7 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Awal

Family

Sebagai orangtua kita tentu memiliki harapan terbaik untuk mengerahkan segala sesuatunya demi pendidikan terbaik bagi anak. Termasuk dalam merencanakan dana pendidikan untuk anak sangat perlu dipersiapkan sedari dini.

Mempersiapkan Pendidikan untuk anak diperlukan perencanaan yang matang, agar anak mendapatkan Pendidikan terbaiknya saat ia bersekolah nanti. Karena kalau Anda menggangap sepele hal tersebut, bisa menjadi bumerang yang nantinya bisa membebani keuangan Anda.

Cek berbagai asuransi terbaik untuk Anda dan keluarga. Cari, bandingkan, dan pilih sesuai kebutuhan Anda di Futuready.com

dana pendidikan

 

Persiapkan Dana Sejak Dini

Mulailah menabung dari sekarang untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Jangan menunggu sampai anak siap untuk bersekolah, kemudian mulai kalang kabut mempersiapkan dananya, karena pada saat itu Anda sudah tidak mempunyai banyak waktu lagi untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Ada baiknya mempersiapkan anggaran sedini mungkin bahkan sejak masih balita, sehingga Anda mempunyai waktu yang tidak terlalu singkat dalam mengatur keuangan.

Anggaran yang Dibutuhkan

Carilah informasi dengan detail mengenai sekolah favorit idaman, dari situ Anda bisa mengetahui berapa kira-kira jumlah anggaran yang dibutuhkan. Hitung dengan teliti kemungkinan-kemungkinan biaya lain yang muncul, misalnya biaya ekstrakulikuler, biaya buku dan seragam, uang pangkal, uang les, uang transportasi, dan lain sebagainya.

Atur Anggaran untuk Setiap Anak

Bila Anda memiliki beberapa anak, mulai pisahkanlah dana pendidikan untuk masing-masing anak, tujuannya agar setiap anak memperoleh kepastian dana pendidikan dan tidak terganggu perihal kebutuhan pendidikan saudaranya. Saat masuk kuliah nanti anak juga mempunyai pilihan favoritnya sendiri sesuai dengan kemampuannya ingin menjadi apa dan masuk ke univesitas yang diinginkan.

Baca Juga: Asuransi Anak dan Tabungan Pendidikan: Ini Lho Perbedaanya

Berpikir Realistis

Mempersiapkan dana pendidikan anak harus disesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Biaya yang terlalu besar jangan sampai membuat anggaran Anda untuk kebutuhan keluarga menjadi tidak stabil. Ketika si anak menginginkan ke sekolah yang jurusannya memakan biaya yang sangat besar. Lebih baik memberi pengertian, kepada Anak dengan mencari sekolah yang baik juga untuk akreditasi jurusannya namun dengan harga terjangkau. Solusi jitunya adalah tanamakan sejak awal bahwa mencetak prestasi itu penting dengan bisa mendapatkan beasiswa.

Menentukan Prioritas

Kebutuhan pengeluaran yang amat tinggi ,Anda bisa mulai menyusun daftar skala prioritas. Pelajari dengan pasti dalam menyusun daftar skala prioritas, mempelajari anggaran apa yang dapat Anda kurangi untuk dialokasikan pada dana pendidikan. Seperti mengurangi dana liburan, mengurangi makan-makan di restoran.

Alokasi Dana

Pasangan yang bekerja kedua-duanya sebaiknya bisa menyisihkan dana  minimal 10 persen setiap bulannya, sampai target menabung untuk terpenuhi. Cara ini bermanfaat dalam menyiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi Pendidikan

Salah satu solusi terbaik dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, Anda bisa membeli asuransi pendidikan. Bandingkanlah kelebihan dan kekurangan dari masing-masinig produk asuransi Pendidikan dari setiap perusahaan. Lalu Anda menentukan asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Baca Juga: Pendidikan Terbaik Untuk Anak: Sekolah Apa yang Dipilih?

Leave a Reply