Barang Wajib Bawa Saat Mudik dengan Mobil

FamilyTravel

Lebaran sudah di depan mata. Jika Anda berencana mudik khususnya dengan mobil, ini dia barang wajib bawa saat mudik demi kenyamanan selama perjalanan. 

Lebaran di Indonesia memang identik dengan mudik ke kampung halaman. Rasanya agenda ini tak bisa diganggu gugat, bukan? Moda transportasi yang digunakan untuk mudik cukup beragam seperti pesawat, kereta, kapal, bahkan mobil dan motor. Mudik dengan angkutan umum memang nyaman karena Anda hanya perlu duduk saja. Namun, bagi yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi yaitu mobil, banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan. Untuk menunjang kenyamanan perjalanan dengan mobil, berikut barang wajib bawa saat mudik. Jangan sampai ada yang terlupa karena ini menyangkut kenyamanan dan tentu saja sangat berguna ketika Anda bosan atau lelah karena terjebak macet.

Smartphone dan Powerbank

Berjam-jam di dalam mobil, tak banyak yang bisa Anda lakukan. Smartphone akan jadi satu-satunya penghibur Anda. Isi smartphone dengan game, musik, video favorit Anda. Setelah bermain game atau nonton video, tentu baterai akan jadi lebih cepat habis. Untuk itu jangan sampai lupa pula membawa powerbank untuk mengisi baterai smartphone Anda.

Holder smartphone

Saat mengemudi Anda dilarang memegang ponsel karena akan sangat berbahaya dan mengakibatkan kecelakaan fatal. Sebaiknya Anda membawa holder smartphone untuk diletakkan di dashboard mobil. Holder ini akan memudahkan Anda untuk melihat smartphone ketika membutuhkan aplikasi penunjuk dan pemantau jalanan.

BACA JUGA: Mudik Anti Was-Was dengan 3 Hal Ini

Bantal leher

Tidur di mobil berarti Anda tidur dengan posisi duduk. Bantal leher sangat berguna supaya area leher tidak pegal karena ada penyangga. Pilih bantal leher dengan bahan yang empuk karena sangat berpengaruh menjaga posisi leher saat istirahat.

Matras atau Tikar

Saat mudik banyak sekali pos rest area sebagai tempat istirahat. Namun rest area ini kerap penuh sehingga Anda tidak tahu akan duduk atau beristirahat di mana. Tidak ada salahnya jika mudik Anda membawa matras atau tikar untuk menggelar sendiri spot istirahat Anda dan keluarga. Tapi ingat, ya, pilih tempat yang tepat agar tak mengganggu orang-orang yang juga sedang istirahat.

BACA JUGA: Mudik dengan Mobil Pribadi? Lebih Nyaman dengan 8 Hal Ini

Makanan dan Cooler Box

Kemacetan saat mudik tak bisa diprediksi. Sebaiknya Anda siap siaga membawa makanan dan minuman. Beberapa hari menjelang lebaran, banyak restoran yang tutup. Alhasil Anda kesulitan mencari makanan bersih dan sehat. Perkirakan berapa banyak makanan berat yang Anda butuhkan, pisahkan nasi dengan lauk supaya tahan lebih lama. Jangan lupa siapkan kudapan untuk disantap selama perjalanan. Cooler box berfungsi untuk menyimpan air minum mineral maupun yang berasa. Daripada Anda sibuk mencari minimarket atau membeli di pinggir jalan dengan harga yang sangat mahal, lebih baik siapkan sendiri, bukan?

Komponen dan Perkakas Mobil

Mobil memang sudah diperiksa dan diperbaiki untuk persiapan mudik. Namun tak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan membawa perkakas dan komponen mobil yang dirasa perlu untuk pertolongan pada mobil. Kotak perkakas yang lengkap seperti dongkrak, kunci–kunci maupun ban cadangan untuk mengantisipasi hal–hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Leave a Reply