan yang mumpuni, tentunya perusahaan tak akan dirugikan hanya karena karyawan tersebut memilih untuk bekerja secara remote.

Dengan mengaplikasikan kerja secara remote, perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran untuk gaji para karyawan.Karyawan pun dapat menghemat biaya untuk transportasi dari rumah ke kantor. Biaya yang cukup besar karena jarak antara rumah dan kantor yang cukup jauh kini bukan merupakan suatu masalah bagi karyawan. Disamping pengeluaran biaya akomodasi, karyawan dapat menghemat biaya-biaya lain seperti biaya bensin, tol, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pilihan Kerja Online untuk Anda yang Ingin Punya Waktu Fleksibel

Kekurangan

Kurang Bersosialisasi dengan Karyawan Lain

Hal ini pasti akan Anda rasakan saat bekerja dengan sistem remote. Pertemuan dengan karyawan lain menjadi sangat kurang dan interaksi pun terbatas hanya seputar pekerjaan saja. Ini juga akan membuat Anda kurang mengenali kolega lainnya secara personal. Padahal, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sosial juga sangat penting.

Besar Kemungkinan Terjadinya Miskomunikasi

keuntungan kerja remote

Kurangnya bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kolega juga dapat memicu terjadinya miskomunikasi. Informasi tertentu akan lebih efektif jika disampaikan secara langsung dibandingkan melalui perantara teknologi. Itulah alasannya mengapa meeting tetap dibutuhkan, walaupun Anda bekerja secara remote.

Lebih Banyak Godaan

Bekerja sendiri tanpa adanya pengawasan langsung dari atasan tentunya akan memberikan banyak godaan saat sedang melakukan pekerjaan. Apalagi Anda juga menjadi lebih mudah mengakses beragam hiburan, seperti nonton TV, browsing internet, atau hangout di mall hingga berjam-jam. Hal ini tentu akan menjadi kendala untuk Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Untuk itu, Anda harus mampu mengendalikan diri dengan baik agar pekerjaan tidak terbengkalai.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan kerja secara remote. Anda sendiri, lebih senang kerja seperti apa?

Comments are closed.