Perusahaan Terbesar di Dunia, Tak Ada Amazon!

Entrepreneurship

Ada banyak sekali perusahaan besar sekarang ini. Tapi, perusahaan apa saja yang masuk dalam daftar perusahaan terbesar di dunia. Apa saja?

Google, Microsoft, dan Amazon merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi dan marketplace. Bahkan, pemilik dari ketiga perusahaan tersebut masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Tapi, hal tersebut nyatanya tak membuat perusahaan yang dipegang oleh mereka menjadi perusahaan terbesar di dunia. Faktanya, ketiga perusahaan di atas tidak masuk dalam daftar perusahaan terbesar di dunia.

Perusahaan yang masuk dalam kategori tersebut tidak hanya dilihat dari banyaknya karyawan atau produk yang laris di pasaran, melainkan nilai perusahaan dan asetnya. Lalu, perusahaan apa saja yang masuk dalam daftar perusahaan terbesar di dunia jika tiga perusahaan di atas tidak ada dalam daftar? Ini dia!

Baca juga: Cara Mudah Kembalikan Semangat Kerja, Mau Coba?

Perusahaan Terbesari di Dunia Saat Ini

Industrial and Commercial Bank of China, China

ICBC merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di China. Bank ini adalah bank komersial terbesar di China selain Bank of China, Agricultural Bank of China, dan China Construction Bank. Aset ICBC sendiri dinilai mencapai RMN 11 triliun atau setara dengan USD 1.6 triliun. Setidaknya, ICBC telah memiliki 18.000 outlet yang termasuk juga 106 kantor cabang serta agen yang tersebar di dalam dan luar negeri.

China Construction Bank, China

Merupakan salah satu bank komersial terbesar di China. Didirikan pada 1 Oktober 1954 dengan nama People’s Construction Bank of China dan berubah nama menjadi China Construction Bank pada 26 Maret 1996. Bank ini dikenal dengan kapitalisasi pasar. Setidaknya, China Construction Bank memiliki 13.629 cabang domestik serta masih ada cabang di luar negeri seperti di Frankfurt, Hong Kong, New York, Seoul, Singapura, hingga Tokyo, dan Sydney. Aset yang dimiliki China Construction Bank mencapai RMB 8.7 triliun pada 2009.

Agricultural Bank of China, China

Dikenal juga dengan sebutan AgBank. AgBank sendiri didirikan sejak 1951 dengan kantor pusat berada di Beijing. Bank ini bahkan memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Cina daratan serta merambah ke Hong Kong dan Singapura. Agricultural Bank of China atau ABC tercatat memiliki 320 juta pelanggan ritel, 2,7 juta klien korporasi, hingga kantor cabang yang jumlahnya mencapai 24.000. ABC dikenal sebagai bank pemberi pinjaman terbesar ketiga di Tiongkok.

Bank of China, China

Inilah anggota terakhir bank komersial empat besar di China. Didirikan pada 1912 oleh Pemerintah Republik Tiongkok, bank ini menggantikan Bank Pemerintah Imperial Cina, bank tertua di Tiongkok. Bank ini mengeluarkan uang kertas atas nama pemerintah China bersama dengan tiga bank lainnya yang termasuk dalam empat besar bank terbesar di China. Bank of China merupakan bank yang paling internasional di antara bank-bank yang ada di China dengan cabangnya yang hampir selalu ada di setiap benua di dunia. Di luar China daratan, BOC memiliki cabang di Australia, Kanada, Inggris, Italia, Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Panama, Singapura, Korea Selatan, Indonesia, Thailand, Kazakhstan, Zambia, hingga Afrika Selatan dan masih banyak lagi cabang di negara lainnya.

