Cara Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan, Pernah Coba?

Entrepreneurship

Ada banyak sekali lowongan pekerjaan saat ini. Namun, untuk dapat mengetahuinya, kita harus mencarinya terlebih dulu.

Setiap orang tentu ingin memiliki penghasilan, termasuk Anda, bukan? Sejatinya, ada beberapa cara agar kita dapat memiliki penghasilan, salah satu yang paling populer dan banyak dilakukan oleh orang tak lain adalah bekerja. Dengan bekerja, kita akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya.

Namun, untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan, tentu ada banyak tahap yang harus dilalui. Langkah pertama yang harus dilakukan pasti mencari lowongan pekerjaan.

Di era modern seperti sekarang ini, ada banyak sekali cara untuk mencari lowongan pekerjaan, mulai dari offline hingga online. Terlebih, semakin hari, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja kompeten. Maka dari itu, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan pun semakin besar.

Baca juga: Ini Pekerjaan Utama Pilot Pesawat yang Belum Banyak Diketahui

Nah, sekarang, mari kita lihat cara yang dapat dilakukan untuk cari lowongan kerja berikut ini!

Cara Mudah Cari Lowongan Kerja

Iklan Koran

Mencari lowongan pekerjaan melaui iklan dari koran merupakan sebuah cara yang paling tradisional dan sudah dilakukan sejak zaman orang tua kita dahulu. Sebagian besar surat kabar tertentu masih memuat iklan setidaknya sekali dalam sepekan. Biasanya, iklan tersebut disusun pada kolom dan baris yang rapat dan memuat persyaratan untuk pekerjaan tersebut. Jika menemukan lowongan menarik yang sesuai dengan keahlian dan passion, segeralah mendaftar.

cari lowongan kerja

Relasi Pertemanan

Jangan remehkan undangan acara yang berpotensi memperkuat silaturahmi dan memperluas jaringan. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi lowongan kerja mulai dari acara halal bihalal himpunan alumni hingga pertemuan para profesional di bidang yang digeluti. Jika tidak punya waktu untuk menghadiri semua undangan tersebut, maka pilih acara yang akan dihadiri oleh orang yang bekerja di perusahaan yang Anda incar.

Gunakan kemampuan berkomunikasi Anda untuk mendapat informasi, atau bahkan rekomendasi untuk mendapat pekerjaan di perusahaan tertentu. Bila tidak menemukan pekerjaan, mungkin Anda bisa mendapatkan rekan untuk mulai mengelola bisnis Anda sendiri.

Baca juga: Bekerja Sistem Outsourcing? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Situs Lowongan Kerja

Di era digital ini, Anda bisa memanfaatkan situs lowongan kerja untuk mendapatkan informasi posisi kosong di satu perusahaan. Platform ini tidak hanya menyediakan iklan pekerjaan, tetapi juga informasi gaji pasaran untuk posisi yang diinginkan. Mencari kerja melalui internet sebenarnya lebih murah, karena Anda tidak perlu mencetak CV dan resume. Anda hanya perlu mengunggah CV Anda dan mengisi data diri secara online.

situs lowongan pekerjaan

Selain itu, Anda juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan lebih cepat berdasarkan kategori pekerjaan yang Anda kuasai atau inginkan. Dengan mencari kerja berdasarkan kategori tersebut, Anda tidak perlu membaca dan menyusuri semua iklan lowongan yang ada. Pencarian kerja lewat situs seperti ini akan terasa lebih mudah. Salah satu situs lowongan pekerjaan yang bisa Anda gunakan saat ini adalah situs jobs.id. Situs ini menyediakn berbagai macam posisi pekerjaan dari ribuan perusahaan di seluruh Indonesia. Bila belum menggunakannya, Anda bisa mulai mendaftar di jobs.id dan temukan pekerjaan terbaik untuk karir Anda.

Media Sosial

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn untuk mencari informasi pekerjaan. Terkadang, Anda bisa mengetahui pengumuman lowongan yang tersedia dari linimasa akun teman yang bekerja di perusahaan tertentu. Anda juga dapat memperoleh informasi dari akun media sosial resmi perusahaan yang Anda ikuti.

Tetapi, jika tujuan utama mencari kerja, maka peluang terbesar bisa Anda dapatkan dari media sosial khusus profesional seperti LinkedIn. Agar bisa mendapat pekerjaan lewat media sosial, khususnya LinkedIn, maka Anda harus memoles akun pribadi. Lengkapi biodata dan keterangan diri, pasang foto yang bagus, dan tuliskan gambaran singkat tentang diri pada kolom summary untuk memberikan kesan awal yang baik. Setelah membuat profil LinkedIn, lalu mulailah membuat jaringan dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan impian Anda.

Baca juga: Karakteristik untuk Menjadi Generasi Milenial

Mengikuti Job Fair

Mengikuti job fair merupakan salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh para pencari kerja untuk menemukan lowongan kerja yang tepat. Dalam sebuah job fair, biasanya banyak perusahaan yang membuka booth untuk merekrut pegawai baru. Umumnya, konsep rekrutmen di job fair masih digunakan menggunakan sistem drop CV. Dengan cara ini, kandidat yang datang melamar harus menyimpan CV mereka di booth perusahaan. Bisa dibayangkan bila ada 30 perusahaan yang Anda lamar, berapa biaya yang harus Anda keluarkan?

Selain itu, jumlah pengunjung yang banyak membuat rekruter dan kandidat tidak bisa berinteraksi dengan baik. Jika saat ini sedang mencari pekerjaan, maka tidak ada salahnya untuk mendatangi job fair dengan konsep yang lebih modern seperti salah satunya, Qareer Carnival Jakarta. Qareer Carnival Jakarta ini pernah digelar pada 25-26 Juli 2018 di Patra Jasa Office Building, Jakarta Anda tidak perlu khawatir jika job fair kali ini akan merepotkan seperti biasanya. Karena Qareer Carnival adalah job fair kekinian yang menghadirkan sistem paperless. Sebelum datang ke acara, Anda bisa mendaftarkan diri untuk Qareer Carnival Jakarta dan mengunggah CV serta data diri terbaru.

Sehingga Anda tidak perlu repot membawa setumpuk kertas di dalam tas. Jika butuh cadangan berkas lamaran, Anda hanya perlu membawanya dalam bentuk soft copy yang disimpan di dalam smartphone atau flashdisk. Pada acara ini, Anda tidak hanya akan mendapat informasi lowongan tetapi juga kesempatan bertemu perekrut, mengikuti talkshow menarik, workshop, dan management trainee test.

Apa pun medianya, lowongan pekerjaan sangatlah perlu untuk kita ketahui jika kita ingin mendapatkan pekerjaan atau berpindah dari perusahaan lama ke baru. Mana dari cara di atas yang paling sering Anda lakukan?

Comments are closed.