Mengintip Perjalanan Pendiri Apple, Steve Jobs

Entrepreneurship

Steven Paul Jobs adalah penemu, perancang dan wirausaha Amerika yang merupakan co-founder, chief executive dan chairman Apple Computer.  Produk revolusioner Apple, yang meliputi iPod, iPhone dan iPad.

Dilahirkan pada tahun 1955 dari dua mahasiswa pascasarjana University of Wisconsin yang menyerahkannya untuk diadopsi, Jobs cerdas tetapi tidak memiliki arah, keluar dari perguruan tinggi dan bereksperimen dengan berbagai pekerjaan sebelum mendirikan Apple bersama Steve Wozniak pada tahun 1976.

Jobs meninggalkan perusahaan pada tahun 1985,  meluncurkan Pixar Animation Studios, lalu kembali ke Apple lebih dari satu dekade kemudian.  Jobs meninggal pada 2011 setelah pertempuran panjang dengan kanker pankreas. Nah mau tahu lebih lengkap perjalanan hidup sang pendiri Apple ini? Baca sampai selesai ya.

Baca juga: Bukan Kebetulan, Inilah Kunci Sukses Jack Ma!

Latar Belakang dan Pendidikan Steve Jobs

Steve Jobs lahir pada 24 Februari 1955, di San Francisco, California.  Dia tinggal bersama keluarga angkatnya di Mountain View, California, di daerah yang kemudian dikenal sebagai Silicon Valley. Sebagai anak laki-laki, Jobs dan ayahnya bekerja di bidang elektronik di garasi keluarga.  Paul menunjukkan kepada putranya cara membongkar dan merekonstruksi elektronik, hobi yang menanamkan kepercayaan diri, keuletan, dan kecakapan mekanik dalam Jobs muda.

latar belakang steve jobs

Steve Jobs adalah seorang pemikir yang cerdas dan inovatif, masa mudanya penuh rasa frustasi atas sekolah formal.  Jobs adalah orang iseng di sekolah dasar karena bosan, dan guru kelas empatnya perlu menyuapnya untuk belajar.  Setelah sekolah menengah, Jobs mendaftar di Reed College di Portland, Oregon.  Karena tidak memiliki arahan, ia berhenti kuliah setelah enam bulan dan menghabiskan 18 bulan berikutnya mampir di kelas-kelas kreatif di sekolah.

Pada 1974, Jobs mengambil posisi sebagai desainer video game bersama Atari.  Beberapa bulan kemudian dia meninggalkan perusahaan untuk menemukan pencerahan spiritual di India, bepergian lebih jauh dan bereksperimen dengan obat-obatan psikedelik.

Pada tahun 1976, ketika Jobs baru berusia 21 tahun, ia dan Wozniak memulai Apple Computer di garasi keluarga Jobs.  Mereka mendanai usaha wirausaha mereka dengan Jobs menjual bus Volkswagen-nya dan Wozniak menjual kalkulator ilmiah tercintanya. Jobs dan Wozniak dikreditkan dengan merevolusi industri komputer dengan Apple dengan mendemokratisasikan teknologi dan membuat mesin lebih kecil, lebih murah, intuitif dan dapat diakses oleh konsumen sehari-hari.

Usaha mereka berdua membuahkan hasil saat mulai meluncurkan produk Macintosh untuk menyaingi IBM. Meski pada akhirnya tetap tidak bisa menjadi tandingan IBM. Sampai pada akhirnya CEO Sculley meminta Jobs untuk meninggalkan Apple di tahun 1985.

Setelah meninggalkan Apple pada tahun 1985, Jobs memulai sebuah perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak baru bernama NeXT, Inc. Perusahaan tersebut tergelincir dalam upaya untuk menjual sistem operasi khususnya ke Amerika, dan Apple akhirnya membeli perusahaan tersebut pada tahun 1996. Di tahun 1997 Steve Jobs kembali menjadi CEO Apple dan mulai membenahi perusahaan itu.

Sampai pada perkembangannya pada 2008, Apple menjadi pengecer musik terbesar kedua di Amerika – nomor dua setelah Walmart, karena  penjualan iTunes dan iPod.  Apple juga mendapat peringkat No. 1 dalam daftar majalah Fortune di “Perusahaan Paling Dikagumi Amerika”, serta No. 1 di antara perusahaan-perusahaan Fortune 500 untuk pengembalian kepada pemegang saham.

