Membangun Suasana Kantor yang Kondusif, Simak Tips dan Triknya!

EntrepreneurshipLifestyle & Leisure

Hindari suasana kantor yang bikin stress karena akan memengaruhi kinerja menjadi kurang maksimal, berikut tips dan trik memperbaikinya!

Setiap pekerja pasti ingin memiliki suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan. Sayangnya, hal tersebut seringkali sulit tercipta akibat beberapa faktor yang tidak mendukung. Adapun beberapa faktor itu menyangkut faktor eksternal maupun internal dari seorang karyawan itu sendiri. Mulai dari faktor atasan, rekan kerja hingga beban pekerjaan bahkan sikap dari diri sendiri.

Namun, bekerja bukanlah semata-mata hanya untuk mencari rezeki saja, melainkan dengan bekerja kita juga bisa mengasah kemampuan kita dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Sebagai seorang pekerja kita tentu tidak bisa memilih keadaan kantor yang diinginkan sebelum akhirnya kita merasakan langsung bekerja di tempat yang kita pilih. Pastinya, yang harus diingat bahwa kita harus punya keberanian untuk bisa mengahadapi berbagai suasana kantor dengan bijak.

Baca juga: Investasi Online yang Bisa Dicoba Para Kawula Muda

Sayangnya, terkadang mental kita belum mampu menerima apabila berada pada suasana kantor yang kurang menyenangkan atau bahkan membuat stress berkepanjangan. Hal itu tentu akan mengganggu kesehatan fisik serta batin dikemudian hari. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai seorang pekerja tentu Anda harus revolusioner. Mengikuti program asuransi jiwa bisa menjadi cara mengatasi hal yang tidak diharapkan di kemudian hari. Dengan mengunjungi website broker asuransi online Futuready, Anda bisa menemukan berbagai produk asuransi jiwa yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Menciptakan suasana kantor yang kondusif dan nyaman bisa Anda mulai dari diri sendiri. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk menghindari terciptanya suasana kantor yang kurang menyenangkan.

Tips Membangun Suasana Kantor yang Kondusif

suasana kantor yang menyenangkan

Kalau bukan bermula dari diri sendiri maka siapa lagi? Menciptakan suasana kerja yang diharapkan, Anda bisa memulainya dengan mengevaluasi kualitas diri sendiri. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di kantor agar suasana tetap nyaman, diantaranya:

Menjadi Diri Sendiri, Tidak “Fake

Ingin dikenal dan dikagumi oleh rekan kerja, mungkin bisa berdampak positif dalam memotivasi Anda untuk bisa bekerja lebih baik lagi. Namun, kadang kala kita merasa ingin dikagumi oleh orang lain tapi dengan cara yang kurang tepat. Hal ini kemudian mendorong kita untuk menunjukkan sisi lain dari kita. Ujung-ujungnya, kita jadi sosok yang fake dan tidak apa adanya. Padahal, agar kita merasa nyaman berinteraksi dengan orang lain, kita haruslah menjadi diri sendiri yang apa adanya. Hal itu juga bisa membuat orang lain kurang respect dengan kita, lho.

Lunturkan Sifat Egoisme

Memang, dalam bekerja tentu kita punya beban pekerjaan masing-masing yang tak sama antara satu dengan yang lain. Namun, bukan dengan begitu kita jadi orang yang tidak peduli dengan sekitar dalam menyelesaikan pekerjaan. Sesekali kita akan terlibat dalam tim dan tentu saja hal itu membutuhkan kerja sama. Maka dari itu, penting sekali untuk belajar mengurangi dan bahkan menghilangkan sifat egois dalam diri agar siapapun merasa nyaman bekerja dengan kita.

Membatasi Diri Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain

Tiba-tiba ikut ngobrol ketika orang lain sedang membicarakan masalah serius, atau sering kepo dan mencampuri urusan orang lain tanpa diminta merupakan salah satu tipe rekan kerja yang bikin keki. kita perlu menghindari hal tersebut agar tidak menjadi orang yang menyebalkan di tempat kerja. Hargailah privasi orang lain agar rekan kerja pun menghargai privasi Anda.

Bentuk Diri Jadi Pekerja Disiplin dan Berkemauan Tinggi

Terlepas dari bagaimana pun cara Anda berinteraksi dengan orang lain, kepribadian Anda merupakan hal nomor satu yang harus terus diperbaiki. Di tempat kerja, jadilah orang yang disiplin dan tepat waktu baik dalam menyelesaikan tugas ataupun dalam hal lainnya.

Dengan disiplin, selain Anda membantu pekerjaan Anda bisa selesai dengan waktu dan hasil yang baik, Anda juga akan dinilai lebih oleh atasan. Ditambah sikap pantang menyerah dalam mengerjakan berbagai hal memungkinkan Anda untuk terus belajar.

Baca juga: Ingin Kerja Kantoran? Perhatikan Tipe-tipe Pekerjanya Yuk!

Jangan Lupa 3 Kata Kunci “Sorry, Please, Thank You”

Bekerja dengan orang lain tentu memerlukan tata krama dan aturan tidak tertulis mengenai cara berkomunikasi yang baik. Untuk itulah, kita harus sering bersikap sopan dan menghormati rekan kerja kita. Tidak peduli seberapa dekatnya kita dengan mereka, mereka tetaplah orang lain yang perlu kita hargai dan hormati.

Jadi, seringlah mengucapkan kata “maaf” jika melakukan kesalahan, “tolong” jika memerlukan bantuan, dan “terima kasih” ketika selesai dibantu oleh rekan kerja.

Hilangkan Sikap Malas

Sikap malas seringkali disebut sebagai penyakit. Sebab sikap malas ini terkadang sulit sekali dihilangkan karena sudah menjadi kebiasaan. Padahal sikap ini amat sangat merugikan Anda, apalagi jika Anda merupakan seorang pekerja kantoran. Sikap malas Anda akan berujung pada pekerjaan Anda yang terhambat dan memungkinkan timbul masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Bagi rekan kerja Anda yang mungkin satu tim dengan Anda, sikap malas Anda akan tercermin ketika Anda harus menyelesaikan satu pekerjaan yang sama. Tentunya, sikap malas tersebut akan membuat rekan kerja Anda menjadi terhambat pula pekerjaannya.

Trik Membangun Suasana Kantor yang Menyenangkan

Selain tips di atas, beberapa cara nyata yang sederhana bisa juga Anda lakukan untuk bisa membangun suasana kantor yang menyenangkan. Di bawah ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Perbanyak Senyum

ramah dengan teman kantor

Tersenyum adalah obat hati yang paling mujarab. Senyum akan membuat orang yang tadinya mungkin ingin marah menjadi lebih santai dan tidak jadi ingin marah kepada kita. Mulai sekarang biasakan tersenyum kepada siapa saja karena itu akan membuat mood kita selama seharian akan baik.

Melempar Lelucon

Suasana akan lebih cair atau bersahabat ketika satu sama lain antar karyawan saling berinteraksi. Contohnya adalah dengan membuat suatu lelucon atau pun menceritakan hal-hal yang lucu sehingga akan membuat orang-orang di sekitar Anda tertawa. Suasana yang seperti ini bisa menambah keakraban diantara karyawan. Maka dari itu sesekali melempar humor saat bagus karena bisa membuat suasana dalam bekerja bisa lebih santai dan tidak tegang.

Berbagi Makanan

Berbagi Makanan dengan teman kantor

Pada saat makan siang tiba, biasanya Anda akan berkumpul untuk makan bersama. Manfaatkan momen ini untuk bisa memperhangat suasana dengan saling membagi makanan antar rekan kerja. Dengan berbagi itu berarti kita telah memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Dengan begitu suasana akrab pun akan semakin tercipta sehingga suasana di kantor akan terasa selalu menyenangkan.

Mendengarkan Musik

Cara ini mungkin menjadi salah satu yang sudah tentu di lakukan oleh banyak pekerja untuk membuat suasana kerjanya menjadi lebih bersemangat. Dengan mendengarkan musik maka kita akan cenderung lebih santai dan juga senang dalam melakukan pekerjaan. Di waktu isitirahat Anda juga bisa sama-sama mendengarkan musik atau juga bernyanyi bersama satu lagu yang memang bisa dinyanyikan oleh semua sehingga itu bisa jadi suatu kebersamaan yang menyenangkan.

Baca juga: Musik Klasik, Jenis Musik dengan Segudang Manfaat

Dengan suasana kantor yang kondusif dan menyenangkan, melakoni pekerjaan di kantor pasti akan terasa mengalir begitu saja seperti air. Sebab, beban pikiran Anda terpelihara dengan baik hanya untuk terfokus pada tanggung jawab pekerjaan. Sedangkan, amunisi kesehatan mental dan fisik sudah Anda dapatkan dari lingkungan yang bersahabat. Jangan lupa jadikan tips dan trik di atas menjadi sebuah kebiasaan yang baik ya!

Comments are closed.