Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Entrepreneurship

Sekarang ini, orang berebut untuk menjadi pegawai negeri sipil. Tapi, alangkah baiknya pahami dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Dulu, banyak orang yang mengabaikan lowongan pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil atau PNS. Hal tersebut terjadi karena PNS dianggap tidak memiliki gaji yang besar. Oleh karena itu, banyak orang yang berbondong-bondong bekerja sebagai pegawai swasta terlebih di perusahaan multinasional atau perusahaan asing. Soal gaji, jelas pegawai swasta pada saat itu jauh lebih besar dibandingkan gaji yang diterima oleh PNS. Selain itu, image pegawai swasta adalah eksekutif yang terlihat keren dengan kemeja, dasi, dan juga jas. Namun, seiring berjalannya waktu, nyatanya hal tersebut pun berbalik. Sekarang ini, sebagian besar orang berlomba-lomba untuk menjadi PNS. Sebab, sekarang ini, banyak sekali kelebihan yang ditawarkan bagi siapa pun yang bisa menjadi PNS. Bahkan, kelebihan tersebut umumnya tak bisa didapatkan oleh orang-orang yang bekerja sebagai pegawai di perusahaan swasta.

Baca juga: Keuntungan Jadi Karyawan Tetap dan Cara Mewujudkannya

Apa saja yang membuat orang-orang ingin menjadi pegawai negeri sipil sekarang ini? Mari, kita simak bersama di bawah ini!

Kelebihan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Gaji Tetap dan Cenderung Naik

Setiap PNS menerima gaji tetap setiap bulannya dan nilainya cenderung selalu naik mengikuti inflasi dibanding gaji profesi lain. Selain gaji, para PNS juga mendapatkan bermacam tunjangan yang diatur dalam peraturan pemerintah, termasuk di antaranya gaji 13, tunjangan hari raya (THR), dan kendaraan antar jemput.

Aman dari PHK

Dari semua profesi, PNS termasuk bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). Betul, profesi ini memang paling aman dari krisis ekonomi dan politik, karena separah apa pun krisis, negara tetap membutuhkan PNS yang bekerja untuk mendukung aktivitasnya. Kalaupun sebuah kementerian atau lembaga non negara yang dibentuk pemerintah dilebur atau dibubarkan, PNS yang bekerja di lembaga tersebut akan dipindahkan ke kementerian atau lembaga lain yang masih ada.

Mendapatkan Dana Pensiun

Pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan hidup PNS dan keluarganya. Tidak heran, ketika para PNS pensiun, mereka tetap mendapatkan gaji bulanan yang jumlahnya diatur undang-undang ketenagakerjaan. Bahkan kalau pensiunan PNS laki-laki meninggal dunia, istrinya tetap akan terjamin karena tetap mendapatkan dana pensiun dari suaminya. Aman, kan?

Kemudahan Pinjaman di Bank

Bila seorang PNS memerlukan uang tunai yang cukup banyak baik untuk membangun rumah, menyekolahkan anak, dan lain-lain, mereka bisa menjaminkan surat keterangan pengangkatan yang disebut SK PNS ke bank. Nanti dana pinjaman itu akan dipotong dari gaji mereka setiap bulannya.

Kemudahan Sekolah Lagi

Ketika Anda diterima menjadi PNS, kesempatan untuk menuntut ilmu akan terbentang lebih luas lagi. Banyak beasiswa baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan kesempatan khusus untuk PNS. Tetapi sebelum menuntut ilmu, yang bersangkutan harus sudah bekerja di posisinya selama dua tahun dan mendapatkan izin pimpinan. Selain pendidikan formal, PNS juga bisa belajar lewat seminar, diklat, dan acara pelatihan lainnya. Bukan hanya ilmu yang didapat, karena kantor juga akan memberikan fasilitas lain seperti uang transportasi.

Punya Kemungkinan untuk Pindah Instansi atau Lokasi

Berbeda dengan bekerja di sektor swasta, Anda akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau mengundurkan diri. Hal ini juga berlaku bila punya rencana pindah lokasi. Memang proses pindah instansi membutuhkan waktu dan pengurusan dokumen yang cukup rumit, tetapi hal ini sangat umum terjadi.

Baca juga: Alasan Resign yang Baik dan Terlihat Profesional

Waktu Luang untuk Menjalankan Bisnis Lebih Terbuka

Jam kerja PNS untuk lima hari kerja (di pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah) adalah jam 08.00-16.00. Di luar waktu tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang bermanfaat atau membuat usaha sampingan dan rumahan.

Kekurangan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Setiap hal tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini pun berlaku pada orang yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Dengan segudang kelebihan yang sudah disebutkan di atas, nyatanya menjadi PNS juga memiliki beberapa titik lemah dibandingkan dengan orang yang bekerja sebagai karyawan swasta. Apa saja? Ini dia!

Tidak Bisa Negosiasi Gaji

Meski memiliki gaji tetap tiap bulannya, tapi seorang PNS tidak bisa melakukan negosiasi gaji sesuai dengan skill atau kemampuannya. Sebab, gaji yang didapatkan sudah digolongkan sesuai golongan kepegawaian. Jadi, jika orang tersebut memiliki kemampuan yang lebih, hal tersebut sama sekali tidak bisa jadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan gaji lebih.

Terikat Birokrasi

Sistem birokrasi yang ada di negara ini kadang tidak sesuai dengan pribadi atau passion seseorang. Hal ini umumnya menjadi kesulitan bagi orang tersebut untuk bisa berkembang sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki. Semua yang menjadi PNS harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, jadi setiap orang tidak bisa melakukan hal yang tidak tercantum di dalam aturan tersebut.

Baca juga: Karakteristik untuk Menjadi Generasi Milenial

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Gaji Tak Sebesar Karyawan Swasta

Banyak orang beranggapan bahwa menjadi pegawai negeri pasti memiliki gaji besar. Padahal, gaji PNS tidaklah besar, bahkan bisa dibilang pas-pasan. Hal ini tentu berbeda dengan karyawan swasta yang umumnya memiliki gaji yang berkali-kali lipat lebih besar. Pemasukan seorang PNS bukanlah dari gaji bulanan, melainkan insentif dan tunjangan. Itu pun bergantung pada tingkatan mana karyawan tersebut berada.

Sulit untuk Berkembang

Hal ini berkaitan dengan birokrasi. Setiap PNS harus taat pada aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Andaikan seorang PNS memiliki ide cemerlang, proses realisasinya tidaklah semudah karyawan swasta. Sebab, untuk merealisasikannya, ide atau gagasan tersebut harus melalui berbagai pertimbangan, mulai dari aturan hingga elemen yang berlaku. Sekarang Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan menjadi seorang pegawai negeri sipil. Jadi, mana yang lebih menarik untuk Anda, menjadi PNS atau karyawan swasta?

Comments are closed.