Merencanakan Bisnis Sampingan? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Entrepreneurship

Bagi Anda yang merasa bahwa gaji seorang karyawan masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Tentunya bisnis sampingan menjadi jalan keluar yang tepat untuk mendapatkan uang tambahan.

Kebutuhan yang semakin meningkat dan harga-harga pun kian melambung membuat Anda berpikir untuk mencari peluang baru mendapatkan uang tambahan. Apalagi jika penghasilan saat ini belum mencukupi. Tentu bisnis sampingan menjadi jalan keluar yang tepat untuk dilakukan. Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mungkin tidak cukup hanya dihasilkan dari pekerjaan tetap saja.

Membuat bisnis atau usaha sampingan rupanya memang sudah banyak dilakukan dan dipilih oleh masyarakat. Meskipun hanya usaha sampingan, tetapi jika dijalankan degan tekun dan fokus pasti akan menghasilkan omzet yang cukup besar. Memiliki usaha sampingan memang dibutuhkan banyak pengorbanan. Selain uang untuk modal awal, Anda juga perlu mengorbankan waktu, tenaga, hingga fokus yang harus terbagi. Namun, Anda jangan terlalu fokus menjalankan usaha yang bisa menjadikan pekerjaan utama terbengkalai. Kunci utama adalah Anda harus pintar membagi waktu antara kedua pekerjaan tersebut.

Baca juga: Mau Pengusaha Sukses? Begini Caranya!

Tip Menjalankan Bisnis Sampingan

Agar Anda bisa menyeimbangkan antara bisnis dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini, berikut ini beberapa tip yang bisa Anda lakukan agar pekerjaan tetap dan usaha yang dijalankan bisa berjalan bersamaan.

Pilihlah Bisnis Sampingan yang Hemat Waktu

Memilih usaha yang bisa menghemat waktu di sini maksudnya adalah mencari peluang yang memudahkan Anda untuk mengatur waktunya. Jadi, waktu pekerjaan dengan bisnis yang dikelola tidak akan berbenturan satu sama lain. Misalnya Anda dapat memilih bisnis online shop yang dapat dikerjakan di mana pun asalkan Anda tetap terhubung dengan internet. Selain itu, bagi Anda ibu rumah tangga, bisa membuka warung kelontong di rumah. Meskipun begitu, ibu dapat menjalankan usaha kelontongnya dan tetap bisa mengasuh anak-anak dan suami.

Pilih Bisnis Sampingan Produk atau Jasa

Bisnis sampingan ada berbagai macam bentuknya, baik itu berupa produk ataupun jasa. Sebelum membuka bisnis, pastikan Anda sudah memilih salah satu di antara produk atau jasa yang ingin dijual. Pelajari konsekuensi yang akan ditimbulkan oleh kedua jenis tersebut baik produk atau jasa. Jika dirasa Anda masih kurang memahami dari kedua bidang tersebut, Anda dapat bertanya pada pebisnis yang berpengalaman tentang kiat-kiat menjalankan usaha baik produk dan jasa. Pelajari waktu dan biaya yang dibutuhkan sehingga usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.


Manfaatkan Hobi Anda

Biasanya, kesuksesan seorang wirausahawan dikarenakan usaha yang dijalankan tidak jauh dari bidang yang menjadi kesukaan mereka. Oleh karena itu, cara ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk Anda mencari peluang bisnis dari hobi tersebut. Contohnya saja, seperti atlet bulutangkis Susi Susanti yang memiliki usaha tidak jauh dari bidang yang ia tekuni selama ini.

melakukan usaha sampingan
melakukan usaha sampingan

Ia mendirikan usaha peralatan bulutangkis seperti raket dan mensponsori atlet untuk bermain ke turnamen dalam dan luar negeri. Contoh lain, jika Anda hobi memancing, Anda bisa saja membudidayakan ikan air tawar, seperti lele atau membuka usaha pemancingan.

