8 Pemuda Pemudi Indonesia Berprestasi di Bidang Olahraga

Indonesia pernah mendapatkan julukan sebagai macan Asia oleh dunia dengan banyaknya prestasi pemuda-pemudi Indonesia yang mendunia di bidang olahraga. Cari tahu siapa saja nama pemuda-pemudi Indonesia tersebut.

Family

Olimpiade adalah salah satu ajang bergengsi dunia yang diikuti oleh seluruh negara, di mana pada ajang perlombaan tersebut terdapat 28 cabang olahraga dengan total 41 disiplin dan 306 pertandingan. Pastinya setiap negara mengutus masing-masing atlet untuk berjuang dalam ajang bergengsi ini, tidak terkecuali Indonesia yang ikut serta dalam Olimpiade. Siapa saja pemuda pemudi Indonesia yang pernah berprestasi di bidang olahraga?

 

 

Dalam bidang olahraga Indonesia menjadi salah satu negara yang patut diperhitungkan, ini terbukti dari banyaknya prestasi yang diperoleh para atlet dibidang olahraga.

Setidaknya terdapat 9 pemuda-pemudi Indonesia berprestasi yang mendunia di bidang olahraga yang patut Anda ketahui:

 

1. Susi Susanti

Siapa yang tidak kenal dengan Susi Susanti, yang merupakan atlet bulu tangkis Indonesia peraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992 dan meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996. Di zamannya, Susi Susanti menjadi atlet yang diperhitungkan oleh negara-negara peserta Olimpiade, mengapa tidak? Karena atlet kelahiran Tasikmalaya ini, berhasil mendapatkan penghargaan Hall of Fame pada tahun 2004 lalu oleh International Badminton Federation atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Badminton World Federation.

 

2. Yohannes Christian John (Chris John)

Berbicara mengenai tinju pastinya Anda sudah kenal betul dengan pemuda kelahiran Jakarta, prestasi pemuda Indonesia ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia tercatat sebagai petinju Indonesia ketiga yang berhasil meraih gelar juara dunia setelah Ellyas Pical dan Nico Thomas.

 

3. Raema Lisa Rumbewas

Seorang atlet putri angkat besi yang berasal dari Indonesia, merupakan salah satu atlet yang berprestasi. Ini terbukti pada Olimpiade Athena 2004 lalu, Lisa mendapatkan medali perak untuk kategori angkat besi putri. Sebelumnya Lisa pernah meraih medali perak di Olimpiade Sydney 2000, dan sejumlah penghargaan lainnya.

 

4. Bambang Pamungkas

Prestasi pemuda Indonesia selanjutnya adalah Bambang Pamungkas kapten dari klub Persija yang telah dikenal oleh dunia, karena prestasinya yang luar biasa. Ia pernah dinobatkan sebagai pemain sepakbola terbaik piala Hornas. Bambang pernah menjadi salah satu pemain sepak bola di klub Belanda yang akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

 

5. Rio Haryanto

Belakangan ini nama Rio Haryanto banyak diperbincangkan. Prestasi pemuda Indonesia yang satu ini ialah orang Indonesia pertama yang berlaga di ajang Formula 1 yang membuat Rio mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat. Walaupun karirnya di F1 baru seumur jagung, namun Rio sebelumnya telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang GP 2 karena berhasil memenangkan 3 seri balapan.

 

6. Tantowi Ahmad & Lilyana Natsir

Prestasi pemuda-pemudi Indonesia berikutnya adalah Tantowi Ahmad dan Lilyana Natsir pada cabang olahraga bulu tangkis. Prestasi yang paling membanggakan adalah ketika mereka berhasil meraih gelar juara All England yang tiga kali berturut-turut mereka menangkan, dan prestasi yang tidak kalah membanggakannya lagi ialah saat mereka meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

 

7. Dian David Mickael Jacobs

Dian David Mickael Jacobs adalah salah satu atlet Indonesia cabang tenis meja yang berhasil membawa Indonesia menduduki peringkat 2 dunia. Dengan meraih medali perak pada kejuaraan beregu tenis meja di tahun 2014 lalu. Dian juga berhasil menyabet medali emas tenis meja MenÕs Singles TT10 di ajang Asian Para Games Incheon 2014, medali emas 2014 Romania International Table Tennis Open Tunggal Putra TT10, dan segudang prestasi lainnya.

 

8. Irene Kharisma Sukandar

Tahun 2014 adalah salah satu tahun terbaik bagi catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar berhasil meraih gelar IM (International Master) untuk putri. Tentunya gelar tersebut merupakan gelar pertama bagi pencatur putri Indonesia meraih norma IM. Berbagai prestasi yang telah Irene torehkan, seperti Juara 1 Australia WomenÕs Master Melbourne pada januari 2014, lalu Juara 1 Asian Continental Chess Championship di Sharia Ð Uni Emiret dan segudang prestasi lainnya.

Dari banyaknya prestasi pemuda-pemudi Indonesia yang diperoleh oleh para atlet, ini membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang berprestasi. Bahkan Indonesia pernah mendapatkan julukan sebagai Macan Asia yang ditakuti oleh Negara-negara dunia, berkat prestasinya yang luar biasa.

 

Leave a Reply