Tip Ide Membuat Nama Toko Bagus dan Menarik

Entrepreneurship

Memiliki nama toko bagus dan menarik tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis Anda? Apa saja pertimbangan untuk membuatnya?

Pernahkah Anda berpikir kenapa membuat nama toko bagus dan menarik menjadi hal yang sangat penting? Jika Anda belum pernah memikirkannya, berarti Anda sudah sangat jauh tertinggal cara berpikirnya?

Jika memang sepenting itu, pertanyaannya kemudian adalah sejauh mana pengaruhnya terhadap produk yang akan dijual? Lalu mengapa nama toko bagus dan menarik sangat penting?

Ada beberapa manfaat yang sangat jelas dari nama menarik untuk toko ataupun etalase daring Anda, misalnya saja seperti:nama usaha toko

  1. Bisnis Lebih Populer

Diakui ataupun tidak, para calon pembeli akan lebih mudah mengingat nama toko yang populer. Hal seperti ini sudah pasti akan lebih memudahkan proses pembelian serta penyebaran informasi dari mulut ke mulut, dan pada akhirnya jumlah pelanggan pun menjadi semakin bertambah.

  1. Mudah Dilacak Situs Pencari

Manfaat lain dari nama toko bagus dan menarik adalah mudah dilacak situs pencari. Artinya nama toko Anda tercantum di halaman teratas hasil pencarian Google. Nama toko yang mudah diingat serta populer memiliki kecenderungan yang lebih besar dikenali oleh algoritma Google. Pada akhirnya ketika ada seseorang ingin mencari porduk tertentu di Google, nama toko milik Anda akan muncul pertama kali.

Baca juga: Marketplace Indonesia Terpopuler, Mana Pilihan Anda?

  1. Lebih Mudah Menarik Pelanggan Baru

Nama toko bagus bisa membuat suatu bisnis tertentu cenderung lebih menonjol di antara bisnis serupa lainnya. Hal seperti ini tanpa disadari ternyata mampu memberikan keyakinan tambahan kepada para calon pelanggan baru untuk paling tidak berkunjung ke toko Anda.

  1. Mudah Mengikuti Tren Pencarian dengan Suara

Pada 2017 dan 2018, popularitas teknologi pencarian dengan suara atau voice search semakin meningkat. Dan nama yang bagus harus memiliki risiko salah ucup serendah mungkin.

Nama toko juga berfungsi untuk membangun sebuah loyalitas. Artinya ketika suatu nama sering terdengar dan sudah dikenal banyak orang, kesan positif terhadap bisnis tersebut juga harus semakin besar.

Kondisi inilah yang ternyata membuat seseorang lebih memilih toko yang terdengar familiar pada saat ingin mencari produk tertentu. Dan nama toko yang bagus dan menarik akan memberi keunggulan ini.

Baca juga: 8 Tahap Memulai Bisnis Startup yang Sukses dan Maju

Cara Menemukan Ide Nama Toko Bagus

Idealnya, mencari nama untuk toko ketika ide produk ataupun jasa sudah tersusun secara rapi. Kenapa demikian? Sebab identitas toko haruslah bisa mencerminkan konsep serta layanan atau produk utamanya. Berikut ini beberapa langkah ketika ingin membuat nama toko:

toko bagus terbaik

Pilihlah Kosakata yang Ada Kaitannya dengan Produk

Langkah pertama adalah identifikasi daftar produk ataupun jasa yang ingin Anda tawarkan. Sebaiknya minta bantuan kamus untuk membuat daftar kosakata yang mencerminkan produk ataupun jasa tersebut, baik dalam bahasa Inggris, Indonesia, atau bahkan bahasa daerah pun juga tidak apa-apa. Langkah pertama ini bisa Anda jadikan sebagai acuan supaya bisa menemukan kombinasi menarik.

Pelanggan Utama Jadi Bahan Pertimbangan

Ingat betul jika demografi dan karakter pelanggan adalah sebagai penentu gaya komunikasi serta promosi. Hal yang sama pun berlaku pada saat Anda membuat nama sebuah toko. Misalnya apakah Anda akan membuat kombinasi nama yang trendi, resmi, lucu, elegan, atau bahkan feminin. Semua itu tergantung pada sasaran pemasaran produk.

Riset Terhadap Pesaing

Untuk membuat sebuah nama toko yang unik lagi menarik, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan nama-nama toko maupun kios yang ada di area incaran Anda untuk proses pemasaran.

Temukan toko yang bisnisnya ada kemiripan dengan toko Anda. Nama seperti apa yang digunakan? Bagaimana strategi pemasarannya? Dan siapa yang menjadi sasarannya?

Buat Paduan Dua Kata Singkat

Nama toko rata-rata terdiri dari paduan dua kata, tidak terlalu pendek sehingga kurang berkesan atau terlalu panjang sehingga sulit untuk diingat. Dalam hal ini, Anda bisa memadukan dua kata berbeda yang bisa menggambarkan bisnis, atau Anda juga bisa melakukan pengulangan kata yang sama dengan sedikit variasi supaya lebih unik.

Baca juga: Ide Bisnis UKM Menggiurkan yang Dapat Anda Coba

Buat Daftar Beberapa Nama

Supaya nama toko Anda menjual, sebaiknya jangan berhenti pada satu nama saja. Dalam hal ini setidaknya buat 10 nama dengan berbagai variasi dari kosakata yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya. Selain itu, membuat banyak nama akan memberi lebih banyak opsi jika ada nama yang ternyata tidak bisa digunakan.

Ketersediaan Nama Harus Diperiksa

Supaya bisa menghasilkan sebuah nama toko yang apik, jangan lupa untuk memasukkan setiap nama toko yang sudah dibuat ke kotak situs pencari. Dan ketika nama tersebut sudah ada, sebaiknya jangan gunakan nama tersebut.

nama toko bagus

Terlebih lagi jika toko tersebut sudah terdaftar secara resmi atau sudah memiliki banyak pelanggan. Jangan lupa untuk mengeceknya di sumber-sumber seperti situs hak paten, baik di dalam maupun luar negeri.

Pertimbangkan Pranala Situs atau Akun Toko

Agar nama mampu menarik perhatian, sebaiknya pertimbangkan juga bagaimana cara membuat pranala alias URL situs, yakni deretan karekter yang Anda ketik di perambahan Firefox, Chrome, atau Edge untuk menuju ke suatu situs. Pastikan nama toko Anda mudah dieja ataupun diketik. Hal yang sama pun berlaku untuk nama akun dari media sosial toko Anda.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Logo dan Slogan Toko Menarik

Ternyata, logo dan slogan juga akan menentukan apakah toko milik Anda ini akan sukses ataukah tidak. Dan jika memang Anda ada niatan untuk mengembangkan bisnis, jangan pernah ragu untuk memesan jasa desainer serta copywriter untuk membuat logo dan slogan.

Ingat juga bahwa logo dan slogan ini akan Anda gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, sehinga selain nama toko yang menarik, logo dan slogan juga harus berkualitas sejak awal.

Comments are closed.