10 Cara Mudah Mewujudkan Kumpul Keluarga Bahagia

Family

Keluarga bahagia bukan hal yang sulit didapatkan. Ada banyak cara mudah dan sederhana yang tentunya bisa dilakukan untuk kumpul keluarga bersama. Mau tahu?

Memiliki keluarga yang bahagia adalah impian semua orang yang sudah berumah tangga. Namun, kenyataannya tidak semua bisa mewujudkan keinginannya tersebut dikarenakan beberapa hal. Contohnya, ikatan emosional keluarga yang tidak harmonis, kurangnya sosialisasi sehingga mereka bertingkah seperti orang asing di rumah sendiri, dan contoh-contoh lainnya.

Jangan patah semangat. Semua hal di atas bisa diubah asalkan ada niat dan usaha untuk mencapainya. Juga tidak pernah ada kata terlambat untuk meraih kebahagiaan untuk seluruh keluarga Anda. Tidak melulu harus berupa hal yang rumit dan mahal. Ada banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa Anda jadikan tradisi untuk menciptakan ikatan keluarga yang kuat. Lalu, apa saja cara mudah dan sederhana yang bisa mewujudkan keluarga bahagia?

Baca juga: Jaga Diri dan Keluarga dari Hal Buruk dengan Cara Ini!

Tradisi Kumpul Keluarga

Pada saat anak-anak telah menginjak usia dewasa, ajaklah ia ke tempat di mana tempat-tempat bersejarah keluarga Anda terjadi. Mulai dari tempat pertama kali Anda dan Istri bertemu pertama kali, atau mengunjungi lokasi pertama kali Anda dan istri menempati tempat tinggal. Daerah-daerah masa kecil Anda ataupun istri yang mempunyai kenangan tersendiri.

Visi dan Misi Bersama

Keluarga itu laiknya sebuah perusahaan yang harus kita jaga dan bina untuk tercipta sebuah kebahagiaan. Keluarga adalah orang pertama di saat Anda butuh apa saja untuk merasakan rasa nyaman dan kehangatan. Buat visi dan misi untuk keluarga Anda, demi keluarga menjadi solid dan kuat.

Baca juga: 3 Resolusi Keluarga 2019 yang Mudah Dilakukan

Rutin Melakukan Kegiatan Kumpul Keluarga

Ajak keluarga Anda setidaknya seminggu sekali untuk melakukan kegiatan kumpul keluarga bersama. Seperti kerja bakti di rumah, olahraga bersama, bersepeda, memasak bersama, berkebun, menonton film, dan lain sebagainya. Dengan begitu kelarga akan kompak dan solid, dan menjadi dekat satu dan yang lainnya.

Berpamitan Sebelum Pergi

Tidak perlu memberikan kado mahal, dengan membiasakan diri untuk selalu berpamitan setiap kali hendak berpergian baik itu perjalanan jauh ataupun hanya mampir ke tetangga, sudah menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menuju keluarga bahagia. Pasalnya, mereka menyadari bahwa hidup tidaklah sendiri lagi, melainkan ada beberapa anggota keluarga lainnya yang harus dihormati dan dihargai.

Kumpul Keluarga Makan Malam Bersama

Ada studi menunjukkan bahwa kebiasaan makan malam bersama keluarga dapat memperbaiki komunikasi antara anggota keluarga, memperkuatan ikatan keluarga, meningkatkan prestasi akademik, hingga bahkan mampu menjauhkan anak-anak dari kebiasaan merokok, alkohol, dan narkoba. Oleh karena itu, jika hubungan keluarga Anda jauh dari kata bahagia, tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini dan pastikan makan malam bersama harus rutin dilakukan. Jika sibuk, tidak perlu setiap hari, tetapi setidaknya dalam satu minggu ada satu atau dua kali makan malam bersama keluarga. Namun, jika tetap kesulitan meluangkan waktu untuk makan malam bersama, cobalah untuk sarapan pagi bersama keluarga.

Baca juga: Ini Strategi Jitu Memenuhi Kebutuhan Keluarga

Liburan Bersama

Apa pun kegiatan yang dilakukan bersama-sama pasti akan memberikan dampak positif untuk hubungan keluarga tersebut. Salah satunya adalah liburan bersama keluarga. Jangan pernah menganggap bahwa liburan itu harus membutuhkan biaya yang mahal. Anda salah besar. Tidak semua liburan harus mengeluarkan uang banyak, lho. Coba deh luangkan waktu tiga bulan sekali untuk mengajak keluarga Anda liburan. Baik itu hanya menginap satu atau dua malam saja atau libur panjang seperti liburan ke luar negeri yang membutuhkan waktu lebih lama. Semua orang tahu bawa berlibur bisa jadi salah satu cara untuk membuat suasana hati jadi lebih bahagia.

Jangan Gengsi Menujukkan Kasih Sayang

Jika Anda sayang, katakanlah! Jangan pernah merasa gengsi untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang Anda kepada anggota keluarga. Pasalnya, setiap orang membutuhkan kasih sayang, meski itu bukan hanya bahasa cinta yang diluapkan. Tetapi Anda juga harus menunjukkan perasaan itu dengan tindakan. Contoh, mengecup kening pasangan setiap pagi.

Pererat Kedekatan Anak dengan Kakek dan Nenek

Seringlah mengajak anak Anda berkunjung ke rumah kakek dan neneknya. Dari situ akan terjalin hubungan antara cucu dan kakek-neneknya. Anak-anak pasti akan senang, dengan cerita masa kecil Anda, bersama om dan tante mereka.

Manfaatkan Waktu Bersama Anak

Anda harus bisa mempunyai dan memanfaatkan waktu khusus bersama anak-anak. Anak harus diarahkan dengan baik, untuk membentuk karakternya. Caranya bisa mengobrol secara langsung, melakukan kegiatan di luar, dan hal-hal yang berinteraksi langsung kepada anak. Kedekatan ini bisa mengarahkannya untuk selalu terbuka kepada Anda sebagai orangtua. Jadi, anak tidak akan ragu dan takut untuk berbagi dan menceritakan semua kegiatannya dan juga permasalahan yang dihadapinya.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Saling Mendukung

Jika sudah berkomitmen ingin berumah tangga, tentu harus bisa membiasakan diri untuk mendukung apa pun yang dilakukan pasangan selagi tindakan itu positif. Sebab, jika di dalam diri masing-masing menanamkan hal ini, percayalah keluarga Anda akan bahagia.

Dari semua tip di atas, adakah yang sulit untuk dilakukan? Pastinya tidak akan bukan? Sebab, semua kegiatan di atas, bisa dilakukan dengan mudah asalkan ada komitmen dan memiliki tujuan yang sama, yaitu keluarga bahagia.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mendekatkan diri dengan keluarga. Lakukan secara perlahan mulai dari hal-hal yang selama ini Anda anggap sangat sederhana. Bisa jadi semua hal kebiasaan sederhana itu justru yang dengan mudah telah melekat dan membuat anggota keluarga lain bersemangat dan bahagia.

Comments are closed.