Pasangan Menjadi Mitra Bisnis? Kenapa Tidak!

Entrepreneurship

Ingin membangun bisnis dengan pasangan namun Anda masih ragu? Ini dia langkah mudah membuat pasangan menjadi mitra bisnis

Pernahkah Anda terpikir menjadikan pasangan sebagai mitra bisnis? Jika pernah, apakah hal tersebut sudah terealisasi atau justru masih terus bersarang di pikiran Anda? Tidak mudah dan tidak sulit juga jika Anda ingin menjadikan pasangan sebagai mitra bisnis. Saat ini, tidak sedikit pasangan baik itu yang hanya baru berpacaran hingga sudah berstatus suami istri membuka bisnis bersama.

Mencari mitra bisnis yang sudah mengerti pikiran serta cara kerja kita memang cukup sulit. Ketidakcocokan menjadi salah satu hal penting yang membuat bisnis tersebut hancur. Ada yang tidak cocok dengan sifat rekannya ataupun gaya bekerja yang bertolak belakang. Memilih orang terdekat menjadi mitra bisnis memang menjadi pilihan yang tepat. Selain sudah pasti memiliki kecocokan antara satu sama lain, kepercayaan akan lebih tinggi kepada pasangan daripada orang lain. Namun, sebelum memutuskan utnuk membuat pasangan menjadi mitra bisnis, berikut ini hal-hal yang harus Anda tanamkan di benak dan hati Anda.

Singkirkan Ego

Jika bisnis Anda bersama pasangan ingin sukses, jangan pernah ada ego yang berlebihan dari Anda dan pasangan. Anda dan pasangan harus bisa dan pintar mengatur ego masing-masing. Jangan sampai ego menguasai yang bisa berimbas pada bisnis Anda.

Pertimbangkan Keunggulan dan Kekurangan Masing-Masing

Kelebihan dari menjadikan pasangan mitra bisnis tentunya Anda dan pasangan sudah mengetahui keunggulan dan kekurangan dari masing-masing. Baik itu dari sifat, sikap, dan juga pengetahuan. Sebelum memulai bisnis, pastikan hal ini sudah dipikirkan secara matang. Jangan sampai, di pertengahan bisnis berjalan, Anda mengeluh karena kekurangan yang dimiliki oleh pasangan ataupun sebaliknya.

Bagi Pekerjaan Sesuai dengan Kemampuan

Anda tentu sudah tahu kemampuan dari dalam diri Anda dan juga pasangan. Untuk melancarkan bisnis, tidak ada salah pembagian pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing. Misalnya jika Anda pintar sekali dalam sistem pemasaran, tidak ada salahnya kan Anda yang handle untuk memasarkan produk atau bisnis Anda?

Bicarakan Risiko

Semua orang yang membuka bisnis tentu ingin hasil yang terbaik, yaitu memiliki keutungan dan bisnis berjalan dengan lancar. Namun, hal penting yang harus Anda ketahui, bisnis seperti kehidupan terkadang berada di atas dan juga pasti ada saatnya di bawah. Jika Anda berencana membuka bisnis, jangan hanya bicara tentang keuntungannya saja, tetapi Anda dan pasangan juga harus bicarakan risiko apa saja yang akan dihadapi dan mencari jalan keluar jika kemungkinan kendala tersebut benar-benar terjadi. Hal ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak terkejut jika mengalaminya.

Buat Perjanjian untuk Memisahkan Bisnis dengan Hubungan Cinta

Jangan pernah bawa bisnis ke dalam hubungan percintaan Anda dan berlaku juga sebaiknya. Biasanya banyak bisnis yang hancur karena tidak bisa membedakan mana pekerjaan dan percintaan. Supaya Anda memiliki tanggung jawab, buatlah perjanjian untuk memisahkan antara bisnis dengan hubungan. Anda memiliki pasangan menjadi mitra bisnis, harusnya Anda juga sudah memikirkan risiko apa saja yang bisa terjadi.

Leave a Reply