Pada Januari 2011, Steve Jobs mengumumkan bahwa ia akan cuti untuk pengobatan.  Pada bulan Agustus, ia mengundurkan diri sebagai CEO Apple, menyerahkan kendali kepada Cook. Steve meninggal di Palo Alto pada 5 Oktober 2011, setelah berjuang melawan kanker pankreas selama hampir satu dekade.  Dia meninggal di usia 56 tahun.

Baca juga: Yuk Ketahui Batas Kecepatan Aman Dalam Berkendara!

Koleksi Mobil Steve Jobs

koleksi mobil steve jobs

Selama dia hidup, Steve Jobs tidak pernah ragu dalam membelanjakan kekayaannya untuk mengoleksi mobil mewah. Nah yuk intip ada koleksi mobil apa saja di garasi pendiri Apple ini?

1. MERCEDES-BENZ SL55 AMG

Steven Jobs koleksi mobil

Kendaraan ini mungkin menjadi favorit  Steve Jobs dalam koleksinya.  Seperti yang disebutkan sebelumnya, itu adalah mobil yang akan selalu disewanya dan dirotasi setiap enam bulan sehingga ia tidak perlu mengemudi dengan plat nomor. Salah satu fitur paling keren tentang mobil ini adalah kenyataan bahwa ia memiliki kecepatan tertinggi 250 km / jam, dengan opsi naik hingga 300 km / jam dengan harga lebih tinggi.

2. BMW Z8

Steven Jobs koleksi mobil 1

Kendaraan pilihan lain untuk co-founder Apple adalah BMW Z8, salah satu kendaraan paling langka di jajaran BMW.  Apa yang membuatnya begitu eksklusif dan bernilai lebih dari kendaraan “rata-rata” yang diproduksi BMW adalah fakta bahwa mereka hanya memproduksi di bawah 6.000 unit mobil ini.  Selain itu, roadster itu baru diproduksi mulai tahun 2000 hingga 2003.

3. NASH METROPOLITAN CONVERTIBLE

NASH METROPOLITAN CONVERTIBLE Steve Jobs

Ini jelas salah satu pilihan paling aneh dalam koleksi mobil Steve Jobs.  Ini adalah salah satu dari beberapa kali kita melihatnya melenceng dari kesukaannya pada mobil-mobil Eropa yang penuh gaya dan sporty.  Nash Metropolitan Convertible awalnya dibangun dan dijual dari awal 1950-an hingga 1961. Tampaknya tidak terlalu mengesankan. Namun, itu sebenarnya salah satu mobil subcompact pertama yang banyak tersedia di pasaran.

4. VOLKSWAGEN TRANSPORTER

Volkswagen Transporter adalah pilihan aneh lain ketika kita melihat kendaraan lain dalam koleksi mobil pendiri perusahaan Apple tersebut.  Ini adalah kendaraan penting dalam koleksinya karena apa yang diwakilinya. Steve Jobs rupanya menjual Volkswagen Transporter ketika ia berusia 20-an dan berjuang secara finansial untuk memenuhi kebutuhan hidup.

5. PORSCHE 928

Steven Jobs koleksi mobil porsche

Selain memiliki Mercedes-Benz SL55 AMG, merek lain yang menunjukkan banyak cinta dalam koleksi mobilnya adalah Porsche.  Selama bertahun-tahun, Jobs  membeli beberapa kendaraan yang diproduksi oleh Porsche.

6. PORSCHE 911

Steven Jobs koleksi mobil porsche 911

Mobil sport Porsche kedua yang menjadi koleksi mobilnya adalah 911 mereka yang terkenal. Tidak heran Jobs memiliki mobil ini. Porsche 911 telah menjadi mobil sport pilihan bagi banyak selebriti sukses, termasuk Eminem.

7. PORSCHE 944

Ini adalah kendaraan Porsche ketiga yang muncul dalam daftar ini, dan Jobs membuat pilihan yang sangat baik.  944 adalah mobil keren lain Porsche yang diproduksi di awal-awal kesuksesan Jobs.  Khususnya, mobil ini diproduksi mulai 1982 hingga 1991.

Baca juga: Ini Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah untuk Anda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Berminat memiliki satu diantara 7 mobil mewah ini? Selain banderol harganya yang mahal, untuk premi asuransi kendaraan jenis ini juga tergolong mahal. Jadi selain menyiapkan dana pembelian kamu juga harus punya budget untuk membeli proteksi kendaraan bersama pajak tahunannya.

 

Comments are closed.