4 Hal-hal Positif Bila Anda Bekerja dari Rumah

Family

Memutuskan untuk bekerja dari rumah bisa jadi keputusan yang menuai pro dan kontra. Namun, pernahkah terpikir jika bekerja dari rumah sebenarnya memiliki banyak keuntungan?

Apa pun statusnya, sudah berkeluarga atau sendiri, pilihan bekerja dari rumah memang pilihan yang menggiurkan. Apalagi alsannya kalau bukan karena kebutuhan makin meningkat saat ini memaksa kita untuk bekerja lebih keras, bila dulu cukup hanya dengan ayah yang bekerja sekarang ibu pun harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sering kali dengan bekerjanya kedua orangtua, anak menjadi kurang diperhatikan dan tidak jarang hal ini akan membuat permasalahan baru di keluarga. Lalu bagaimana caranya bila kedua orangtua bekerja tetapi masih bisa mengurus rumah tangga dan anak dengan baik? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan bekerja dari rumah. Cara ini merupakan salah satu alternatif yang cocok supaya Anda tetap mendapat penghasilan tetapi masih bisa mengurus rumah tangga dan buah hati lebih dekat.

Ternyata, sudah banyak yang melakukan cara ini, terutama untuk para ibu yang memiliki kewajiban lain selain bekerja. Bekerja dari rumah memiliki banyak keuntungan dibandingkan bekerja di kantor. Selain terhindar dari segala peraturan dalam kontrak kerja, ada juga beberapa keuntungan lainnya yang mungkin belum pernah Anda sadari. Berikut ini ulasannya!

Baca Juga: Bekerja di Rumah Tanpa Masalah

Lebih Mudah Mengatur Waktu

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di kantor, tentunya salah satu konsekuensi yang didapat, yaitu sebagian waktu yang dimiliki setiap harinya akan habis di kantor. Belum lagi Anda juga harus mengikuti semua aturan yang dibuat oleh perusahaan. Tentunya hal ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi ketika bekerja di perusahaan orang. Mungkin untuk yang masih sendiri, hal-hal di atas tidak menjadi beban yang berlebih, karena Anda masih fleksibel. Itu semua berbanding terbalik jika sudah berkeluarga, apalagi sudah memiliki anak. Anda harus pintar membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan keluarga.

Ada cara yang bisa mengatasi itu dan Anda akan lebih mudah mengatur waktu, yaitu dengan cara bekerja dari rumah. Mungkin pilihan ini cukup berat, karena status Anda akan berubah menjadi pekerja part time. Namun, tidak sedikit pekerja kantoran akhirnya “lompat” mengambil cara ini, alasannya jelas untuk keluarga. Jika Anda bekerja dari rumah, tentunya Anda bisa mengatur waktu lebih mudah antara pekerjaan dan keluarga. Pekerjaan beres dan urusan rumah pun terselesaikan dengan baik. Anda juga bisa lebih memperhatikan perkembangan anak-anak, serta memiliki waktu istirahat yang lebih banyak.

Baca Juga: Terus Bekerja atau Buka Usaha?

Minimalisirkan Pengeluaran

Salah satu keuntungan bekerja dari rumah, yaitu secara otomatis pengeluaran perbulan akan lebih sedikit dibanding harus bekerja di kantor. Pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan parkir. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang karena Anda bisa memasak makanan di rumah sekaligus untuk anak dan suami.

Mengurangi Tingkat Stres

Bekerja dari rumah pasti Anda akan lebih merasa senang, tenang, dan nyaman. Ketiga hal di atas akan mengurangi Anda dari tingkat stres yang selama ini dirasakan di kantor. Selain itu, Anda juga akan lebih konsentrasi dalam bekerja karena tidak ada gangguan dari mana pun sehingga pekerjaan cepat terselesaikan dan Anda bisa memiliki waktu yang lebih produktif lagi untuk urusan lainnya.

Lebih Dekat dengan Keluarga

Supaya bisa mengurus rumah tangga dan memantau perkembangan anak-anak merupakan salah satu hal yang paling banyak dijadikan alasan untuk para ibu rumah tangga memilih bekerja di rumah. Pada dasarnya mereka tidak ingin kehilangan momen bersama si kecil untuk menyaksikan dan mendampingi tumbuh kembangnya. Hal itu tidak akan pernah dirasakan ibu yang bekerja di kantor, karena memiliki waktu yang minim sekali untuk bertemu dan memantau sang buah hati. Dengan bekerja dari rumah, tentunya Anda akan meresakan jauh lebih dekat dengan keluarga.

Sekarang, sudah banyak jenis-jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, seperti freelance di perusahaan atau berwirausaha dengan membuka toko dengan berbasis online. Seiring pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki, tentunya banyak cara yang bisa diwujudkan. Anda bisa berwirausaha dengan pengalaman yang pernah didapatkan dari tempat bekerja sebelumnya. Jika masih ragu berwirausaha, mungkin Anda bisa mengajukan bekerja secara part time dengan kemampuan yang dimiliki. Terpenting, semua itu bisa dikerjakan dari rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Langkah Memulai Bisnis Food Truck

Leave a Reply