Apa itu Pasar Persaingan Sempurna?

Entrepreneurship

Adanya pasar persaingan sempurna tentu memudahkan masyarkat Indonesia dalam mencari atau menjual kebutuhan sehari-hari. Kalau begitu, apa pasar persaingan sempurna itu?

Penah mendengar sebutan pasar persaingan sempurna? Mungkin Anda yang mengikuti perkembangan sektor perdagangan, tentu istilah ini sudah tidak asing lagi. Secara umum, pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki jumlah penjualan dan pembelinya sangat banyak dengan varian produk yang dijual memiliki jenis yang sama dan serupa.

Baca juga: Pasar Malam Paling Meriah di Dunia, Patut Anda Kunjungi!

Contoh barang yang dijual oleh pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya dengan harga yang ditawarkan sama antara pedangan yang satu dengan lainnya. Pasalnya, harga yang ditawarkan sudah melalui tahap kesepakatan bersama antara penjual jadi tidak ada interaksi tawar penawar lagi. Lalu, apa saja yang menjadi ciri dari pasar jenis ini?

Jumlah Penjual dan Pembeli yang Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna Banyak

mengenal pasar persaingan sempurna

Meksipun produk yang dijual sama, tetapi interaksi jual beli di pasar ini cukup besar. Pasalnya, salah satu ciri dari pasar ini adalah adanya jumlah yang banyak antara pedangan dan pembeli. Transaksi di pasar ini sebenarnya cukup cepat karena antara pembeli dan penjual tidak tawar menawar, berbeda dengan pasar jenis lainnya.

Free Entry and Free Exit

Pada Pasar Persaingan Sempurna ini tidak menghalangi suatu perusahaan untuk memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan atau menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasarnya dengan keterikatan surat perjanjian.

Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk yang ditawarkan terlihat sama atau tidak bisa dibedakan. Maksudnya, di mana pun Anda membeli produk tersebut, kemungkinan besar kualitas dan kuantitas produknya akan sama persis dengan perusahaan lain.

Penjual dan Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna Tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui tentang keadaan pasar dalam tingkatan harga yang berlaku di pasar serta setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:

  1. Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  2. Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
  3. Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

Perpindahan Sumber Ekonomi yang Cukup Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna tidak memberikan kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini terjadi karena semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

mengenal pasar persaingan sempurna

Jika dilihat dari ciri-ciri yangs sudah dijabarkan di atas, pasar persaingan sempurna dapat dijadikan sebagai wadah yang bagus jika Anda memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang. Kesuksesan bisnis dapat diperoleh di mana pun dan kapan pun asalkan Anda memiliki strategi yang matang, salah satunya dengan selalu melakukan pencatatan keuangan perusahaan di dalam laporan keuangan.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna di Indonesia

Pasar Beras

Beras merupakan kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Pasar beras menjadi salah satu contoh atau yang paling paling banyak dimintai. Dalam pasar beras, jumlah penjual dan pembeli sama-sama banyak. Selain itu, baik penjual atau pun pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang sudah diatur. Meskipun ada perbedaan mutu dan kualitas, sifat pasar beras bisa dikatakan homogen karena diiringi oleh perbedaan harga. Terbentuknya harga yang terjadi pada pasar beras merupakan hasil dari tawar-menawar permintaan beras.

Baca juga: Reksa Dana Pasar Uang, Apa Keuntungannya?

Pasar Buah

Pasar buah juga bisa dikategorikan sebagai contoh pasar persaingan sempurna. Jumlah penjual buah dan pembeli buah memang sama-sama banyak dan bisa ditemui di mana-mana. Harga buah pun sudah dibentuk oleh mekanisme pasar melewati kurva permintaan dan penawaran. Namun, mekanisme dan struktur pada pasar buah sudah mendekati pasar persaingan sempurna.

Pasar Kentang

Sama halnya seperti beras, kentang juga termasuk salah satu kebutuhan pokok yang sering diperjualbelikan karena kentang bisa digunakan untuk berbagai olahan makanan. Jumlah penjual kentang pun cukup banyak dibandingkan jumlah pembelinya. Adapun sistem harga pasar kentang juga tidak bisa dipengaruhi oleh penjual dan pembeli. Maka dari itu, pasar kentang juga dapat dijadikan salah satu contoh pasar persaingan sempurna.

Pasar Gandum

Saat ini sudah banyak masyarakat yang cukup menjadi gandum sebagai kebutuhan pokok. Gandum bisa digunakan untuk memproduksi tepung terigu dalam pembuatan roti, kue, biscuit, dan olahan makanan lain. Tak heran jika gandum banyak dijual. Pasar gandum pun termasuk salah satu yang mendekati sebagai contoh pasar persaingan sempurna. Dalam pasar gandum, jumlah penjual dan pembeli sama banyaknya. Harga pasar gandum pun ditentukan lewat mekanisme dan kurva permintaan dan penawaran di pasar

Pasar Sayur

mengenal pasar persaingan sempurna

Pasar sayur juga menjadi salah satu contoh pasar ini. Jumlah penjual sayur sangat banyak dan sama dengan jumlah pembelinya. Komoditas sayur pun memiliki harga pasar sendiri yang tidak bisa dipengaruhi baik oleh penjual atau pun oleh pembeli. Harga sayur ditentukan oleh interaksi jumlah penawaran dan permintaan pasar. Barang yang dijual pun homogeny, yaitu berupa sayur-sayuran. Pembeli pun tidak akan membeli sayur dengan harga di atas harga pasar, sebaliknya penjual juga tidak akan menjual sayur dengan harga di bawah harga pasar.

Pasar Modal (Bursa Efek)

Jika contoh di atas hanya membahas mengenai pasar kebutuhan pokok seperti beras, sayur atau gandum, maka contoh yang lainnya adalah pasar modal atau bursa efek. Pasar modal termasuk pasar persaingan sempurna karena sesuai dengan ciri-cirinya. Secara umum, peran pasar modal memang cukup penting untuk perekonomian negara. Dalam bursa efek, harga sudah ditentukan oleh sistem harga berupa permintaan dan penawaran saham dan instrumen pasar modal lainnya. Selain itu pemerintah tidak bisa melakukan intervensi, begitu pula dengan penjual dan pembeli yang tidak bisa mempengaruhi harga.

Itulah beberapa informasi seputar pasar pesaing sempurna. Semoga bermanfaat ya untuk kalian semua!

Baca juga: Jurus Jitu Tawar Menawar Belanja di Pasar Tradisional atau Pusat Perbelanjaan

Comments are closed.