5 Ide Berakhir Pekan Tanpa ke Mal

Perkuat ikatan emosional dengan si kecil melalui kegiatan seru saat akhir pekan.

Family

Perkuat ikatan emosional dengan si kecil melalui kegiatan seru saat akhir pekan.

Bagi orang tua yang bekerja, akhir pekan merupakan waktu berharga untuk menikmati kebersamaan dengan buah hati. Mal memang pilihan paling praktis untuk berakhir pekan di luar rumah bersama si kecil. Namun bila setiap minggu mengunjungi mal, lambat laun anak akan bosan. Selain mal, sebenarnya ada banyak tempat dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama si kecil. Tidak sekadar bermain, aktivitas edukatif membuat anak belajar hal baru dan kreativitasnya terlatih. Inilah di antaranya:

1. Kursus kerajinan tangan
Kini, banyak tempat yang menyediakan workshop atau kursus singkat kerajinan tangan untuk anak-anak saat akhir pekan. Mulai dari membuat clay, keramik, paper quilting dan lainnya. Kegiatan semacam ini tentunya bisa melatih kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan, sekaligus menambah kedekatan Anda dengan anak.

Tempat kursus kerajinan tangan ini banyak tersebar di Jakarta dan Bandung. Beberapa di antaranya seperti, Hobby Craft Studio, Craftmania, Terracotta, dan Crayon's Craft.

2. Museum
Siapa bilang museum membosankan? Kini, pilihan museum semakin banyak dan biasanya mereka menggelar acara yang cukup menarik bagi anak-anak. Melalui wisata yang terbilang murah dan praktis ini, wawasan buah hati Anda bisa bertambah.

Di Jakarta, museum banyak ditemukan di kawasan Kota Tua, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, dan lain-lain.

3. Kebun Binatang
Tempat yang satu ini akan menjadi favorit anak-anak. Selain untuk refreshing, kebun binatang bisa menjadi sarana edukatif bagi anak untuk mengenal dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan.

4. Pantai
Pantai selalu menarik bagi anak-anak. Di pantai, Anda dan keluarga dapat menikmati kebersamaan dengan melakukan aktivitas yang menarik, seperti main pasir dan berenang sambil menghirup udara yang segar.

5. Outbond
Bila anak suka bermain di alam terbuka, perkenalkan dengan permainan outbound. Aktivitas ini tak hanya melatih kemampuan teamwork anak, namun juga meningkatkan percaya dirinya.

Beberapa tempat outbound yang sering menjadi tujuan adalah Sungai Citarik dan Sungai Citatih di Sukabumi, Cibodas di Puncak, atau Lembah Gunung Salak Camp di Bogor.

Leave a Reply