Ajarkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Mengingat pentingnya kesehatan, kebiasaan hidup sehat selayaknya diterapkan sejak dini.

Family

Mengingat pentingnya kesehatan, kebiasaan hidup sehat selayaknya diterapkan sejak dini. 

Semakin dini Anda mengenalkan pola hidup yang sehat, dipastikan anak akan semakin mudah menerapkan kebiasaan yang sehat hingga ia besar nanti. Tak perlu cara yang muluk-muluk kok. Orang tua adalah panutan bagi anak, jadi Anda bisa memulainya dari diri Anda sendiri. Kalau Anda biasa menyantap sayur dan buah, tanpa perlu disuruh, anak akan menirunya. Begitu pula kalau Anda rutin berolahraga, anak akan tertarik mencobanya.  

Dengan melakukan kebiasaan sehari-hari yang sehat, secara tak langsung Anda mengajarkan gaya hidup yang sehat kepada anak. Sehingga ia bisa mengenali hal yang baik dan buruk bagi kesehatannya. Nah, bila tubuh Anda sehat, otomatis anak pun ikut sehat. Untuk mengetahui seberapa sehat tubuh Anda, cek di sini

Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan gaya hidup sehat pada anak: 

• Alokasikan waktu untuk makan bersama 
Dengan menerapkan ritual makan bersama di rumah, setidaknya sarapan pagi, Anda membiasakan anak untuk mengonsumsi masakan rumah yang jauh lebih sehat. Selain itu, dapat mempererat rasa kebersamaan dan memperlancar komunikasi antar anggota keluarga.  

• Lakukan olahraga outdoor 
Anak akan lebih antusias bila melakukan olahraga bersama di ruang terbuka. Jalan pagi atau bersepeda dengan jadwal yang teratur dapat melatih disiplin si kecil dalam menjalani pola hidup yang sehat. 

• Kurangi kebiasaan jajan 
Jangan memaksa anak berhenti jajan sembarangan jika Anda masih sering melakukannya. Supaya terhindar dari kebiasaan buruk tersebut, buatlah camilan yang sehat untuk persediaan di rumah atau bekal anak ke sekolah. Di akhir pekan, Anda bisa memberi bonus jajan di luar, tapi tetap pilihlah yang sehat. 

• Ajak anak ke pasar segar/supermarket 
Artis Hollywood seperti Jennifer Garner dan Gwyneth Paltrow seringkali terlihat mengajak anak-anaknya memilih bahan makanan yang segar di supermarket. Nah, Anda bisa meniru cara mereka. Saat belanja, Anda bisa mengenalkan pada anak tentang bermacam sayur dan buah yang sehat.  

• Kunjungi tempat wisata edukatif 
Daripada sekadar ke mal, sebaiknya ajak anak ke tempat wisata yang bisa melatih fisiknya seperti outbound. Atau yang memungkinkan mereka belajar makanan yang sehat, misalnya taman buah atau kebun sayur. Sambil memetik buah dan sayur sendiri, Anda bisa menyelipkan pesan tentang manfaatnya untuk kesehatan.

Leave a Reply