5 Cerita Anak Negeri Dongeng Paling Populer Sepanjang Masa

Family

Hingga sekarang, cerita anak negeri dongeng apa yang masih Anda ingat? Apakah Anda kini terbiasa menceritakan berbagai cerita anak negeri dongeng sebelum tidur?

Semua kenangan menyenangkan sejak masa kanak-kanak memang sulit dilupakan. Anda bebas bermain hingga seluruh baju kotor. Sesekali kena marah karena menolak tidur dan masih asyik bermain. Apalagi sesi seru sebelum tidur bila orangtua gemar menceritakan cerita anak negeri dongeng. Bisa jadi, Anda belum bisa membaca saat itu, namun semua narasi yang dibacakan Ibu atau Ayah Anda akan membangun imajinasi-imajinasi tersendiri.

Saat ini, setelah Anda menjadi orangtua dari anak-anak Anda yang begitu berharga apakah kebiasaan ini juga masih Anda terapkan di rumah? Membacakan cerita anak negeri dongen sebelum tidur. Hingga, menemaninya terlelap.

Manfaat Membacakan Anak Cerita Negeri Dongeng

Rutinitas membacakan anak cerita negeri dongen bisa dibilang sederhana, namun manfaatnya begitu besar bagi si Kecil.  Margaret Kristin Merga dalam penelitiannya, Interactive Reading Opportunities Beyond the Early Years: What Educators Need to Consider, yang diterbitkan Sage Journals, mengutarakab bahwa:

  1. Kebiasaan membaca bersama anak menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak Anda. Kemampuan ini meliputi kemampuan mendengar, mengeja, dan membaca dengan benar sekaligus menambah kosa kata hingga meningkatkan kemampuan literasi anak.
  2. Melalui membaca bersama anak juga meningkatkan interaksi sosial antara orangtua anak. Sehingga anak Anda kelak akan membangun perilaku positif melalui kebiasaan membaca.
  3. Saat Anda mendampingi si Kecil dan menceritakan anak cerita secara lantang, bagian-bagian otak anak akan bereaksi dengan narasi yang Anda bacakan dan mengembangkan daya imajinasinya.
  4. Tak hanya bermanfaat untuk dirinya dan hubungan dengan orangtua saja. Di sekolah, si Kecil pun akan terbiasa untuk membagi pengalamannya membaca bersama Anda dan tak ragu untuk membaca di sekolah di depan teman-temannya yang lain.

Apa cerita negeri dongen favorit Anda dari kecil hingga sekarang? Sebagai inspirasi dalam mencari buku cerita dongeng, yuk kita lihat lima cerita anak negeri dongeng terbaik berikut ini!

Pinocchio

Cerita tentang si boneka kayu yang kemudian hidup menjadi anak laki-laki ini pasti sudah begitu lekat di ingatan Anda. Pinocchio lahir dari novel asli yang berjudul The Adventures of Pinocchio karangan seorang penulis asal Italia bernama Carlo Collodi pada 1883. Baru setelahnya, pada 1940 Walt Disney mengangkat Pinocchio ke layar lebar.

Kisah anak negeri dongeng ini begitu berisi dengan nilai-nilai yang bisa Anda ajarkan untuk si Kecil. Lewat sosok Pinocchio Anda bisa mengajarkan si Kecil untuk bisa berani, jujur, dan tidak egois. Iya berani dan tidak egois untuk menolong kembali ayahnya yaitu Geppetto yang tertelan ikan paus raksasa. Juga berusaha jujur, kalau tidak hidung Pinocchio.

Cinderella

Sepatu kaca, kereta labu, dan pangeran. Sepertinya, itulah kata-kata kunci cerita anak negeri dongen Cinderella. Cerita mengenai Ella ini bisa menjadi pilihan Anda untuk sesi dongeng sebelum tidur. Meski Cinderella kehilangan orangtuanya dan menerima kekejaman dari Ibu tiru dan saudari tirinya, pada akhirnya ia hidup berbahagia bersama pangeran. Sebab selama hidupnya, Cinderella selalu mengingat perkataan ibunya untuk berani dan menjadi orang yang baik. Meski selalu diperlakukan tidak adil, namun ia tetap baik kepada ibu dan saudari tirinya.

Snow White and The Seven Dwarfs

Kecantikan Snow White menjadi alasan Sang Ratu mengincarnya. Sang Ratu yang sombong dan kejam takut akan kecantikan Snow White akan melampaui dirinya. Sang Ratu sampai mengutus Huntsman untuk membunuh Snow White di tengah hutan. Namun ternyata Snow White ditolong tujuh kurcaci yang baik hati. Sayangnya, Sang ratu berhasil menyamar sebagai seorang nenek tua yang membawa apel beracun kepada Snow White, yang akhirnya jatuh tertidur selamanya dan hanya bisa dibangunkan oleh ciuman seorang pangeran.

Cerita negeri dongen Snow White and The Seven Dwarf ini pertama kali diperkenalkan oleh Walt Disney pada 1937 melalui film animasi asal Amerika Serikat. Cerita ini ditulis oleh Brothers Grimm, penulis cerita anak asal Jerman. Snow White and The Seven Dwarfs merupakan film animasi full-length pertama dan seri awal Walt Disney Animated Classics.

Little Red Riding Hood

Di tengah perjalanan, Little Red Riding Hood yang diminta ibunya mengantar makanan untuk neneknya yang sedang sakit bertemu serigala jahat. Setelah segala tipu daya yang dilakukan serigala, akhirnya ia bisa menemukan rumah nenek Little Red, hingga akhirnya serigala tersebut memakan gadis kecil tersebut beserta neneknya dan tertidur pulas.

Versi pertama cerita ini yang diperkirakan dirilis sekitar abad ke-17 dan ditulis pertama kali oleh Charles Perrault berakhir di sana. Namun, ada beberapa penulis baru yang membuat akhir cerita ini berbeda dan berakhir bahagia. Little Red dan neneknya tidak jadi dimakan serigala, sebab seseorang di hutan menolong mereka.

Three Little Pigs

Cerita anak negeri dongeng Three Little Pigs ini benar-benar menggemaska. Pertama kali dirilis pada tahun 1890 oleh James Orchard Halliwell-Phillips dan masuk ke dalam kumpulan dongeng The Nursery Rhymes of England. Seperti judulnya, Anda akan menemukan petualangan tiga babi bersaudara yang mencoba lolos dari kejahatan serigala lapar. Sayangnya, hingga akhir cerita hanya babi kecil ketiga yang dapat lolos dari serigala karena kecerdikannya memasang perangkap.

Semua cerita negeri dongen di atas bisa menjadi pilihan Anda untuk diceritakan kepada si Kecil. Bila hingga kini, Anda belum terbiasa untuk mendongengkan cerita kepada anak sebelum tidur, mulailah! Ada banyak sekali manfaat yang bisa si Kecil dapatkan. Apakah Anda punya cerita negeri dongen lain yang selama ini menjadi favorit si Kecil? Yuk, berbagi kepada kami semua!

Comments are closed.