Memilih karier yang berbeda dengan jurusan kuliah, apa sulit untuk diwujudkan? Kalau memungkinkan, bagaimana cara meraihnya?

Kemajuan karier dalam pekerjaan bisa didapat bila Anda berani mengambil risiko dan tak takut akan perubahan. Tapi bagaimana caranya bisa dapat kerjaan impian, kalau ternyata latar belakang pendidikan yang Anda miliki berbeda dengan profesi yang Anda inginkan. Pertanyaannya: Apa bisa mendapatkan profesi kerja yang jelas-jelas 180 derajat berbeda dengan latar belakang pendidikan? Jawabannya: Bisa!

Idealnya, sebelum memilih jurusan kuliah yang akan diambil sebaiknya memikirkan prospek karier yang akan Anda jalani nantinya. Bagaimana pun akhirnya, kuliah yang Anda terima menjadi salah satu bekal Anda untuk mengembangkan karier. Tapi apa boleh buat, (misalkan saja) setelah Anda lulus dari kuliah dengan jurusan ABC, ternyata menginginkan karier yang berbeda dari jurusan kuliah tersebut.

Kalau kegelisahan di atas sedang Anda alami sekarang, sebaiknya mulai bergerak dan lakukan tip dari Futuready agar Anda siap meraih karier gemilang yang Anda inginkan!

Pahami Gap yang Ada

Baiklah, dari awal Anda sudah tahu bahwa jurusan yang Anda ambil saat kuliah tidak sejalan dengan latar belakang karier yang Anda inginkan. Jadi, langkah pertama adalah pahami gap atau jarak antara keduanya. Misalkan saja, Anda ingin bekerja sebagai jurnalis. Coba pikirkan apa saja yang Anda butuhkan untuk bekerja di bidang ini. Seperti kemampuan yang baik untuk menulis, melakukan wawancara, peliputan, menggunakan kamera, proses editing foto, hingga kemampuan bahasa.

Bila daftar perbedaan itu sudah Anda susun semua, bandingkan kemampuan apa saja yang kini sudah Anda miliki. Latihlah terus hingga Anda menguasai kemampuan-kemampuan tersebut. Anda yang punya kuasa untuk terus mengasah keterampilan diri. Mulai dari sekarang dan jangan lagi menunggu.

Merasa tidak cocok dengan bidang yang kamu coba? Jangan pernah lihat itu sebagai ‘waktu yang terbuang’ karena setidaknya kamu jadi paham kalau bidang tersebut tidak cocok denganmu. Kalau takut mencoba hal baru, kamu hanya bisa berangan-angan tentang passion dan karier apa yang cocok denganmu. Jangan cuma karena “ngga ada teman”, kamu jadi mengurungkan niatmu untuk mencoba hal baru. Selain kursus, kamu juga bisa mengasah skills dengan mencoba program magang di berbagai perusahaan.

Memilih karier yang berbeda dengan jurusan kuliah

Pelajari Bahasa Asing

Persaingan di pasar tenaga kerja perlu Anda ketahui sangat besar. Apalagi, perusahaan-perusahaan kini tak hanya menerima tim untuk perusahaannya yang berasal dari lokal saja, namun juga membuka kesempatan untuk orang asing. Lalu, apa kabar bila Anda hanya menguasai bahasa ibu tanpa keinginan mengembangkan kompetensi. Mulai dari sekarang rencanakan untuk memperlajari berbagai bahsa asing seperti Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Mandarin, atau Korea. Banyak medium yang bisa Anda andalkan untuk menguasai berbagai bahasa asing ini seperti: YouTube, film-film asing, buku, hingga mengajak teman Anda yang menguasai bahasa asing tersebut. Jangan malu untuk belajar dari siapa pun.

Memilih karier yang berbeda dengan jurusan kuliah

Kuasai Soft Skill

Biasanya dalam memperkerjakan karyawan, selain keahlian dan pengalaman di bidang masing-masing, perusahaan juga melihat soft skill yang dimiliki calon karyawan. Misal kemampuan komunikasi, interaksi sosial, cara berbahasa, kemampuan mengelola orang, gaya kepemimpinan. Memang semuanya mengacu pada karateristik diri Anda, namun soft skill dapat dikembangkan. Anda bisa mendapatkannya dengan bantuan mentor atau perbanyak kegiatan sosial yang membuat Anda dapat berbaur dan berinteraksi dengan banyak orang.

BACA JUGA: 4 Trik Kembangkan Karier Anda

Spesifikasi CV

Saat mencari calon karyawan, interest pertama pihak HR adalah calon yang memiliki latar belakang dan pekerjaan yang sesuai memang. Namun, hal ini bisa Anda atasi dengan mengisi CV dengan pengalaman kerja di bidang-bidang yang Anda inginkan. Seperti baik melalui kerja pro bono, kerja amal, magang, atau kerja volunteer. Hal terpenting Anda terlibat langsung dengan semua kegiatan tersebut dan punya pengalaman memadai yang bisa Anda andalkan.

BACA JUGA: Biar Sukses Tiru Kebiasaan Orang Sukses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *