3 Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan 2019

Family

Biaya pernikahan 2019 tentu akan lebih mahal dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh karena itu, untuk Anda yang berencana menikah tahun depan, yuk mulai merencanakannya dari sekarang dengan mengikuti 3 trik jitu berikut ini.

Setiap pasangan muda pasti akan ada saatnya untuk memikirkan ke arah yang lebih serius lagi, yaitu sebuah penikahan. Setiap orang tentu memiliki mimpi pernikahan yang berbeda-beda. Pernikahan merupakan momen sakral yang pastinya hanya ingin dilakukan satu kali dalam seumur hidup. Oleh karena itu, hampir semua pasangan yang ingin menikah, akan berusaha penuh untuk mempersiapkan pernikahan yang sangat berkesan.

Namun, di balik mimpi pernikahan tersebut, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Bukan hanya mental dan juga waktu yang diinginkan, tetapi yang jauh lebih penting dari itu semua adalah perencanaan keuangan pernikahan.

Perencanaan keuangan pernikahan harus dipersiapkan secara matang. Mulai sewa gedung, biaya katering, dekorasi, undangan, suvenir, gaun pengantin, biaya rias pengantin, seragam keluarga, akomodasi, dan masih banyak pernak-pernik biaya tambahan lainnya. Tidak mudah memang mempersiapkan biaya pernikahan apalagi setiap tahunnya biaya pernikahan akan semakin mahal.

Sisihkan Gaji untuk Tabungan Pernikahan

Mempersiapkan biaya pernikahan 2019 dibutuhkan komitmen yang kuat antara Anda dan juga pasangan. Khususnya dalam menyisihkan gaji untuk tabungan pernikahan setiap bulannya. Dalam menyisihkan gaji untuk tabungan pernikahan Anda harus diskusikan untuk menyepakati berapa persen dari gaji yang harus ditabung untuk biaya pernikahan. Menyisihkan gaji 20-40 persen untuk biaya pernikahan 2019 memang cukup sulit dan banyak yang harus dikorbankan. Namun, jika Anda menjalaninya dengan semangat dan tujuannya untuk menikah, pasti semua kesulitan itu akan teratasi dengan mudah. Oh iya, pastikan pula bahwa Anda dan pasangan tidak akan menggunakan tabungan tersebut untuk keperluan di luar pernikahan hingga waktu yang telah disepakati.

Rencanakan Biaya Pernikahan 2019

Mempersiapkan biaya pernikahan 2019 tidak lepas dari anggaran pernikahan itu sendiri. Jadi, Anda harus mulai merencanakannya dari jauh-jauh hari agar Anda bisa memprediksi berapa besar biaya yang akan dikeluarkan. Untuk memudahkan dalam membuat perencanaan, ada baiknya Anda diskusikan terlebih dahulu konsep pernikahan tersebut. Misalnya mengusung konsep nasional atau pernikahan dengan nuansa adat. Biacarakan oleh kedua belah pihak keluarga agar semua keinginannya bisa tertampung dan mendapatkan jalan keluar yang disetujui bersama.

Jika konsep pernikahan sudah disepakati, selanjutnya Anda mulai mempersiapkan anggaran pernikahan dengan melakukan survei ke beberapa vendor, seperti katering, gedung, sanggar rias, dekorasi, dan lainnya. Usahakan untuk melakukan survei ini jangan hanya dilakukan ke satu vendor saja. Anda harus melakukannya kebeberapa vendor untuk mendapatkan perbandingan harga yang sesuai dengan kesanggupan Anda.

Investasi untuk Menambah Dana Pernikahan

Mengikuti berbagai program investasi dapat menjadi salah satu solusi jika Anda merasa dana pernikahan menjadi membengkak. Salah satu investasi yang bisa Anda coba adalah dengan membeli emas karena sifatnya yang mudah dicairkan dan harganya cenderung stabil. Dalam melakukan investasi tidak perlu tergesa-gesa untuk langsung bermain dengan nominal besar. Anda dan pasangan bisa berinvestasi dari nominal kecil, misal dengan membeli emas batangan mulai dari 1 hingga 5 gram.

Comments are closed.