Layanan PLN Online, Cara Mudah Mengurus Listrik Rumah Anda!

Entrepreneurship

Kini mengurus keperluan listrik bisa semakin mudah berkat adanya layanan terbaru yaitu Layanan PLN Online. Keberadaannya membantu Anda mengakses kebutuhan listrik hanya melalui gadget.

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan listrik resmi dari PLN. PLN merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang mengelola segala aspek kelistrikan di nusantara. Di era digital seperti saat ini, inovasi teknologi dibutuhkan demi mempermudah setiap orang untuk mengakses berbagai keperluan hanya melalui gadget.

Menyadari hal itu, PLN kini memiliki layanan online yang memungkinkan Anda mengurus segala keperluan terkait listrik Anda seperti pasang baru hingga pengaduan di layanan PLN Online. Caranya gampang

Cara Pasang Baru PLN dan Biayanya

pasang baru layanan pln online

Sebelum PT PLN (Persero) meluncurkan inovasi listrik pintar, masyarakat umum menggunakan energi listrik selama sebulan terlebih dulu, lalu kemudian membayar belakangan pada bulan berikutnya. Ini yang disebut dengan sistem pembayaran listrik pascbayar.

Prosesnya, setiap bulan petugas PLN berkeliling dari satu rumah ke rumah lain dan bertugas mencatat angka yang tertera pada meteran rumah. Kemudian menghitung dan menerbitkan jumlah tagihan listrik PLN yang harus dibayar pelanggan. Apabila pelanggan telat membayar, petugas PLN pun bertugas menagihnya. Jika pelanggan tidak melunasi tagihan selama batas waktu yang telah ditentukan, pihak PLN akan memutus aliran listrik yang dimiliki pelanggan.

Baca Juga: Jenis dan Model Colokan Listrik di Suluruh Dunia

Selain pascabayar, ada juga sistem pembayaran listrik prabayar. Ini berkat kehadiran listrik pintar atau yang dikenal dengan listrik token. Mekanismenya, pelanggan diminta untuk mengeluarkan sejumlah uang atau biaya terlebih dulu untuk membeli energi listrik yang akan dikonsumsinya. Jadi sistemnya seperti membeli pulsa ponsel. Cara mengisinya, setelah membeli pulsa listrik dari penjual, nomor atau kodenya dimasukkan ke Meter Prabayar (MPB) yang terpasang melalui sistem token (pulsa) atau stroom yang ada di rumah pelanggan.

MPB menyediakan informasi jumlah energi listrik (kWh) yang masih bisa digunakan atau dikonsumsi. Persediaan kWh tersebut bisa saja ditambah berapapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Karena nilai pulsa listrik bervariasi antara Rp20 ribu sampai Rp1 juta.

Dari laman resmi PLN, ada 12 golongan tarif baru yang telah diberlakukan, yaitu tarif adjustment. Hal itu merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 dan 33 Tahun 2014.Selain itu, ditetapkan pula biaya lain-lain, seperti biaya penyambungan, uang jaminan langganan, dan ketentuan lainnya.

Beberapa biaya yang perlu Anda persiapkan:

  • Biaya Guna Penyambungan (BP)
  • Uang Jaminan sebagai Langganan (UJL)
  • Biaya Materai
  • Membeli token listrik atau stroom perdana minimal Rp5.000.

Total biaya pasang sambungan listrik baru yang harus dikeluarkan sebesar Rp1.218.000. Biaya tersebut sudah mencakup BP, UJL, biaya materai, kecuali token listrik perdana. Sedangkan biaya lain seperti bagian instalasi akan diserahkan kepada pihak PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN).

Cara Pasang Listrik Baru via Online

pasang listrik via layanan pln online

Inovasi terbaru dari PLN, yakni pasang listrik lewat online. PLN menyediakan banyak fitur, mulai dari pembelian pulsa listrik sampai dengan pasang sambungan listrik baru. Dengan adanya inovasi tersebut, memberi kemudahan kepada Anda yang ingin melakukan pendaftaran migrasi, perubahan daya atau instalasi pemasangan baru secara online melalui gadget Anda.

  • Jika Anda sudah yakin ingin melakukan perubahan daya atau memasang sambungan listrik baru, langsung saja kunjungi website resmi PLN http://www.pln.co.id.
  • Untuk mendaftar sambungan baru, klik menu “Pasang Sambungan”
  • Tunggu beberapa detik karena websitesedang menyiapkan form untuk mengisi data diri dan blangko pendaftaran listrik baru online. Usahakan Anda memiliki jaringan internet yang cukup baik, agar lebih cepat dan tidak terputus.
  • Baca syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Jika sudah, scrollterus ke bawah hingga bagian akhir klik “setuju”. Setelah itu akan muncul informasi penting yang perlu Anda baca, ingat dan Anda penuhi. Klik saja “Ok”
  • Isi formulir pendaftaran dengan data benar dan sesuai kartu identitas Anda.
  • Jika sudah, lanjutkan pengisian ke sheet “data pemohon,” lalu Anda bisa centang di bagian “copy berdasarkan data pelanggan” untuk mempercepat pengisian data.
  • Setelah mengisi seluruh data diri, scrollke bagian bawah untuk mengisi jumlah tarif atau daya baru. Isi dengan benar sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah selesai mengisi, bisa klik menu “Hitung Biaya” untuk mengetahui berapa besar biaya yang Anda harus bayarkan ke rekening PLN. Pastikan Anda mengisi data dengan benar, karena apabila data yang Anda berikan ada yang salah, maka akan ada notifikasi untuk Anda koreksi dan mengulanginya lagi.
  • Untuk info lebih lanjut hubungi Call CenterPLN di nomor 123.

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik PLN Bisa Online Maupun Offline

Cara Pengaduan Layanan PLN Online

Cara Pengaduan Layanan PLN Online

Melakukan pengaduan terkait masalah listrik yang Anda alami, sekarang tidak perlu repot datang ke kantor PLN langsung. Mungkin bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang, dapat melakukan hal tersebut. Akan tetapi untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan, rasanya kurang praktis dan sedikit merepotkan.

Jadi, lakukanlah pengaduan lewat website PLN. Pilihlah menu kontak mereka di kanan atas, isi formulir dengan lengkap dan benar kemudian ajukan, maka pengaduan Anda akan segera diproses. Selain melalui website, PLN juga membuka akses lewat media sosial seperti Facebook dengan nama PLN 123, Twitter di @pln_123, serta email ke alamat [email protected] Perlu diketahui bahwa layanan kontak PLN 123 memberikan pelayanan 24 jam setiap hari.

Baca Juga: 5 Sumber Iklan Gratis di Internet

Dengan adanya kontak PLN pusat yaitu 123, bermanfaat untuk menumpas korupsi dan pungutan biaya tambahan oleh petugas, hingga percaloan. Kontak PLN pusat 123 ternyata tidak hanya menampung informasi keluhan atau pengaduan pelanggan saja. Layanan lain yang disediakan, antara lain adalah pengurusan keperluan daya listrik seperti ingin pasang baru dan mengatasi bermacam gangguan listrik. Sementara untuk aplikasi pelayanan PLN yang sudah terpusat yaitu Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Pelanggan (APKT) serta Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Sebelum memutuskan memasang sambungan listrik baru pascabayar maupun prabayar, pastikan dulu apa kebutuhan Anda. PLN melakukan inovasi agar manfaatnya dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Konsumsi listrik Anda akan mempengaruhi berapa uang yang harus dibayarkan. Apapun pilihan sistem pembayaran listrik di rumah, Anda harus tetap berhemat demi masa depan energi yang berkelanjutan. Jadi, tetap hemat penggunaan listrik ya!

Comments are closed.