8 Ide Wisata Liburan Weekend Keluarga

Manfaatkan waktu liburan weekend keluarga Anda untuk melepas penat dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang anti-mainstream.

Family

Liburan weekend keluarga adalah momen yang sering dinantikan. Ya, tidak ada yang lebih bahagia dari menghabiskan waktu bersama orang yang Anda sayangi. Di sela rutinitas pekerjaan yang padat, waktu liburan pun butuh dijalani agar Anda jauh dari rasa jenuh.
Ê
Beragam cara bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan weekend keluarga, salah satunya adalah dengan berkunjung ke tempat wisata. Jangan lupa jika pilihan liburan weekend keluarga Anda adalah berkunjung ke tempat wisata yang membutuhkan perjalanan jauh, lengkapi keluarga dengan asuransi perjalanan. Memiliki asuransi perjalanan akan membuat liburan weekend keluarga lebih aman dan nyaman.
Ê
Ê
Jika Anda kehabisan ide dan bosan dengan tujuan tempat wisata yang itu-itu saja, coba simak 8 ide tempat wisata di Indonesia anti-mainstream untuk liburan weekend keluarga Anda.
Ê

1. Umbul Sidomukti

Objek wisata di kawasan Umbul Sidomukti yang terletak di kota Semarang ini menawarkan kegiatan renang yang tidak seperti biasanya, yaitu Anda bisa mempunyai pengalaman renang di kolam yang berada di atas gunung pada ketinggian kurang lebih 1.200mdpl. Sambil berenang, Anda dan keluarga juga bisa menikmati hijaunya pemandangan alam di sekitar. Agar tidak lelah, beli tiket kereta atau pesawat di hari Jumat malam. Dalam perjalanan Anda dan keluarga bisa beristirahat dan Sabtu pagi bisa mulai liburan.Ê
Ê

2. Gong Factory

Liburan weekend keluarga juga bisa dilakukan di sekitar area Bogor. Selain menawarkan wisata kuliner, Bogor juga memiliki pabrik pembuatan gong asli yang sudah berdiri selama 370 tahun. Selain menambah pengetahuan tentang budaya, di sini Anda juga dapat menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan gong dari mulai pemanasan bahan gong, pembentukan gong, pengecatan rak, dan pemolesan gong oleh pekerja yang berada di sana.
Ê

3. Highland Park Resort

Nikmati pengalaman menginap di hotel ala bangsa Mongolia di kota Bogor. Hotel bintang kelas lima yang menyatu dengan alam dan menghadap langsung ke Gunung Salak ini mempunyai 3 tipe kamar yang bisa Anda pilih yaitu camp standard, camp deluxe, dan dormitory dan dilengkapi dengan fasilitas seperti mini golf, flying fox, horse riding, billiard, spa, karaoke, dan masih banyak lagi.Ê
Ê

4. Kampung Budaya Sindangbarang

Anda bisa memilih Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor sebagai tempat wisata untuk liburan weekend keluarga. Di Kampung Budaya Sidangbarang terdapat delapan macam kesenian Sunda yang dilestarikan oleh para penduduknya. Di sini terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran berupa bukit-bukit berundak. Kegiatan yang bisa Anda ikuti saat berada di kampung ini yaitu belajar karawitan, tari klasik atau kreasi, rafting, atau berkunjung ke perpustakaan dengan koleksi buku budaya, sejarah, dan sastra Sunda.
Ê

5. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung pedut terletak di Kulon progo, Yogyakarta, merupakan sebuah tempat wisata alam di mana di kawasan tersebut terdapat air terjun dan beberapa kolam kecil. Kedung Pedut bisa dibilang waterpark tradisional di Yogyakarta. Tempat wisata satu ini memiliki keunikan karena memiliki kolam yang berwarna hijau tosca. Di dekat air terjun Anda juga bisa mencoba wahana flying fox.
Ê

6. Museum Malang Tempo Doeloe

Mengenal sejarah kota Malang adalah hal menarik dan sayang jika Anda lewatkan. Di museum ini Anda bisa melihat secara utuh sejarah kota yang sudah ada sejak tahun 1914 tersebut serta melihat dan mempelajari kembali sejarah kerajaan yang pernah ada di Malang.
Ê

7. Maharani Zoo & Goa

Tempat wisata di kota Lamongan, Jawa Timur ini menyuguhkan kesan indah wisata bawah tanah yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit yang unik dan masih terus tumbuh hingga saat ini. Di sini Anda dan keluarga juga bisa melihat berbagai binatang seperti orang utan, beruang madu, wallaby, jerapah, singa putih, harimau putih, dan binatang lainnya.
Ê

8. Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu destinasi andalan di Banyuwangi, Jawa Timur. Pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang bersih bisa membuat Anda jatuh hati dan tertarik untuk mengunjunginya. Pulau merah ini sangat cocok untuk surfing, karena mempunyai ketinggian gelombang hingga 4-5 meter. Di sore hari Anda dan keluarga bisa menikmati pesona sunset yang sangat indah dan bisa membuat Anda ingin berkunjung kembali ke sini.
Ê
Tentukan tempat wisata yang ingin Anda kunjungi sekarang juga dan nikmati liburan weekend keluarga yang mengasyikan.
Ê

Leave a Reply