Cara Asyik Mengajarkan Huruf pada Anak

Orang tua pasti bangga jika memiliki anak yang pandai membaca. Oleh karena itu, ayo ajari anak mengenal huruf-huruf.

Family

Orang tua pasti bangga jika memiliki anak yang pandai membaca. Oleh karena itu, ayo ajari anak mengenal huruf-huruf. 
Mengenal alfabet merupakan langkah awal bagi si kecil agar dapat membaca dan menulis. Mengajak mereka belajar huruf memang susah-susah gampang. Bahkan terkadang para orang tua dibuat bingung karena si anak terlihat tidak tertarik dengan apa yang sedang diajarkan. 
Untuk mengatasinya, cobalah untuk mencari hal-hal yang asyik dan menyenangkan bagi si buah hati untuk mengajari huruf-huruf pada mereka. Sehingga anak tidak bosan mendengar lagu “A, B, C, D, E, F, G…” yang menjadi andalan sejak dahulu. 
Berikut beberapa cara asyik mengajarkan huruf pada anak, agar dapat lebih cepat mengenal rangkaian abjad dengan suasana belajar yang menyenangkan: 
1. Gunakan media buku bacaan anak 
Ajak anak bersama-sama membaca buku bacaan anak-anak. Perkenalkan huruf-huruf yang terdapat di dalam buku bacaan tersebut. Biasanya anak akan lebih mudah tertarik jika buku tersebut berisi gambar-gambar berwarna atau tulisan yang menarik. 
2. Bentuk huruf lewat gerakan tubuh 
Minta anak Anda membentuk huruf menggunakan tubuhnya (huruf-huruf yang mudah saja). Sebelum itu, mulailah dengan memberi contoh terlebih dahulu dengan gerakan atau liukan tubuh Anda. Akan lebih baik jika dia melakukannya bersama kakak atau adiknya, atau Anda juga bisa ikut melakukannya. Ditambah iringan musik, dijamin membuatnya lebih bersemangat. 
3. Bermain dadu 
Buatlah dadu dari karton yang sudah tidak terpakai, lalu tempelkan sisi dadu tersebut dengan huruf yang berbeda. Lempar dadu tersebut dan ajak si kecil untuk menyebut huruf-huruf yang mucul di bagian atas. Kegiatan ini bisa membuatnya asyik belajar sekaligus bermain. 
Jika buah hati sudah terlihat bosan dan tidak tertarik dengan yang diajarkan, jangan paksa mereka untuk menangkap dan memahami yang sedang diajarkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply