Management trainee, Program untuk Posisi Manajerial di Perusahaan

Entrepreneurship

Bagi para fresh graduate tujuan utama setelah lulus kuliah adalah mencari pekerjaan. Kini Management trainee hadir sebagai pilihan menuju jenjang karir impian.

Setiap karyawan baru yang direkrut perusahaan serta diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan disebut management trainee (MT). Dengan harapan bahwa hasil dari pelatihan dan pengembangan wawasan maupun karakter yang diperoleh karyawan nantinya akan dijadikan bahan seleksi untuk dipromosikan kepada jenjang strategis di level manajemen perusahaan. Umumnya dalam program MT, calon karyawan akan diberikan berbagai jenis kegiatan untuk melihat kemampuan dan bakat masing-masing peserta.

Salah satu program management trainee atau (MT), umumnya calon karyawan akan dicoba berbagai macam jenis kegiatan untuk  melihat kemampuan dan bakat dari masing-masing peserta pelatihan. Masa pelatihan biasanya sangat tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, ada yang melaksanakannya dalam waktu 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Baca juga: 9 Jenis Usaha yang Menjanjikan Sebagai Ide Memulai Bisnis

Mereka diberikan pelatihan dan pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan,  pengendalian usaha, manajemen risiko, dan rencana manajerial. Selain kecakapan dalam penguasaan materi, peserta juga melaksanakan On Job Training atau praktek kerja langsung dengan aktifitas perusahaan pada umumnya. Berikut serba serbi mengenai MT yang mungkin ingin Anda ketahui.

Standarisasi Calon Peserta Management Trainee

mengenal management trainee

Pihak manajemen Perusahaan umumnya menetapkan standarisasi yang cukup tinggi pada calon peserta MT.  Beberapa diantara lain seperti :

  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 untuk lulusan fresh graduate dari perguruan tinggi.
  • Kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.
  • Kecakapan berorganisasi dan berkomunikasi.
  • Keahlian khusus di luar kemampuan akademik.

Persyaratan yang ketat tersebut memang sengaja dibuat dan dirancang untuk kelangsungan perusahaan, dalam bentuk regenerasi manajerial perusahaan. Untuk menjalankan tugas dalam pelatihan MT, biasanya perusahaan membayar konsultan ahli manajemen khusus yang berpengalaman, hal ini karena mereka menganggap sumber daya manusia merupakan aset yang bernilai tinggi untuk kemajuan perusahaan.

Manfaat Utama Management Trainee

Ada beberapa manfaat dan dampak positif yang dapat diperoleh perusahaan melalui penerapan prosedur MT diantaranya :

  • Penilaian, evaluasi dan seleksi dalam rangka menentukan kualitas calon manajerial.
  • Ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan terampil yang akan dipromosikan ke jenjang eksekutif perusahaan.
  • Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon manajerial.
  • Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan yang baku.
  • Pelatihan dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Perusahaan.
  • Sarana peningkatan kemampuan manajemen.
  • Peningkatan produktifitas perusahaan

Proses MT sangat vital fungsinya untuk pengembangan visi dan misi perusahaan untuk masa yang akan datang, dan satu hal yang sangat penting yaitu mereka dapat bersaing di dunia usaha saat ini yang sangat menuntut efisiensi dan profesionalisme.

Alasan Management Trainee masih Menjadi Favorit Fresh Graduate

MT merupakan program untuk para fresh graduate, agar bisa “sampai” di posisi manajerial dalam waktu yang lebih singkat. Bisa dikatakan, ini merupakan proses pelatihan spesial, ketika Anda akan diberikan pengarahan dan pengetahuan tentang perusahaan, sekaligus mengembangkan karakter.

Pelatihannya memakan waktu berbeda-beda setiap perusahaan, dan memiliki kontrak selama masa MT tersebut. Selain diberikan pelatihan, Anda juga akan memiliki pekerjaan lainnya yang akan Anda kerjakan sehari-hari. Dengan menjadi seorang MT Anda akan juga melalui proses learning by doing. Ada perusahaan yang tidak membuat spesifikasi MT, jadi Anda akan merasakan semua divisi yang ada.

Jalur karier yang lebih pasti

mengenal management trainee

Tentunya tidak ada yang ingin sesuatu yang tidak pasti. Bisa diterima dan bekerja di perusahaan pasti menjadi sesuatu yang membanggakan bagi fresh graduate. Namun begitu, biasanya jenjang karier yang ada bisa jadi tidak pasti.

