5 Peluang Usaha yang Sangat Menguntungkan

Entrepreneurship

Dari sekian banyak peluang usaha, ada lima terbaik yang memberikan keuntungan besar dan minim risiko kerugian. Kira-kira usaha apa saja ya?

Membuka usaha merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin melakukan kegiatan baru. Baik itu setelah pensiun ataupun sengaja untuk keluar dari pekerjaan dan terjun ke dunia bisnis. Tidak heran jika hingga sampai saat ini sudah semakin banyak usaha-usaha yang beredar di luaran sana dengan jenis usaha yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan membuka usaha sangat menjanjikan keuntungan yang besar jika usaha tersebut berjalan dengan lancar dan berkembang.

Membuka usaha terbaru tidak semuanya harus didasari dengan modal yag besar. Bermodal kecil asalkan Anda memiliki ketekunan dan komitmen yang besar, tentu usaha yang yang dijalani bisa berkembang dan sukses. Nah, untuk Anda yang ingin membuka usaha terbaru 2019 dengan keuntungan yang besar, berikut ini beberapa jenis peluang usaha terbaru yang bisa Anda lakukan.

Sebelum masuk ke jenis-jenis peluang usaha terbaru 2019 yang bisa dipilih, ikuti dulu langkah-langkah yang harus dilakukan agar usaha yang dijalankan bisa berjalan sesuai harapan.

Baca juga: Peluang Usaha Terbaru 2019 yang Menjanjikan

Tip Menjalankan Peluang Usaha yang Menguntungkan

Mengadakan Riset 

Informasi adalah hal penting yang harus Anda kuasai untuk menemukan peluang usaha terbaru. Informasi ini bisa didapatkan dengan melakukan riset langsung di lingkungan sekitar. Cara melakukan riset tersebut bisa melalui survei kecil-kecilan atau dengan pengamatan mata. Idealnya, Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk mengadakan riset ini, tapi jika tidak cukup waktu Anda bisa mengumpulkan informasi dengan bertanya-tanya pada masyarakat sekitar.

Dalam menentukan orang yang akan dijadikan narasumber, Anda terlebih harus memilih orang yang terpercaya. Misalnya, apakah orang tersebut benar-benar tinggal di area sekitar Anda atau hanya pendatang yang tidak menetap. Jika sudah melakukan riset dan mengumpulkan informasi yang cukup, Anda bisa menjabarkan informasi tersebut menjadi berbagai ide usaha.

Amati Kebutuhan yang Paling Dicari

Saat mengumpulkan informasi, Anda harus mencari cara untuk mengetahui barang atau jasa yang paling dibutuhkan lingkungan sekitar. Kondisi yang masih termasuk lingkungan sekitar Anda, tentu akan lebih mudah mengetahuinya karena bisa jadi Anda pun mencari-cari kebutuhan tersebut. Misalnya, karena lingkungan Anda berdekatan dengan perkantoran, maka usaha seperti membuka kantin, menjual pulsa telepon, hingga bisnis indekos akan lebih diminati.

ragam peluang usaha

Usaha yang menawarkan jasa atau barang yang dibutuhkan merupakan jaminan sukses, karena sudah ada calon pembelinya. Hal ini akan lebih memudahkan, jika dibandingkan Anda memulai usaha baru yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Tinggal bagaimana mengolah usaha tersebut menjadi lebih menarik sehingga pembeli tertarik berbelanja di tempat Anda daripada di tempat lain.

Menentukan Usaha yang Dipilih

Jika seluruh data sudah Anda kumpulkan, inilah saat untuk menganalisanya dan mengelompokan data tersebut menjadi beberapa ide usaha. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengelompok data tersebut berdasarkan peluang jasa dan jual beli. Lengkapi analisa Anda dengan perbandingan modal dan harga jual. Misalnya, usaha untuk memulai bisnis bakmi ayam akan membutuhkan gerobak dan bahan-bahan makanan, sementara usaha foto kopi harus membeli alat-alat fotokopi dengan harga yang cukup mahal dan juga menyewa tempat.

Baca juga: 4 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

5 Usaha yang Menguntungkan

Berikut ini ada beberapa jenis usaha yang potensial terbaru di tahun 2019 yang akan menjanjikan keuntungan yang besar. Apa saja sih?

Laundy Kiloan

Laundry kiloan masih menjadi salah satu usaha bermodal kecil yang banyak diminati. Pasalnya, semakin banyak orang yang malas mencuci baju sendiri dan menginginkan yang praktis. Apalagi orang tersebut sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki waktu untuk urusan rumah. Jika rumah Anda dekat dengan area kampus atau perkantoran dan dikelilingi oleh kos-kosan atau kontrakan, peluang ini sangat menjanjikan. Tidak membutuhkan waktu lama, pasti usaha Anda akan berkembang dengan pesat.

Katering Makanan

ragam peluang usaha

Jika Anda memiliki bakat atau hobi memasak dengan cita rasa yang lezat, tidak ada salahnya untuk salurkan hobi tersebut menjadi potensi usaha dengan modal kecil. Jika Anda mengetahui triknya, usaha katering ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Biasanya jika ada orang yang ingin menggunakan jasa katering Anda, usahakan untuk meminta uang pangkal setengah harga dari total yang sudah disepakati sebagai tanda jadi. Nah, uang pangkal itu bisa Anda manfaatkan untuk menambah modal.

Barber Shop atau Pangkas Rambut

Inilah peluang baik bagi Anda yang memahami gaya tata rambut. Anda hanya perlu memenuhi peralatan seperti gunting, sisir, kaca, alat potong listrik, dan kursi untuk memulainya. Terakhir carilah letak posisi yang strategis untuk menghindari persaingan. Terobosan terbarunya, sekarang ini ada yang membuka jasa pangkas rambut dengan cara panggilan. Jadi, Anda akan mendatangi pelanggan yang ingin menggunakan jasa Anda memangkas rambut dan mendatangi pelanggan tersebut. Eksekusi bisa dilakukan di tempat pelanggan tersebut dan Anda hanya cukup membawa segala peralatan. Menarik, bukan?

Baca juga: Cara Cepat Mencari Sumber Peluang Usaha di Sekitar Anda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Wedding Organizer

Pernikahan tidak akan pernah surut. Setiap tahunnya pasti akan ada pasangan yang akan menikah. Jika Anda memiliki kegemaran atau tekun dalam mempersiapkan segala sesuatu, membuka jasa wedding organizer bisa menjadi peluang terbaru yang bisa Anda jalankan. Apalagi, membuka jasa ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, hanya saja Anda harus bisa menarik perhatian masyarakat dan mampu menjaga kepercayaan klien agar tidak kecewa dengan jasa yang Anda berikan.

Jasa Menjahit

ragam peluang usaha

Banyak orang membutuhkan jasa menjahit pakaian dengan berbagai model dan ukuran tertentu, merekalah yang pasti selalu mencari penjahit. Usaha rumahan ini sangat cocok untuk orang yang punya minat pada fashion, tentunya Anda harus punya kemampuan menjahit pakaian, di antaranya celana, kaos, kemeja baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Comments are closed.