Cara Seru Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

Family

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak sedari dini di rumah, perlu tip dan trik yang tepat agar anak juga seru dalam mencerna setiap katanya.

Bahasa Inggris merupakan bahasa global dan universal. Mengajarkan bahasa Inggris kepada anak sedari dini merupakan langkah tepat, agar saat ia memiliki bekal untuk masa depannya nanti. Dengan mengajarkan anak bahasa inggris ia akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dengan dual bahasa. Juga menjadi bekalnya untuk kebutuhan pekerjaan dan saat sedang traveling ke luar negeri.

Sebagai orangtua, tentunya Anda memiliki impian agar buah hati memiliki kompetensi di berbagai bidang. Maka sejak ini, mengajarkan anak bahasas inggris ini menjadi tanggung jawab Anda sebagai orangtua, untuk memberikan keterampilan utuh yang dibutuhkan anak di masa datang. Baik kemampuan kompetensi, termasuk kualitas karakternya termasuk kamampuan literasi.

Literasi merupakan kemampuan anak yang berkaitan dalam menguasai bahasa, termasuk bahasa inggris. Walaupun sudah menjadi hal wajib, untuk menguasai bahasa Ibu terlebih dahulu. Namun, Anda bisa juga menyelipkan bahasa inggris saat si anak telah menguasai bahasa ibu.

[quads id=3]

Ternyata ada banyak cara untuk mengajarkan anak bahasa inggris di rumah. Dengan beberapa pendekatan-pendekatan ini membuat anak lebih mudah dalam mencerna dan menyerap berbagai kata dalam bahasa inggris. Apa saja cara tersebut? Yuk, simak di bawah ini!

Buku Cerita Bahasa Inggris

Anda bisa mulai membiasakan membaca buku cerita kepada anak sebelum ia tidur. Nantinya, kebiasaan ini akan mudah diteruskan hingga si anak tumbuh dewasa untuk baca buku sebelum tidur. Anda bisa mulai mengenalkan buku berbahasa indonesia terlebih dahulu lalu diselang seling dengan buku bahasa inggris. Buatlah inetraksi dengan buah hati dengan cara yang seru dan menyenangkan, agar saat membaca bersama terjadi lebih banyak interaksi dengan anak dan mengajaknya menceritakan lagi kepada Anda.

Percakapan Bahasa Inggris

Mengajarkan anak bahasa inggris di rumah bisa dimulai dengan percakapan ringan untuk melatih respons anak atas pertanyaan yang akan Anda berikan. Bila dia malu-malu menjawab berikan pilihan atas jawaban tersebut, dan terus dukung untuk jangan takut untuk salah. Dengan begitu anak akan belajar dari kesalahan, dan akan mempelajari bahasa lagi dengan lebih baik.

Games

Salah satu cara pendekatan mengajarkan anak Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan permainan. Tentunya, anak-anak yang suka dengan bermain. Ada banyak format permainan yang bisa diajarkan pada anak-anak dari board game hingga ke gadget. Pastinya, setiap orang tua memiliki kebijakan mtersendiri untuk menyaring jenis permainan yang bsia dimainkan oleh anak. Untuk balita Anda bisa menggunakan boneka untuk membuat percakapan tersendiri antara anak dan boneka. Jika, anak sudah lebih besar ajak ia bermain board game susun kata bahasa Inggris yang terkenal seperti scrablle. Ini merupakan permainan seru untuk belajar Bahasa Inggris.

Bernyanyi

Dalam mengajarkan anak bahasa inggris Anda bisa mengajak bernyanyi lagu-lagu bahasa Inggris bersama. Cara ini bisa jadi medium Anda untuk menambah kosa kata dan luwes dalam pengucapan. Ada beberapa lagu bahasa inggris yang bisa Anda nyanyikan bersama si kecil seperi ABC, Twinkle Twinkle Little Star, Happy Birthday, Baby Shark, hingga Itsy Bitsy Spider.

Itu beberapa cara mengajarkan anak bahasa inggris di rumah. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara yang seru dan seperti bermain. Ingat ya, jangan terlalu memaksakan bila anak sudah mulai bosan. Apakah Anda para orangtua juga memiliki cara tersendiri dalam mengajarkan anak bahasa inggris? Yuk, share di kolom komen di bawah ini.

Comments are closed.