Tertarik Memulai Bisnis Wedding Organizer? Ini Caranya!

Entrepreneurship

Jasa bisnis wedding organizer akan sangat dicari oleh para pasangan yang ingin membuat membuat acara pernikahannya menjadi terkonsep dan memorable. Siap menekuni bisnis menyenangkan ini?

Bisnis wedding organizer merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sering dibutuhkan jasanya. Bagi pasangan yang sedang merencanakan pernikahan mereka ingin resepsi pernikahan yang berlangsung sekali seumur hidup, menjadi sebuah momen indah yang berkesan tidak hanya bagi mempelai tapi bagi para tamu undangan yang hadir.

Di sinilah peran wedding organizer yang bisa mengonsep sebuah resepsi pernikahan menjadi optimal dan maksimal yang bisa disesuaikan dengan bujet. Atas dasar tersebut maka tak heran bisnis wedding organizer mempunyai prospek yang bagus.

Baca Juga: Pelajaran Menikah Penting di Balik Pernikahan

Anda yang tertarik ingin memulai bisnis wedding organizer yang sukses, inilah caranya!

Modal Awal

Rencanakan modal yang sudah Anda rinci sebelum memulai bisnis wedding organizer, untuk awalnya bisa jadi membutuhkan modal besar. Persiapkan modal Anda untuk menyewa kantor, menyewa pakar hukum untuk membuat perjanjian dan kontrak terkait, membeli perlengkapan untuk fasilitas kantor, dan untuk bujet promosi. Hal-hal tersebut yang harus Anda pikirkan untuk modal awal saat ingin merencanakan bisnis wedding organizer.

Melihat Pasar

Akan lebih baik jika Anda mempelajari demografis pasar, dengan melakukan riset dan mencocokkan jasa layanan dari bisnis wedding organizer Anda untuk kebutuhan dan keinginan pasar. Demografis ini berguna untuk menjaring orang-orang untuk dijadikan target market Anda, yang meliputi umur, pendidikan, tingkat pendapatan, gender, dan lokasi.

Tujuan Bisnis

Sebagai pemilik dari bisnis wedding organizer yang akan Anda didirikan, buatlah tujuan bisnis yang realistis. Seperti menentukan target pendapatan, dan bagaimana cara mengolah pendapatan tersebut agar meningkat. Jangan lupakan juga tentukan pencapaian pribadi Anda sendiri, untuk mengasah kemampuan bisnis yang Anda geluti.

Portofolio

Salah satu cara mempromosikan bisnis Anda sebagai wedding organizer adalah portofolio. Masukkan foto-foto dari contoh pernikahan yang pernah Anda buat ke dalam portofolio, mulai dari dekorasi, meja resepsi, cake, pelaminan, dan lain sebagainya. Sertakan juga testimoni dan foto pernikahan dari teman dan saudara di mana Anda pernah berkontribusi. Jangan lupakan juga dengan daftar pernikahan beserta konsepnya yang telah pernah Anda buat.

Dapatkan Klien Pertama

Strategi jitu untuk mendapatkan kilen pertama dalam sebuah wedding organizer adalah Anda bisa menawarkan terlebih dahulu ke orang-orang terdekat  Anda, seperti adik, saudara atau teman yang sedang merencanakan pernikahan. Berikanlah harga diskon sebagai klien pertama, dan mengonsep acaranya dengan maksimal sehinga memberi kepuasan bagi Anda dan juga klien Anda.

Pasarkan bisnis Anda

Banyak cara dalam memasarkan bisnis saat ini, melalui berbagai platform media sosial juga bisa digunakan. Buatlah Facebook page atau juga Instagram, isilah dengan konten yang menarik dan up to date berisi tentang segala macam yang berhubungan dengan pernikahan termasuk foto-foto dari pernikahan yang Anda garap sebelumnya. Selanjutnya Anda juga bisa mengikuti wedding fair disitu Anda bisa mencetak brosur yang menarik dengan menawarkan berbagai paket-paket pernikahan yang menarik.

Baca Juga: Tips Hemat Biaya Pernikahan

Manusia tentunya sudah ditakdirkan untuk berpasang-pasangan untuk menikah, sehingga pernikahan menjadi momen penting untuk dirayakan bersama pasangan, keluarga, dan kerabat. Sehingga peran wedding organizer sebagai konsultan pesta pernikahan telah menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Leave a Reply