Kenalkan Rudy Salim, Miliarder Muda Lulusan SMA

Entrepreneurship

Bagi pecinta mobil mewah Rudy Salim bukanlah nama baru. Pemilik showroom Prestige Image Motorcars tersebut dikenal sebagai distributor supercar dengan omset ratusan miliar perbulan.

Nama Rudy Salim sebenarnya baru mencuat ke publik ketika ia masuk dalam vlog The Rans Family, vlog milik keluarga Raffi Ahmad. Kala itu Raffi memperkenalkan Rudy sebagai juragan supercar dan memperlihatkan showroomnya yang penuh dengan mobi-mobil keluaran Eropa dan Amerika. Saat itu namanya langsung hype dan jadi perbincangan di kalangan netizen.

Usianya yang masih sangat muda mungkin jadi magnet terbesar perbincangan orang-orang. Lantas bagaiaman pria muda yang good looking ini dapat membangun kerajaan bisnis supercar tersebut? Yuk simak disini:

Profil Rudy Salim

Profil Rudy Salim

Source: mancode.id

Rudy Salim terlahir dari kalangan berada, keluarganya adalah dokter kenamaan di Indonesia. Sejak kecil iapun sudah dipersiapkan menjadi dokter pula. Saat memasuki bangku kuliah Rudy juga sampai kuliah di dua kampus berbeda, masih dalam jurusan yang sama yakni kedokteran. Namun tak sampai lulus ia keburu di drop out. Iapun banting stir dan memilih berwirausaha.

Rudy mengakui bahwa passion-nya memang bukan menjadi dokter. Ia lebih tertarik di bidang bisnis dan Automotif. Bahkan satu-satunya motivasinya masuk jurusan kedokteran pada saat itu adalah karena orangtuanya menjanjikan sebuah mobil. Nah, setelah pensiun jadi mahasiswa kedokteran secara resmi orangtuanya mulai membebaskan Rudy.

Baca Juga: Mobil Mewah Valentino Rossi Mengiringi Kesuksesannya

Karena benar-benar ingin berbisnis, pria kelahiran 1987 ini pun akhirnya menjual mobil pemberian orangtuanya tersebut seharag Rp 400juta. Lalu uang hasil penjualannya itu ia gunakan untuk membuka bisnis. Menariknya usaha pertama Rudy bukanlah mobil atau bidang otomotif melainkan pinjaman online.

Mengawali Bisnis di Usia 19 Tahun

Meski terlahir dari keluarga berada ini tak mambuat Rudy jadi sosok yang manja. Sebaliknya, sejak muda jiwa enterpreneurnya mulai muncul. Ia sudah menjadi pengusaha kala usianya masih 19 tahun. Waktu itu bisnis pertamanya adalah game online yang ia bangun pada 2009, namun tidak lantas menghasilkan keuntungan.

Profit baru ia rasakah pada 2013, ketika game online mulai digemari. Inilah titik balik bisnis Rudy, dari modal keuntungan bisnis game online itu ia mengembangkan sayap bisnis ke bidang otomotif dengan menjual supercar. Desember 2012 ia mulai mempelajari bagaimana cara menjual mobil mewah di Indonesia termasuk soal perpajakannya.

Nah akhirnya ia membangun showroom Prestige Image Motorcars. Pada penjualan perdananya yakni antara tahun 2013-2014 ia berhasil menjual tiga mobil mewah, dari situlah bisnisnya mulai berkembang.

Bisnis Showroom Mobil dengan Omset Ratusan Miliar

Awalnya Rudy memang hanya berhasil menjual beberapa mobil mewah saja. Namun ia bertekad mengembangkan bisnis ini sehingga sejumlah strategipun dilakukan. Mulai dari iklan hingga mensponsori sejumlah komunitas pecinta mobil mewah. Hasilnya, pernah dalam setahun ia mampu menjual hingga 19 supercar setiap bulan.

Baca Juga: Prestasi BJ Habibie Hingga Mobil Mewahnya

Buggati, Ferari, Roll Royce dan Tesla adalah salah satu mobil yang terpakir di showroomnya. Harganya dibanderol mulai dari Rp 3 miliar hingga 90 miliar. Ia mengambil untung paling kecil 5% untuk setiap mobil yang terjual. Bisa bayangkan 5% dari 3 miliar? Pastinya ratusan juta ya.

