Pentingnya Mengonsep Visi dan Misi Perusahaan

Entrepreneurship

Mencapai sebuah impian membangun perusahaan yang maju dan sukses, tegakkan tonggak utama organisasi yaitu visi dan misi yang terkonsep matang.

 

Merencanakan sebuah bisnis yang diharapkan sukses di kemudian hari tidak lah mudah. Anda dituntut harus memiliki pandangan luas mengenai ranah bisnis yang Anda ambil. Bukan hanya itu, mengonsep visi dan misi bagi perusahaan yang kelak akan berdiri merupakan syarat utama supaya Anda dan rekan bisnis Anda paham komitmen mengenai perusahaan yang dibangun.

Visi dan misi sendiri adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam waktu tertentu.

Baca juga: Analisa Rencana dan Bahan Evaluasi Perusahaan Melalui Analisis SWOT

Semua organisasi  pasti memiliki visi dan misi masing-masing. Vision and mission ini digagas dan dirancang sedemikian rupa ketika organisasi tersebut didirikan dan menjadi pedoman dalam menjalankan organisasi. Hal tersebut harus dituangkan dalam bentuk tulisan agar semua pihak, baik internal maupun eksternal, mengetahui tujuan dari organisasi yang didirikan.

Walaupun keduanya merupakan satu kesatuan, pada dasarnya pengertian visi dan misi itu sebenarnya berbeda. Untuk menjelaskan lebih jauh maka kita perlu menggali kedua kata tersebut lebih dalam sebagai berikut.

Pengertian Visi

mengenal perbedaan visi dan misi

Secara umum, pengertian Visi adalah pandangan jauh ke depan dari individu atau suatu organisasi, berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai, dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut di masa depan.

Visi adalah rangkaian kata di mana di dalamnya menunjukkan suatu cita-cita, impian, atau tujuan yang ingin dicapai. Setiap organisasi umumnya memiliki visi atau tujuan di masa depan yang merupakan buah pikiran para pendiri organisasi tersebut.

Di dalam visi biasanya terdapat pandangan tentang arah suatu manajemen atau perusahaan tersebut akan dibawa. Secara ringkas, makna visi adalah sebagai berikut:

  • Visi adalah cita-cita atau tujuan suatu organisasi di masa depan yang dibuat secara tertulis.
  • Pengertian visi adalah suatu gagasan yang dibuat secara tertulis tentang cita-cita atau tujuan utama para pendiri suatu organisasi.
  • Visi dibuat dalam bentuk tulisan singkat, jelas, dan fokus, yang menjelaskan arah suatu organisasi.

Syarat-Syarat Visi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah visi, diantaranya:

  • Berorientasi pada masa depan.
  • Sebagai wujud ekspresi kreativitas.
  • Tidak berdasar pada kondisi saat ini.
  • Berdasar pada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan kepada masyarakat.

Pengertian Misi

Secara umum pengertian misi adalah segala sesuatu (strategi, tindakan) yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi. Misi organisasi merupakan tujuan dan alasan berdirinya sebuah organisasi dan menjadi pedoman dan arahan dalam mencapai tujuan organisasi.

Pengertian misi dapat juga didefinisikan sebagai penjabaran suatu visi dimana penulisannya dibuat dengan lebih lengkap sehingga dapat dipahami setiap orang yang membacanya. Secara ringkas, makna misi adalah sebagai berikut:

  • Misi adalah semua penjabaran dari visi suatu organisasi.
  • Misi adalah strategi, tindakan, atau berbagai tahapan yang harus dilakukan suatu organisasi untuk merealisasikan visi.
  • Misi adalah berbagai tahapan yang dilakukan untuk merangsang terjadinya pencapaian visi suatu organisasi.

Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang keorganisasian pernah menjelaskan tentang pengertian vision and mission, diantaranya adalah:

  • Aditya

Menurut A. Aditya, pengertian visi adalah pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa mendatang.

Mita B. H

Menurut Mita B. H, arti visi adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa yang akan datang.

Baca juga: Serba-serbi Proposal Bisnis yang Perlu Anda Pahami

Indrakaralesa

Menurut Indrakaralesa, pengertian visi adalah refleksi berbagai keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang berbagai hal, termasuk tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.

Djamaludin Ancok

Menurut Djamaludin Ancok, pengertian visi adalah statement yang berisi arahan yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan oleh suatu organisasi di masa depan.

Arry Akhmad Arman

Menurut Arry Akhmad Arman, pengertian visi adalah pernyataan yang mendefinisikan sesuatu yang ingin dicapai individu atau sebuah organisasi di masa depan. Sedangkan pengertian misi adalah pernyataan-pernyataan yang menjelaskan apa yang sedang dan akan dilakukan atau yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

Burt Nanus

Menurut Burt Nanus, arti kata visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.

Wibisono

mengenal perbedaan visi dan misi

Menurut Wibisono, pengertian visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan pengertian misi adalah penetapan sasaran atau tujuan perusahaan dalam jangka pendek (1 – 3 tahun).

Sapta Nirwandar

Menurut Sapta Nirwandar, pengertian misi adalah langkah atau kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.

Edwin A. Locke

Menurut Edwin A. Locke, pengertian misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi suatu organisasi.

Perbedaan Visi & Misi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vision and mission adalah satu kesatuan, namun masing-masing memiliki perbedaan dalam pengertian. Berikut adalah perbedaan keduanya:

  • Visi adalah cita-cita, tujuan utama yang ingin dicapai suatu organisasi di masa depan. Misi adalah penjabaran tentang strategi, tindakan, dan tahapan dalam upaya merealisasikan visi.
  • Visi merupakan tujuan jangka panjang dan berorientasi pada masa depan. Misi merupakan tujuan jangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
  • Pada umumnya visi sifatnya permanen dan sangat berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi suatu organisasi. Misi dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi namun tetap mengacu pada visi.
  • Pada umumnya visi dibuat dalam deretan kalimat yang singkat, padat, jelas, serta dapat mewakili semua hal. Misi dibuat dalam bentuk kalimat yang lebih panjang dan dijabarkan lebih panjang dibandingkan visi.
  • Visi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum. Misi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya khusus dan lebih terperinci.

Manfaat Visi Misi Bagi Organisasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa vision and mission dalam sebuah organisasi punya peranan yang sangat penting. Mengacu pada pengertian vision and mission di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat vision and mission dalam organisasi:

Baca juga: Pahami Pentingnya Bisnis Plan dan Cara Membuatnya

Manfaat Visi

  • Menjadi media untuk menjembatani kondisi organisasi saat ini dan di masa depan.
  • Meningkatkan standar kerja yang lebih baik.
  • Menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi.
  • Menumbuhkan dan meningkatkan tanggungjawab dan etos kerja karyawan.

Manfaat Misi

mengenal perbedaan visi dan misi

  • Menentukan tujuan dasar sebuah organisasi.
  • Menciptakan kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya.
  • Menjadi pedoman dalam membuat rencana bisnis.
  • Membantu individu untuk mengidentifikasi tujuan organisasi.
  • Memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan.
  • Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan visi organisasi.
  • Memberikan dan menterjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi.

Setelah mengenal lebih dalam apa itu visi misi, jika Anda hendak membangun sebuah perusahaan maka perannya sebagai tonggak awal organisasi sangat lah penting. Jadi, sudahkah Anda memiliki gambaran terkait visi misi perusahaan yang akan Anda bangun?

Comments are closed.