Dekorasi Pernikahan yang Unik, dari Mewah Hingga Sederhana!

Family

Pelaminan merupakan salah satu elemen penting yang ada pada acara pernikahan. Dekorasi pelaminan yang unik pasti akan jadi kenangan terindah untuk pesta pernikahan Anda.

Pernikahan adalah hal yang sakral dan salah satu momen terindah dalam hidup setiap orang. Sebab, di hari tersebut orang tersebut akan mengucapkan janji suci untuk menjalani hidup bersama pasangan yang telah ia pilih. Tak heran jika segala sesuatunya dipersiapkan sesempurna mungkin, baik dari hal besar hingga perintilannya.

Tentu Anda tahu, di setiap acara penikahan selalu ada pelaminan. Bagaimana jadinya bila pada acara sakral tersebut tak ada pelaminan? Kedua calon mempelai jadi tak punya tempat yang spesial sebagai pemilik acara. Maka dari itu, pelaminan selalu menjadi hal penting di setiap acara pernikahan.

Berhubung momen pernikahan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup (bila tidak terjadi perceraian setelah menikah), sudah pasti calon pengantin menginginkan hal yang spesial di hari pernikahannya, tak terkecuali di bagian pelaminan. Nah, sebagai orang yang terlahir di Indonesia, tentu kita semua terlahir dengan adat atau budaya tertentu. Tak pelak, hal ini menjadi acuan para calon pengantin untuk membuat pelaminannya sesuai dengan adat dan budayanya.

Baca juga: Tip untuk Ayah Menjaga Stamina Pasca Istri Melahirkan

Dari sekian banyak adat yang ada, terdapat beberapa adat yang memiliki dekorasi pelaminan yang unik. Penasaran? Langsung saja simak dekorasi pelaminan tradisional yang unik berikut ini!

Dekorasi Pelaminan Kaseb Emas, Aceh

Aceh dikenal sebagai kota yang kental dengan budaya dan agama Islam. Tak heran jika dekorasi pelaminan untuk calon pengantin pun memiliki nuansa tersebut. Pelaminan khas Aceh ini diberi nama Kasab Emas. Kasab adalah kerajinan benang emas di atas kain beledu.

Konon, dekorasi pelaminan ini sudah digunakan oleh masyarakat Aceh sejak abad ke-15. Unsur Islami yang mencolok pada dekorasi pelaminan satu ini adalah terletak pada pondasi pelaminan sebanyak lima buah yang melambangkan sholat wajib lima waktu.

Dekorasi Pelaminan Minang, Sumatera Barat

Masyarakat Minang terkenal akan budayanya yang mendarah daging. Hal ini pun diterapkan di pelaminan pada acara pernikahan khas masyarakat Sumatera Barat. Dekorasi pelaminan minang terlihat sangat megah dan mewah yang dibuat serupa Rumah Gadang, rumah adat khas masyarakat setempat.

Baca juga: 3 Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan 2019

Dekorasi pelaminan minang biasanya didominasi dengan warna emas dan merah. Kedua warna ini melambangkan kemewahan serta keberanian dalam menghadapi mahligai rumah tangga.

Dekorasi Pelaminan Gebyok Betawi, Jakarta

Bisa dibilang, dekorasi pelaminan khas masyarakat asli Jakarta ini merupakan pelaminan yang sederhana. Dekorasi pelaminan ini dibuat sebagaimana rumah-rumah orang Betawi zaman dulu yang kental dengan warna hijau dan penuh tanaman di bagian depan rumah mereka. Jadi, kesan segar dan cerah sangatlah terpancar dari dekorasi pelaminan gebyok ini.

Jika Anda berpikir bahwa dekorasi pelaminan ini tidaklah laris, Anda salah besar. Faktanya, banyak sekali orang-orang yang menggunakan dekorasi pelaminan ini karena kesederhanaannya. Jadi, acara pernikahan akan terlihat sangat simpel dan santai.

Sejatinya, tak masalah jika Anda menggunakan dekorasi pelaminan khas daerah mana, meski tak memiliki garis keturunan daerah tersebut. Jadi, bagi Anda yang ingin menikah, dekorasi pelaminan mana yang menarik hati Anda?

Comments are closed.