Mau Investasi Saham? Begini Cara Bermain Saham untuk Pemula

Entrepreneurship

Jangan tergiur dan langsung mengambil keputusan yang berisiko. Pasalnya, cara bermain saham apalagi untuk pemula tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada banyak hal dan trik khusus agar investasi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan meraih keuntungan yang diharapkan

Saham termasuk salah satu bentuk investasi yang diminati. Sebab, investasi memiliki potensi keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan investasi lainnya. Memang terdengar sangat menarik dan menggiurkan, nyatanya bermain saham tidak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk pemula. Selain memiliki kondisi keuangan yang baik, Anda juga harus mengetahui trik-trik agar tidak salah langkah.

Sangat dianjurkan untuk Anda yang baru terjun ke dunia saham, agar belajar terlebih dahulu sebelum terjun berinvestasi. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk Anda yang ingin tahu cara bermain saham.

Baca juga: Tabungan Hari Tua: Pengertian, Ragam dan Manfaatnya

Tips Investasi Saham untuk Pemula

Pilih Perusahaan Investasi yang Terbaik

Untuk mengetahui perusahaan-perusahaan publik yang Sudah terdaftar, Anda bisa langsung melihatnya di website BEI (Bursa Efek Indonesia). Namun, Anda jangan langsung memilih karena ada beberapa kinerja perusahaan yang bagus dan kurang. Oleh karena itu, sebaiknya seleksi terlebih dahulu kinerja perusahaan yang bagus dan tentunya yang cocok dengan budget yang Anda punya. Jangan gegabah, karena Anda seorang pemula, cara bermain saham yang aman, sebaiknya pilih satu atau dua perusahaan saja. Nantinya, jika Anda sudah cukup pengalaman dan wawasan mengenai saham, boleh menambah perusahaan.

Pilih Saham yang Terbukti

Untuk Anda yang baru mau berinvestasi, cara bermain saham yang benar adalah jangan berani bermain di perusahaan yang nilai kapitalisasinya rendah atau harga sahamnya sangat berfluktuatif. Karena, perusahaan jenis saham yang seperti itu sangat mudah dimanipulasi oleh investor lain yang memiliki modal besar. Cara bermain saham untuk pemula, sebaiknya beli saham yang sudah terbukti kinerja keuangannya bagus dan juga mempunyai prospek bagus kedepannya.

Baca juga: Bagaimana Perhitungan Pesangon yang Baik dan Benar?

Mulai dengan Modal yang Tidak Terlalu Besar

Sebagai seorang pemula, salah satu cara bermain saham yang harus Anda ikuti adalah mulailah berinvestasi dengan modal yang kecil, meskipun Anda memiliki dana yang cukup banyak. Jangan Anda gegabah untuk membeli saham dengan jumlah dana yang cukup besar. Pasalnya, Anda masih sangat minim di dunia saham dan butuh ilmu yang lebih luas lagi.

Pantau Pergerakan Ekonomi Dunia dan Sentimen Pasar

Anda yang masih pemula harus rajin melihat dan memantau pergerakan ekonomi dunia. Sebab, besar kecilnya nilai saham akan selalu mengikuti kondisi perekonomian. Sedangkan sentimen pasar itu sendiri merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan turun naiknya harga saham yang muncul dari berbagai faktor, seperti inflasi, kebijakan pemerinta, kebicakan suku bunga acuan, dan masih banyak lagi.

Comments are closed.