Namun perjalanan Rudy tidak melulu indah, karena seperti pebisnis pada umumnya ada masanya penjualannya juga sepi. Terutama ketika kurs dolar naik dan pemerintah menaikkan pajak pembelian mobil mewah. Jika ia pernah menjual 19 unit dalam sebulan, sekarang dalam satu tahun pun meraih angka itu.

Sadar akan pasar supercar di Indonesia yang terbatas, pengusaha muda ini pun akhirnya mengembangkan sayap bisnisnya.

Daftar Bisnis Rudy Salim

Bisnis Rudy Salim

Source: gooto.com

Dikenal sebagai miliarder muda, di usia 32 tahun Rudy memang diberkahi dengan kekayaan mumpuni. Apa saja sayap bisnis yang membuatnya jadi salah satu Crazy Rich Indonesia ini?

Prestige Image Motorcars

Bisnis yang melambungkan nama Rudy, mobil-mobil yang dipajang disini masuk golongan supercar dengan banderol minal 3miliar. Pelanggannya bukan hanya warga Jakarta namun juga seluruh Indonesia. Bugatti dan Ferrari adalah salah dua yang ia jual di showroomnya. Dengan mengambil marjin untuk minimal 5% dalam setiap penjualan, keuntungan yang ia dapat bisa ratusan juta dalam sekali penjualan.

Excel Trade Indonesia

Mengikuti euforia pinjaman online, Rudy juga mencoba mengembangkan bisnisnya dibidang ini dengan membangun Excel Trade Indonesia. ini merupakan pinjaman untuk pembelian barang elektronik. Seperti kredit online pada umumnya, debitur hanya perlu menyerahkan ktp untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan.

Time Machine 2 Escape Game

Showroom Prestige Rudy Salim

Source: Kontan

Inilah adalah bisnis game online milik Rudy yang juga sangat terkenal. Mungkin bagi publik Indonesia game ini masih tergolong baru. Sebagai informasi escape game adalah indoor adventure game, yang mana pemainnya bermain di dalam ruangan yang terkunci. Pemain harus bisa keluar dari ruangan dengan memecahkan teka-teki berbekal petunjuk (clue/hint) yang tersedia.

Bank Virtual, Sainmaco

Lagi-lagi Rudy mengembangkan bisnis dibidang online, yakni dengan membangn Sainmaco sebuah situs trading yang mengklaim dirinya dapat membantu para nasabah untuk selalu mendapatkan untung.

Bisnis Rumah Produksi

Bersama dengan sahabat baiknya Raffi, Rudy juga berinvestadi di bidang entertainment lain yakni dengan mendirikan rumah produksi RA Pictures, yang memproduksi sejumlah film layar lebar.

Baca Juga: Deddy Corbuzier: Disleksia Hingga Koleksi Mobil Mewah

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Automo, Rental Kendaraan

Merupakaan platform penyewaan kendaraan mewah yang menargetkan wisatawan asing. Dikutip dari Daily social Automo ini bisa menghadirkan mitra supir sesuai dengan keinginan pelanggan dengan mobil pilihan sesuai pelanggan juga. Mulai dari yang standar hingga mobil mewah untuk para wisatawan asing dan lokal disesiakan oleh Automo.

Bisnis F&B

Bisa dibilang disinilah perputaran terbesar kedua bisnis Rudy setelah showroom mobil mewah. Setidaknya dalam satu bulan dari usaha kulinernya ini perputaran uangnya bisa mencapai 1,3 miliar. Beberapa bisnis F&B milik Salim, yaitu Area kuliner dan belanja Maze market, Space Food destination (food court), Cherie (kuliner Croissant), Kastera Castella (kue ala Luna Maya), Take & Bite (cafe & resto), Mango Bomb (jus mangga).

Itulah gurita bisnis milik Rudy Salim yang membuatnya menjadi salah satu miliarder muda Indonesia. Menilik bisnisnya memang hampir semuanya harus ditopang dengan modal besar. Bagi Anda yang memiliki dana besar namun bingung akan diinvestasikan kemana, bisa mencoba jalankan bisnis sepertinya.

Comments are closed.