Baca juga: Ide Bisnis UKM Menggiurkan yang Dapat Anda Coba

Bisa jadi Anda hanya akan di posisi Anda sekarang selama bertahun-tahun lamanya, dan tidak tahu kapan akan dipromosikan serta naik jabatan. Berbeda dengan MT, yang dari awal memang didesain untuk mempromosikan Anda ke level management.

Dengan begitu, jika kinerjamu memang bagus, Anda pasti akan dipromosikan menuju jabatan yang sudah pasti. Jadi Anda tidak perlu bekerja sambil bertanya-tanya, kapan Anda akan naik jabatan menuju posisi yang lebih baik.

Digaji untuk belajar

Alasan lainnya, jika biasanya kita harus membayar untuk belajar suatu hal, justru terjadi yang sebaliknya. Dengan menjadi MT, secara tidak langsung berarti Anda digaji untuk belajar banyak hal soal perusahaan dan dirimu sendiri. Belajar sistem kerja perusahaan, bagaimana bisnis dijalankan di sana, bagaimana karakter klien yang dihadapi, sampai belajar mengenai diri sendiri dan apa yang dibutuhkan untuk posisimu nanti.

Memang ada pekerjaan dan tanggung jawab yang harus Anda selesaikan, tapi semua itu semata-mata demi belajar dan mendapatkan bekal yang cukup untuk posisimu nantinya. Anda akan mendapatkan pembelajaran “hands on”, alias menerapkan langsung apa yang telah Anda pelajari. Karena “keunikan” inilah juga, yang menjadikan traineemasih menjadi favorit para fresh graduate.

Bekerja sesuai minat dan bakat

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, sistem MT perusahaan yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Kebanyakan, perusahaan memakai sistem generalisasi untuk prosesnya. Jadi MT diajari dan disuguhkan dengan berbagai jenis divisi pekerjaan.

Misalnya saja, Anda akan mencoba berbagai pekerjaan, mulai dari financemarketing, komunikasi, sampai juga supply chain. Dengan begitu, supervisor akan bisa mengetahui, di mana kemampuan terbaik Anda bisa dikeluarkan. Anda pun juga bisa ikut berdiskusi, dan menjelaskan peran mana yang paling Anda senangi di bisnis tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang, dan bekerja sesuai minat dan bakat Anda.

Meskipun begitu, ada pula perusahaan yang sudah secara khusus membuat spesifikasi MT. Kalau begitu, Anda harus melakukan banyak riset terlebih dahulu, mengenai peran mana yang paling Anda minati, dan nyaman bekerja di dalamnya ya.

Mengembangkan kemampuan bekerja sama

Menjadi MT juga berarti mengembangkan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim. Pertama, karena Anda akan menjadi satu tim dengan MT lainnya. Biasanya, jumlahnya memang tidak banyak, hanya belasan atau dua puluhan yang diterima untuk setiap periode di perusahaan.

Tapi, tentunya Anda harus bisa bekerja sama dan bersinergi dengan baik bersama. Kedua, Anda yang berkesempatan merasakan berbagai divisi dalam periode MT, tentunya akan bertemu berbagai orang berbeda.

Untuk bisa menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan, Anda harus bisa saling bekerja sama. Seperti pekerjaan berkelompok lainnya, terbayang kan, bagaimana jika kerja sama tidak terjalin dengan baik? Semua pekerjaan akan tersendat, dan bisa terjadi konflik internal di divisi sendiri.

Mengajarkan banyak hal, terkait kepemimpinan

mengenal management trainee

Terakhir, MT masih diminati oleh para fresh graduate karena posisi ini mengajarkan banyak hal terkait kepemimpinan. Tentunya karena program ini memang dirancang agar Anda nantinya ada di posisi managerial, Anda akan mendapat banyak pembelajaran terkait kepemimpinan. Misalnya saja kemampuan untuk berpikir kreatif, bekerja dalam tekanan, mengarahkan dan mengajarkan orang lain, juga kemampuan bekerja sama dalam tim.

Baca juga: 8 Tahap Memulai Bisnis Startup yang Sukses dan Maju

Dengan begitu, pembelajaran yang Anda dapatkan adalah langsung dari ahlinya. Istilahnya, Anda akan mendapat kesempatan untuk merasakan menjadi manager, tanpa tanggung jawab besar yang harus Anda pikul saat itu.

Buat Anda fresh graduate atau mahasiswa yang baru akan lulus, posisi MT di perusahaan bisa dijadikan pilihan. Seleksinya akan lebih ketat dan biasanya lebih panjang dibandingkan posisi biasa pada perusahaan yang sama. Tertarik?

Comments are closed.