Baca juga: Yuk Kupas Tuntas Keseruan Unicorn Startup

Berkshire Hathaway, Amerika Serikat

Merupakan perusahaan konglomerasi yang pusatnya ada di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Inti bisnis perusahaan adalah asuransi termasuk asuransi properti dan asuransi jiwa. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan asuransi yang berani memberikan tingkat pengembalian tahunan yang cukup fenomenal yaitu 25 persen lebih kepada pemilik saham selama 25 tahun terakhir. Perusahaan ini dikendalikan oleh Warren Buffet yang dikenal sebagai salah satu investor terkenal dan terkaya kedua di Amerika Serikat menurut Forbes. Berkshire saat ini melebarkan sayapnya di bisnis lain seperti penjualan ritel permen, penerbitan koran, ritel peralatan rumah tangga, penjualan ensiklopedia, vacuum cleaner, perhiasan, dan lain-lain. Pada 2011, laba bersih yang didapatkan perusahaan yang mempekerjakan 180.000 karyawan ini mencapai USD 10.254 miliar.

JPMorgan Chase, Amerika Serikat

JPMorgan Chase and Co merupakan sebuah perusahaan sekuritas, perbankan investasi, serta perbankan eceran global yang berpusat di New York City, Amerika Serikat. Perusahaan firma ini menyediakan jasa keuangan yang cukup besar dengan aset senilai USD 2 triliun. Serta dikenal sebagai institusi perbankan Amerika dengan kapitalisasi pasar kedua di negara ini. Merek J.P. Morgan sendiri digunakan divisi Bank Investasi, Pengelolaan Aset, Perbankan Swasta, Pengelolaan Kekayaan Global, serta Jasa Keuangan, dan Sekuritas. J.P. Morgan Chase juga dikenal sebagai salah satu bank yang termasuk dalam empat besar bank di Amerika Serikat bersama dengan Bank of America, Citigroup, dan juga Wells Fargo.

Exxon Mobil, Amerika Serikat

Perusahaan yang berpusat di Texas ini merupakan perusahaan penghasil serta pengecer minyak yang didirikan pada 30 November 1999 melalui penggabungan antara Exxon dan Mobil. ExxonMobil sendiri merupakan induk perusahaan Exxon, Mobil, serta Esso di seluruh dunia. Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan terbuka terbesar di dunia dengan laba bersih pada 2011 mencapai USD 41.060.

Toyota Motor, Jepang

TMC atau Toyota Motor Corporation, merupakan perusahaan pabrikan mobil yang berbasis di Toyota, Aichi, Jepang. Pabrikan Toyota dikenal sebagai pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Toyota juga dikenal sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan finansial yang juga membuat robot. TMC sendiri merupakan anggota dari Grup Toyota serta TMC dikenal sebagai produsen Toyota Lexus  dan Scion. Perusahaan ini diketahui memiliki sebagian besar saham Daihatsu dan juga Hino serta sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu. Perusahaan yang sejak 2012 mempekerjakan sekitar 324.747 orang ini memiliki laba bersih mencapai USD 283.55 miliar.

Baca juga: Fakta Menarik di Balik Besarnya Alibaba Group

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Apple, Amerika Serikat

Apple Inc. merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, serta penjualan barang yang termasuk dalam barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Tahun 2013, Apple Inc mempekerjakan sekitar 80.000 karyawan dan tercatat mencapai laba bersih mencapai USD 37.037 miliar.

Royal Dutch Shell, Belanda

Dikenal juga sebagai Shell, perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan energi utama dan merupakan salah satu perusahaan swasta minyak dan gas di dunia terbesar bersama dengan British Petroleum, ExxonMobil, dan juga Total. Perusahaan yang didirikan pada 1907 ini memiliki pusat di Den Haag, Belanda. Pendapatan yang diterima pada 2013 mencapai USD 451.235 miliar dan laba bersih mencapai USD 16.371 miliar. Karyawan yang dipekerjakan dalam perusahaan industri minyak dan gas ini mencapai 92.000 karyawan pada 2014.

Mungkin beberapa dari Anda heran kalau perusahaan yang lazim didengar ternyata bukanlah perusahaan terbesar di dunia. Tapi, inilah faktanya. Sudah tahu ada di peringkat berapa perusahaan tempat Anda bekerja saat ini?

Comments are closed.