Daftar Kebutuhan Anak Usia Dini Selama Satu Tahun

Family

Tumbuh kembang anak akan berjalan optimal jika didukung dengan kebutuhan anak yang memadai. Oleh karena itu, supaya harapan dan keinginan orangtua terpenuhi, berikut ini daftar kebutuhan anak usia dini yang harus dipenuhi.

Pertumbuhan dan perkembangan buah hati sudah pasti menjadi perhatian orangtua. Pasalnya, pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan individu itu sendiri. Anak bayi hingga balita memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan pertumbuhan itu menghasilkan progres yang positif. Oleh karena itu, agar proses tumbuh kembang anak akan berjalan optimal jika seluruh kebutuhan anak usia dini terpenuhi.

Setiap anak memiliki perbedaannya masing-masing. Contohnya, anak bayi kebutuhan utamanya adalah asi, sedangkan sudah menginjak enam bulan, si anak tersebut membutuhkan MPASI dan juga susu formula untuk membantu perkembangannya. Pada dasarnya, kebutuhan anak usia dini dibedakan menjadi tiga, yaitu asuh, asih, dan asah. Untuk sebagain orang pasti belum sangat familiar dan memahami maksud dari ketika hal tersebut. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini ulasan selengkap tentang kebutuhan anak usia dini.

Kebutuhan Anak Usia Dini ASUH (Kebutuhan Biomedis)

Asuh atau yang sering disebut dengan kebutuhan biomedis sang anak. Kebutuhan anak yang menyangkut asuh ini seperti, asupan gizi, tempat tinggal yang laik, pakaian yang nyaman digunakan, imunisasi, dan kebutuhan lainnya seperti sandang, pangan, dan papan.

Kebutuhan Anak Usia Dini ASIH (Kebutuhan Emosional)

Berbeda dengan asuh, asih merupakan kebutuhan anak usia dini yang menyangkut kepada kebutuhan emosional. Hal-hal yang menyangkut pada kebutuhan emosional, seperti kasih sayang anak dari orangtua dan anggota keluarga lainnya, mendapatkan perhatian yang lebih perhatian, kondisi lingkungan yang selalu harmonis, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Anak Usia Dini ASAH (Kebutuhan Stimulasi Mental Dini)

Kebutuhan anak usia dini yang terakhir adalah asah. Asah adalah kebutuhan yang lebih mengedepankan stimulasi mental dini, seperti proses pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan yang diberikan sedini dan sesuai mungkin. Terutama pada usia 4-5 tahun pertama (golden year) sehingga akan terwujud etika, kepribadian yang baik, kecerdasan, kemandirian, keterampilan, dan produktivitas yang baik.

Ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh orangtua. Namun, selain itu masih ada kebutuhan lain yang harus dipertimbangkan, seperti asuransi kesehatan agar seluruh biaya medis baik itu untuk perawatan ataupun imunisasi, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Asuransi pendidikan untuk bekal biaya pendidikan sang anak hingga ke jenjang tinggi, dan juga kebutuhan lainnya.

Comments are closed.