Perhatikan Tip Cerdas Mengenai Surat Perjanjian Kerja Sama

Entrepreneurship

Surat perjanjian kerja sama merupakan surat yang harus ada saat suatu perusahaan atau pengusaha akan bekerja sama dengan perusahaan atau pengusaha lain. Hal ini menjadi landasan agar proses kerja sama berjalan baik tanpa merugikan salah satu pihak.

Setiap perusahaan atau orang yang memiliki usaha pasti pernah melakukan kerja sama, baik dalam segi perluasan bisnis maupun pinjaman modal usaha. Agar proses kerja sama tersebut berjalan lancar, harus ada perjanjian yang disetujui oleh kedua belah pihak. Jika tidak, tentu risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam hal bisnis sangatlah besar. Maka dari itu surat perjanjian kerja sama itu sangatlah penting adanya. Bahkan, proses kerja sama antar perusahaan atau pengusaha yang sudah tertulis secara sah di dalam surat perjanjian saja masih bisa terjadi sesuatu yang buruk. Contohnya, poin-poin yang tertulis dalam surat perjanjian kerja sama tersebut merugikan salah satu pihak. Hal ini menjadi pelajaran dan pedoman bagi setiap perusahaan atau pengusaha untuk lebih teliti dalam membuat serta menandatangani surat perjanjian kerja sama. Tujuannya jelas, agar kedua belah pihak tak ada yang dirugikan serta proses kerja sama berjalan lancar dan dapat berkelanjutan. Seperti surat-surat perjanjian lainnya, ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat dan menandatangani surat perjanjian kerja sama. Hal tersebut sangatlah krusial karena jika tidak cermat, risiko kerugian atau ketidakpuasan pada salah satu pihak sangat besar terjadi. Mari kita lihat hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat dan menandatangani surat perjanjian kerja sama berikut ini!

Hal yang Harus Diperhatikan Dari Surat Perjanjian Kerjasama

Cari Tahu Informasi Lengkap Seputar Calon Rekan Bisnis

Sebelum melakukan kerja sama dan membuat serta menandatangani surat perjanjian kerja sama, langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan riset atau penyelidkan tentang segala hal yang berkaitan dengan calon rekan bisnis. Poin-poin yang perlu diketahui antara lain profil perusahaan atau pengusaha, kinerja bisnis mereka sebelumnya, dan reputasi perusahaan atau pengusaha tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memeroleh informasi tersebut, mulai dari pencarian melalui Google, informasi dari kolega perusahaan hingga bekas klien yang pernah bekerja sama dengan perusahaan atau pengusaha. Bila semua hal sudah diketahui dan hasilnya baik, barulah surat perjanjian kerja sama bisa dibuat. Baca juga: Surat Keterangan Kerja, Apa Isi dan Fungsinya?

Bertanya Secara Rinci Isi Surat Perjanjian Pada Calon Rekan Bisnis

Surat perjanjian kerja sama biasanya dibuat dengan sangat personal. Hal ini membuat ada beberapa poin atau hal yang mungkin tidak diketahui oleh pihak lain. Nah, inilah yang sangat harus diperhatikan sebelum membuat dan menandatangani surat perjanjian kerja sama. Sebaiknya, tanyakan dulu dari awal jika ada poin atau istilah yang tidak dimengerti pada calon rekan bisnis yang membuat surat perjanjian tersebut. Jangan sampai ada hal yang tidak diketahui namun dibiarkan saja tanpa penjelasan yang rinci dan gamblang terlebih dulu. Sebab, hal ini akan menyebabkan kerugian bagi salah satu pihak di kemudian hari.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mencari Saksi Saat Menandatangani Surat Perjanjian

Pada beberapa kasus, surat perjanjian kerja sama dapat menghadirkan saksi yang akan turut menandatangani surat perjanjian tersebut. Hal ini dimaksudkan agar pihak-pihak yang tercantum dalam surat perjanjian kerja sama berusaha semaksimal mungkin untuk menaati isi perjanjian tersebut. Peran saksi ini sangatlah besar jika ada salah satu pihak yang tidak melakukan sesuatu tak sesuai perjanjian atau dapat dikatakan ingkar dari perjanjian yang sudah dituliskan di dalam surat perjanjian kerja sama. Saksi dapat berbicara di persidangan agar masalah ini dapat terselesaikan dengan baik secara hukum. Nah, mungkin suatu saat Anda akan melakukan kerja sama dalam bidang bisnis dengan orang atau perusahaan lain. Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas sebelum membuat dan menandatangani suruat perjanjian kerja sama ya!

Comments are closed.