Manfaat Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

Entrepreneurship

Seberapa penting memiliki surat keterangan kerja? Lalu, apakah Anda tahu cara membuatnya? Yuk, simak selengkapnya!

Surat keterangan kerja sangatlah penting di era seperti saat ini. Keberadaannya dibutuhkan oleh tenaga kerja. Setidaknya, surat ini akan membuka peluang lebih lebar saat Anda terjun ke dunia kerja.

Perusahaan swasta, negeri, maupun perbankan membutuhkannya. Begitu pentingnya surat ini tentunya membuat Anda harus mempertimbangkan untuk memilikinya. Tapi, ternyata tidak semua orang memilikinya. Contohnya adalah orang-orang yang baru saja terjun atau baru saja mencari pekerjaan.

Pertanyaanya sekarang adalah apa yang dimaksud dengan surat keterangan kerja itu sendiri? Di sini kami akan mengulas tentang hal tersebut. Tentunya kami juga akan ulas tentang manfaat beserta cara membuatnya.

Baca juga: Membuat Surat Resign Kerja, Berikut yang Perlu Diperhatikan!

Apa Itu Surat Keterangan Kerja?

Begitu banyak dokumen yang diperlukan di dunia pekerjaan. Dokumen ini dibutuhkan untuk membuat prioritas kerja yang maksimal. Salah satunya adalah yang dikenal dengan surat keterangan atau referensi kerja.

Apa yang dimaksud dengan surat tersebut? Surat ini diartikan sebagai dokumen resmi yang berisi informasi dan konfirmasi dari posisi pekerjaan seseorang di sebuah perusahaan.

apa itu surat keterangan kerja

Sederhananya, surat ini mengandung sejumlah informasi penting dari seseorang. Informasi ini berupa posisi pekerjaan yang ditekuninya. Tujuan utamanya adalah sebagai dokumen konfirmasi.

Orang yang membuat surat ini adalah orang yang bekerja di bagian personalia. Bisa juga dibuat oleh seorang atasan. Normalnya, surat ini akan dibuat oleh sebuah perusahaan untuk melengkapi dokumen resminya.

Dengan melihat gambaran di atas, tentu saja Anda tidak bisa membuat sekehendak hati. Anda tidak akan bisa membuatnya sendiri. Hanya pihak perusahaanlah yang membuatkan surat keterangan kerja tersebut untuk Anda.

Manfaat Surat Keterangan Kerja

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari adanya surat tersebut. Manfaatnya lebih luas. Paling utama adalah untuk pemilik surat itu sendiri. Jika dijabarkan, manfaatnya adalah sebagai berikut ini.

Mempermudah dalam Melamar Pekerjaan

Tidak dipungkiri jika banyak orang yang berubah-ubah pekerjaannya. Pengalaman membuktikan kalau seseorang akan terus mencari jenis pekerjaan yang dinilai cocok untuk dirinya. Khususnya untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik dalam memperoleh gaji.

Catatan dari perusahaan lama akan sangat bermanfaat. Catatan ini bisa menjadi acuan bagi perusahaan yang dilamar. Menariknya, perusahaan lebih memprioritaskan seorang pelamar pekerjaan yang telah memiliki pengalaman di dunia kerja.

Begitupun dengan si pemilik surat keterangan ini. Pemiliknya akan memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima di perusahaan yang dituju. Sekali lagi, pengalamannya yang menjadi nilai plusnya.

Memudahkan dalam Mengajukan Beasiswa

Telah banyak buktinya kalau seorang tenaga kerja diminta untuk meningkatkan pendidikannya. Peningkatan pendidikan akan membuat seseorang lebih mudah menggapai posisi tertentu. Biasanya, hal ini juga diminta oleh perusahaan.

Bagi tenaga kerja yang ingin melanjutkan bangku pendidikannya, biasanya akan memilih beasiswa untuk membantu pembiayaan. Menariknya, universitas membebankan persyaratan bagi orang-orang tersebut. Yakni orang yang menginginkan beasiswa jalur profesional.

Tentu saja surat keterangan harus asli dan telah dilegalisir oleh pihak perusahaan atau pemerintah. Jika tidak, seseorang tidak memiliki kualifikasi untuk memperolehnya.

Memudahkan Verifikasi di Perbankan

Manfaat yang selanjutnya adalah mempermudah urusan yang berhubungan dengan perbankan. Mulai dari pembuatan rekening, kartu kredit sampai pinjaman keuangan. Perbankan membebankan syarat tersebut bagi orang tersebut.

Perbankan meminta seseorang untuk melampirkan surat tersebut dalam pembuatan rekening dengan catatan orang tersebut membuatnya di daerah lain. Maksudnya, domisili pembuatnya di daerah lain. Makanya, informasi ini sifatnya penting untuk proses verifikasi.

apa itu surat keterangan kerja

Begitupun dengan kartu kredit. Anda tidak bisa membuatnya tanpa melampirkan surat tersebut. Perbankan memiliki penilaian sendiri tentang siapa yang berhak untuk membuat kartu kredit.

Apalagi jika melakukan pinjaman seperti mengajukan KPR. Perbankan akan sangat selektif untuk memberikannya. Setidaknya, perbankan butuh surat ini sebagai dokumen terlampir.

Alasannya sangat sederhana. Pihak bank ingin memastikan bahwa peminjam memang bisa menjamin kalau dirinya mampu melunasi pembayaran nantinya. Peminjam masih dalam keadaan bekerja dan memiliki upah tiap bulannya.

Baca juga: Surat Lamaran Kerja yang Diincar Perusahaan

Cara Membuat

Perlu diingat bahwa yang membuat surat ini adalah seorang atasan di suatu perusahaan. Perusahaan akan menerbitkan surat ini sebagai bagian dari konfirmasi. Konfirmasi ini tentunya akan dipertanggung jawabkan.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya? Cara pembuatannya sebenarnya sangat mudah. Cukup penuhi elemen-elemen seperti yang disebutkan di bawah ini:

Kop dan Jenis Surat

Pada bagian pertama adalah kop surat yang berisi nama perusahaan yang membuatnya. Kemudian di bawahnya berisikan perihal atau jenis surat.

Isi

Di bagian isi, informasi tentang data pribadi akan disebutkan. Data yang diinformasikan adalah biodata dari pembuat surat dan yang dibuatkan (nama karyawan).

Selain itu, surat ini akan berisi tentang informasi posisi terakhir dari karyawan beserta lamanya bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, surat ini juga dilengkapi dengan penilaian perusahaan terkait karyawannya seperti pengakuan dan lain sebagainya.

Baca juga: Beragam Jenis Surat Kuasa dan Cara Membuatnya

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Penutup

Bagian yang terakhir adalah kalimat penutup yang biasanya telah dibuat standar. Intinya, bagian ini hanya menutup informasi yang telah disebutkan dalam isi surat sebelumnya.

Pengesahan

Untuk membuktikan keasliannya, ada juga bagian pengesahannya. Bagian ini berisikan tentang tanggal, nama pembuat, beserta tanda tangannya. Biasanya diletakkan di bagian kanan bawah surat.

Perlu digaris bawahi bahwa model pembuatannya sangat beragam. Tetapi isinya tetap sama. Yakni memberikan pengakuan dan penilaian bahwa karyawan itu merupakan bagian perusahaan.

apa itu surat keterangan kerja

Demikianlah ulasan mengenai manfaat beserta cara pembuatan surat referensi kerja. Pastikan untuk memintanya pada perusahaan untuk keperluan tertentu. Dengan memiliki surat ini, Anda akan memperoleh manfaat sebagaimana yang disebutkan di atas.

Comments are closed.