Trend Terbaru Bekerja Di Kantor Modern

EntrepreneurshipLifestyle & Leisure

Jangan hanya terpaku di kursi kantor saat bekerja. Trend terbaru bekerja di kantor modern jauh lebih canggih. Anda mau ketinggalan?

Masih terus bekerja di balik meja kantor? Daripada terjebak di satu tempat, lebih baik Anda membaca pelan-pelan trend terbaru bekerja di kantor modern ini. Setidaknya, Anda akan mulai sadar bahwa banyak cara untuk menyesuaikan cara kerja Anda dengan segala kemajuan teknologi dan modernitas yang terjadi di sekitar Anda.

Dan sebagai perbandingan, inilah beberapa trend yang kini telah diterapkan di beberapa kantor modern saat ini:

Pengalaman Menjadi Salah Satu Kualitas Utama

Tidak selamanya lho pengalaman diukur berdasarkan lamanya Anda bekerja di suatu perusahaan. Namun, kini pengalaman yang Anda miliki dari berbagai variasi latar belakang pengalaman pun diperhitungkan. Coba baca kembali, variasi latar belakang lho bukan hanya berada dalam satu ranah. So, para fresh graduate tak perlu lagi khawatir dengan rekan kerja yang sudah senior. Semuanya bisa saling mendukung dan bersaing secara sehat dengan berbagai ilmu, pengalaman, dan kemapanan kemampuan yang dimiliki masing-masing. Tip: Lengkapi CV Anda saat ingin diterima di kantor-kantor modern ini. Dan jangan hanya “menulis” sederet pengalaman dalam CV tanpa Anda benar-benar bisa menunjukkan apa yang bisa Anda lakukan dan beri kepada perusahaan nantinya.

Jam Kerja Fleksibel

Selama ini berapa jam lama Anda bekerja di kantor: Delapan atau sembilan? Perusahaan-perusahaan modern kini tak lagi menerapkan hitungan kaku seperti itu yang mengharuskan Anda bekerja selama delapan hingga sembilan jam hanya di dalam ruangan kantor. Jam kerja menjadi lebih fleksibel. Wait… fleksibel bukan berarti Anda bisa masuk dan pulang seenaknya lho. Jam kerja yang fleksibel ini dalam artian, saat Anda berada di luar kantor namun mengurusi keperluan kantor seperti meeting, menjalin networking, menghadiri acara undangan dari rekan kantor, semuanya itu masuk dalam hitungan jam kerja Anda. Perusahaan menginginkan Anda sebagai pegawainya tak hanya bekutat di meja kerja, namun juga bisa membangun sekaligus memperluas networking kepada rekan bisnis. Dengan demikian peluang bisnis perusahaan Anda semakin terbuka luas, kan?

Kantor Anda Bisa Di Mana Saja

Ini benar lho. Bukan berarti memang Anda bebas keluyuran. Tapi pikirkan dengan askes teknologi yang tersedia saat ini Anda bisa bebas bekerja di mana saja. Inilah salah satu trend bekerja di kantor modern saat ini. Perkembangan teknologi ini semakin memudahkan semua untuk bekerja di mana saja dan kapan saja. Bahkan hampir semua tempat umum seperti resto atau café yang setiap saat menyediakan Wi-Fi. Satu hal yang pasti, jangan sampai Anda hilang kontak dengan rekan kerja dan si bos. Anda harus bisa dihubungi setiap saat bila Anda sedang berada di luar.

BACA JUGA: Belanja Asuransi Online: Cepat Gak Pakai Ribet

Bebas Jadi Pegawai yang Vokal

Dulu, peraturannya: “Bos tidak pernah salah, kalau salah lihat lagi peraturan pertama”. Masihkah berlaku seperti itu? Jangan khawatir, trend bekerja di kantor modern suara semua pihak wajib didengar. Ide sekecil apa pun bebas Anda keluarkan. Dan bila suatu saat Anda tak sependapat dengan atasan Anda, ungkapkan dengan jelas. Jangan ragu untuk mengungkapkan apa pendapat Anda padanya asalkan Anda memang mempunyai bukti-bukti dan alasan yang kuat. Oh ya, hal terpenting sampaikan dengan tegas, baik, dan sopan.

Hubungan dengan Atasan dan Rekan Kerja Lebih Santai

Poin trend bekerja di kantor modern ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Efek dari kebebasan Anda untuk menyampaikan segala hal dan ide inilah yang akhirnya membuat kedekatan tersendiri sesama rekan kerja. Jarak antara atasan dengan Anda atau Anda dengan rekan kerja tak lagi menjadi jarak yang besar. Dalam artian obrolan dan hubungan yang terjadi lebih cair dan tidak kaku.

BACA JUGA: 4 Daftar Utama Persiapan Sebelum Berkeluarga

Batasan Bantuan untuk Rekan Kerja

Di kantor ketika melihat tumpukan kerja rekan kerja Anda mungkin ada rasa ingin membantunya. Memang selama ini mungkin Anda terbiasa untuk membantu rekan-rekan kerja yang membantunya. Namun pastikan prioritas Anda. Trend bekerja di kantor modern ini bukan memaksa Anda menjadi lebih individualis, namun sistem kerja dengan persaingan ketat membuat Anda harus selalu memprioritaskan pekerjaan sendiri. Bila rekan kerja meminta pertolongan Anda bisa dengan sopan membalas bahwa Anda sedang mengerjakan sesuatu. Nanti setelah pekerjaan Anda selesai, Anda bisa menawarkan bantuan kepadanya. Win-win solutions right?

BACA JUGA: 4 Risiko yang Dilindungi Asuransi Kecelakaan Diri

Kompetitor: Bahan Penyemangat

Dalam ajang bisnis biasanya kita sering menyebut perusahaan yang sejenis menjalankan usaha dengan perusahaan Anda bekerja sebagai kompetitor. Nah, dalam posisi ini biasanya kompetitor dijadikan ajang untuk bersaing memenangkan kompetisi di pasar untuk sebisa mungkin mendapatkan pembeli lebih banyak. Dulu, mungkin kompetitor dianggap sebagai ancaman. Namun, kini trend bekerja di kantor modern tidak lagi hanya memandang kompetitor sebagai pesaing. Kompetitor lebih dilihat sebagai bahan penyemangat untuk memacu kreativitas kerja. Jadi, kalau Anda bekerja di kantor modern sekarang ini dengan melihat kinerja kompetitor sebisa mungkin hasil kerja tersebut dapat membangkitkan usaha yang Anda lakukan untuk perusahaan Anda. Bahkan dengan target di atas kemampuan kompetitor dengan persaingan yang sehat.

Jadi, dengan semua penjabaran Futuready mengenai trend terbaru di kantor modern ini apakah Anda terpacu untuk mencoba tantangan baru atau mau tetap terpaku di kursi kantor saat bekerja? Keputusan tetap ada pada Anda. Namun, bila terbuka kesempatan untuk Anda nantinya semoga trend terbaru bekerja di kantor modern ini bisa jadi pembuka untuk Anda mengatahui kondisi yang berjalan sekarang ini. Good luck!

Leave a Reply