Strategi Pemasaran Tingkatkan Penjualan Secepatnya

Entrepreneurship

Demi meningkatkan penjualan, sebagai pelaku usaha Anda harus memikirkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Bagaimana caranya?

Strategi pemasaran yang baik akan meningkatkan penjualan produk lebih cepat. Sebagai pelaku usaha, dibutuhkan strategi yang tertata rapi. Lalu, apa saja jenis pemasaran yang bisa digunakan?

Istilah pemasaran mengacu pada upaya seseorang dalam mencapai tujuan tertentu. Pada kasus ini, perusahaan punya tujuan untuk memperkenalkan sekaligus menjual produk yang dimiliknya pada konsumen. Baik itu produk berupa barang maupun produk layanan jasa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemilihan strategi sangatlah krusial. Strategi yang baru dan mengena akan berpengaruh pada tingkat penjualan. Untuk itulah, pelaku bisnis perlu menentukan strategi pemasaran yang dinilai cocok untuk diterapkan pada perusahaannya.

Baca juga: Tip Ide Membuat Nama Toko Bagus dan Menarik

Jenis-jenis Strategi Pemasaran

Bicara mengenai strategi ini, ada banyak sekali jenisnya. Anda punya banyak opsi untuk diputuskan. Tergantung pada strategi mana yang dianggap lebih mudah dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Di antara strateginya adalah sebagai berikut ini:

Direct Selling

Strategi pemasaran jenis ini tidak memakan biaya besar. Modal utamanya adalah kemampuan dalam membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut. Tentunya harus dibarengi dengan keberanian.

Praktiknya adalah dengan mendatangi konsumen secara langsung. Contohnya adalah dengan datang ke rumah calon pembeli. Di sini, Anda tawarkan produk dengan menjelaskan tentang produk supaya pembeli tertarik untuk membelinya.

Point of Purchase

Strategi yang tak kalah menarik adalah point of purchase. Strategi ini merujuk pada penempatan sejumlah produk dengan label harga yang jelas. Artinya, tidak ada tawar-menawar dalam hal penjualan produk tersebut.

Strategi ini membutuhkan tempat yang strategis. Pebisnis butuh kios ataupun toko yang banyak calon pembelinya. Jika tidak, maka penjualan akan mengalami kesulitan.

Internet Marketing

Jenis strategi pemasaran lainnya adalah internet marketing. Jenis ini mulai diterapkan oleh banyak pelaku bisnis. Entah itu pelaku bisnis lama ataupun baru.

Yang dimanfaatkan adalah kecanggihan teknologi. Yakni ada ketergantungan pada internet dalam hal promosi maupun penjualan. Namun manfaatnya sangat luar biasa untuk meningkatkan penjualan.

Bekerja Sama dengan Influencer

ragam strategi pemasaran

Strategi ini hampir sama dengan internet marketing. Yakni sama-sama menggunakan media internet. Bedanya adalah siapa yang melakukan promosi.

Bekerja sama dengan seorang influencer sangatlah bagus. Mengapa? Influencer bisa membujuk follower-nya dengan mudah untuk membeli produk tersebut.

Di era modern ini, banyak sekali influencer yang telah menjual produk dari perusahaan tertentu. Hasilnya juga sangat baik. Contohnya adalah selebgram atau vlogger yang memiliki follower sangat besar.

Baca juga: Mengenal SBR007 dan Istilah yang Lazim Digunakan

Pilihan Terbaik untuk Menjual Produk di Era Digital

Di era digital, tentu saja keberadaan internet harusnya mendapatkan perhatian lebih. Mengapa? Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat luas.

Semakin banyaknya pengguna internet secara tidak langsung telah membuka peluang bagi pelaku bisnis. Pebisnis bisa memanfaatkan situasi ini untuk memperkenalkan produknya. Kemudian bisa melakukan penjualan.

Menariknya, pasarnya jauh lebih besar dan pebisnis bisa memulainya dengan modal kecil. Baru ketika mulai naik daun, modal bisa ditingkatkan untuk memperluas jaringan. Hasilnya, penjualan produk akan meningkat drastis.

Dalam menjual produk secara online, Anda bisa menggunakan banyak hal. Anda bisa memanfaatkan sebuah website, ataupun menggunakan media sosial. Keduanya juga bisa digabungkan untuk mendapatkan konsumen yang lebih besar.

Kuncinya adalah menjaga kepercayaan dari konsumen. Selain itu, Anda wajib memberikan pelayanan yang prima. Dengan memadukan keduanya, produk yang Anda jual bisa laris di pasaran dengan strategi seperti ini.

Cara Menerapkan Strategi Internet Marketing

spesifikasi yamaha tricity

Strategi ini mendorong Anda untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Dari strategi ini, muncullah sebuah rencana yang dibarengi dengan pelaksanaan di lapangan. Tentunya, output-nya adalah penjualan produk itu sendiri.

Pembuatan Website atau Toko Online

Untuk memulai penjualan secara online, strategi dalam bidang pemasaran yang satu ini bisa dimulai dengan pembuatan sebuah website atau toko online. Kalau tidak menggunakannya, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Langkah pertamanya adalah membuat sebuah toko online. Di sini, silahkan beli domain dengan nama toko Anda. Pastikan supaya domain yang dipilih telah menjelaskan produk yang Anda jual. Misalnya toko dengan nama jualan baju koko.

Baca juga: Kriteria Laporan Keuangan yang Baik dan Benar!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tampilkan Semua Produk

Langkah keduanya adalah menyematkan sejumlah produk di dalam toko online. Di samping itu, jangan lupa untuk memberikan label harga dari seluruh produk. Kemudian pastikan untuk melengkapinya dengan bagaimana cara pembeliannya dan lain sebagainya.

Langkah ketiga dalam strategi ini adalah menciptakan beberapa konten yang berisikan ajakan untuk membeli produk. Konten ini wajib dibuat dengan baik. Tentunya konten yang dibuat harus diusahakan bisa naik di halaman pertama dalam pencarian Google.

Untuk melakukannya, dibutuhkan optimasi khusus untuk mendorong munculnya toko online di halaman awal. Biasanya memakan waktu cukup lama. Tapi bila menggunakan jasa SEO, toko online ini bisa segera muncul ke permukaan.

Promosi Lintas Media

ragam

Langkah ketiga dari strategi jenis ini adalah menggabungkan media sosial sebagai bagian promosi. Pada praktiknya, Anda bisa mempromosikan toko online dengan cara berbayar. Itu dilakukan untuk mengenalkan toko pada khalayak ramai.

Promosi berbayar ini akan menjangkau ribuan pengguna internet di seluruh dunia. Khususnya di negara di mana Anda tinggal. Jika menggunakan media sosial, maka orang yang dijangkau adalah mereka pengguna media sosial.

Beberapa konten menarik bisa dipilih untuk dipromosikan. Dari promosi ini, calon pembeli akan datang untuk memeriksanya. Saat pelanggan mulai bertanya, berikan respons dengan cepat, karena kebanyakan pelanggan butuh respons cepat sebagai nilai plusnya.

Jalin komunikasi dengan baik. Komunikasi inilah yang akan menentukan penjualan produk. Untuk hasilnya, Anda akan memperolehnya dalam waktu dekat.

Demikianlah beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Peluang terbaik saat ini adalah memanfaatkan layanan internet, karena pangsa pasarnya jauh lebih luas. Jadi, sudah siap untuk menjual produk dengan cepat menggunakan strategi dalam pemasaran tersebut?

Comments are closed.