Atur Waktu

Anda harus pintar-pintar dalam membagi waktu karena menjalankan dua pekerjaan sekaligus sangatlah sulit. Hal itu membutuhkan konsistensi dan disiplin yang kuat dari dalam diri Anda. Oleh karena itu, betapa pentingnya memilih bisnis sampingan yang sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini. Jika Anda dapat mengatur waktu sebaik-baiknya, tentu pekerjaan kantor dan usaha Anda berjalan dengan teratur.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Dalam memilih bisnis usahakan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini dikarenakan agar Anda bisa mengatur dan mengelolanya dengan lancar. Jangan sampai memilih jenis usaha yang berada di luar kemampuan Anda. Untuk pertama kali mencoba, sebaiknya memilih jenis usaha yang Anda terampil di dalamnya. Sebab, dengan kemampuan yang Anda miliki, bisnis yang Anda jalankan akan berjalan secara maksimal, serta tidak akan menganggu pekerjaan Anda di kantor.

Contoh Bisnis Sampingan yang Menjanjikan Keuntungan

Jika niat, modal, dan tip menjalankan bisnis sampingan sudah Anda miliki, tetapi masih bingung ingin membuka usaha sampingan apa yang mudah, tidak ribet, dan memberikan keutungan besar. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang bisa Anda coba.

Bisnis Sampingan Toko Kue

Anda memiliki kemahiran dan cita rasa yang tinggi terhadap makanan khususnya kue, tidak ada salahnya bakat tersebut Anda salurkan untuk ladang bisnis sampingan. Tidak perlu langsung membuka toko kue yang besar, tetapi Anda bisa mulai dengan menawarkan kue buatan Anda ke teman atau melalui online. Jika terbukti enak, pasti mereka akan merekomendasikan dan mempromosikan secara spontan kepada orang lain. Namun, bukan hanya rasa saja yang harus Anda perhatikan, tetapi Anda juga harus membuat ekperimen atau hal yang baru untuk dijadikan ciri khas dari kue Anda.

Bisnis Sampingan Menjadi Penulis

Menjadi penulis atau content writer memang dibutuhkan kemahiran dan penguasaan. Jika Anda memiliki kedua hal itu, tidak ada salahnya jika Anda menjadi content writer freelance di sebuah perusahaan yang memang membutuhkan jasa penulisan. Selain Anda bisa bekerja tetap di perusahaan, tentunya Anda akan mendapatkan suntikan dana baru dari pekerjaan ini.

Bisnis Sampingan Menjadi Penyanyi

Anda memiliki bakat bernanyi dan paham sekali dengan notasi nada, tidak ada salahnya jika Anda menyalurkan bakat tersebut sebagai salah satu usaha sampingan Anda. Biasanya pekerjaan yang dijalankan berdasarkan hobi tidak akan merasa capek dan keberatan. Anda bisa menggunakan waktu weekend untuk sekadar menanyi di café.

Bisnis Sampingan Sebagai Motivator

Mungkin untuk usaha yang satu ini terbilang cukup sulit. Anda harus memiliki mental dan juga pengetahuan yang cukup luas untuk menjadi seorang motivator. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Anda bisa memberikan gebrakan baru dengan pembahasan yang unik, menarik, dan tentunya bisa diminati oleh masyarakat.

Bisnis Sampingan Sebagai Wedding Organizer

Pernikahan adalah sesuatu yang pasti dan akan dilakukan oleh semua orang. Bisa dibilang, bisnis untuk pernikahan tidak akan ada matinya. Anda memiliki bakat dalam mengorganisasikan sesuatu hal, tentunya itu bisa menjadi usaha sampingan yang Anda butuhkan. Anda bisa menjadi wedding organizer teman atau kerabat terdekat meskipun tanpa bayaran. Setidaknya Anda harus mengumpulkan portofolio yang banyak dan dari situlah Anda bisa menjual jasa yang Anda punya.

Comments are closed.