Desain Rumah Kayu Minimalis, Tak Perlu Tanah yang Luas!

Family

Rumah kayu minimalis sangatlah digemari di Eropa dan Amerika Serikat. Hal ini tak lepas dari tingginya harga tanah untuk membangun sebuah tempat tinggal.

Rumah merupakan kebutuhan setiap orang sebagai tempat tinggal. Sebagai tempat untuk memulai hidup, rasanya tak berlebihan jika rumah adalah salah satu hal yang perlu dimiliki. Rumah yang ideal biasanya memiliki tanah yang luas serta bangunan yang besar. Selain itu, desain interior dan eksteriornya harus dibuat sedemikian menarik agar penghuni merasa tenang dan nyaman tinggal di rumah tersebut.

Namun, seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga tanah dan rumah naik secara signifikan setiap tahunnya. Harga tanah dan rumah yang sangat tinggi membuat sebagian besar orang belum bisa memilikinya hingga saat ini. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih tinggal di rumah susun atau apartemen. Sebab, harga yang dipatok oleh dua jenis properti ini cenderung lebih murah daripada harga rumah dan tanah.

Namun, tinggal di rumah susun atau apartemen tidaklah senyaman yang dibayangkan. Tak sedikit orang yang mengeluh tentang berbagai hal yang mereka rasakan saat tinggal di apartemen, beberapa di antaranya adalah tak bisa direnovasi sesuai keinginan kita dan juga kurangnya interaksi sosial dengan penghuni lain. Jadi, bisa dibilang, rumah menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan tempat tinggal.

Namun, bagaimana caranya agar kita dapat memiliki rumah di tengah masifnya kenaikan harga tanah dan rumah saat ini? Setiap permasalah pasti memiliki solusi, tak terkecuali untuk hal ini. Faktanya, ada cara untuk menyiasati tingginya harga tanah untuk membangun sebuah rumah, yaitu dengan membangun rumah kayu minimalis.

Baca juga: Selagi Masih Muda Ini Strategi Jitu Demi Masa Depan Sukses

Berbeda dengan rumah konvensional, rumah kayu minimalis tidak membutuhkan tanah yang besar untuk membangunnya. Namun, dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar rumah tersebut terlihat luas serta nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah, sebab, saat ini banyak sekali ide untuk membangun rumah kayu minimalis yang bisa kita terapkan. Ingin tahu bagaimana desain rumah kayu minimalis tersebut?

Berikut desain rumah kayu minimalis yang dapat Anda coba!

Rustic Retreat XL

Jika Anda berpikir bahwa desain rumah kayu minimalis ini membutuhkan tanah yang besar karena disematkan kata XL di belakangnya, Anda salah besar. Desain rumah satu ini terbilang sangat sederhana namun tetap menarik dan indah dilihat. Ciri khas rumah kayu minimalis ini adalah tak memiliki ruang bersantai di dalam rumah, melainkan di bagian atapnya.

Baca juga: Persiapan Masa Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Tenang

Tapi, untuk bagian rumah lainnya seperti dapur, kamar mandi, dan kamar tidur, semuanya berada di bagian dalamnya. Membangun rumah dengan desain seperti ini hanya membutuhkan tanah yang sedikit. Jadi, biaya yang Anda keluarkan untuk membeli tanah tidak akan membengkak.

The Reagan

Anda berkeinginan untuk tinggal di rumah kayu minimalis dengan model tradisional? The Reagan adalah jawabannya. Desain satu ini merupakan salah satu desain rumah kayu dengan konstruksi interior dan eksterior khas Amerika Serikat. Bedanya, tampilan dari desain rumah kayu ini jauh lebih kecil dibandingkan model aslinya.

Desain rumah kayu minimalis ini sangat cocok bagi Anda yang gemar memelihara hewan peliharaan. Sebab, rumah satu ini menyediakan akses bagi hewan peliharaan untuk dapat ke luar dan masuk dengan bebas. Namun, tak perlu khawatir hewan peliharaan Anda kabur, sebab The Reagan memiliki pagar yang cukup aman untuk membuat hewan peliharaan Anda tidak lari ke luar rumah.

Basecamp

Desain rumah kayu minimalis selanjutnya bernama basecamp. Desain ini sangat pas bagi Anda yang senang dengan hewan peliharaan. Hebatnya, di rumah seminimalis ini, kebersihan di dalamnya sangatlah terjaga. Hal ini tak lain karena kamar bagi penghuni dibuat di bagian loteng, sedangkan tempat tinggal untuk hewan peliharaan di lantai dasar.

Baca juga: Hotel Tertinggi di Dunia, Mana yang Ingin Anda Coba?

Tangga yang dibuat pada di rumah ini juga punya fungsi lain, yaitu sebagai lemari. Jadi, ada laci di tiap anak tangganya. Fungsinya dapat Anda tentukan sendiri, mana laci untuk baju, sepatu, dan lainnya.

Hikari Box

Namanya sangat kental dengan unsur Jepang. Tak heran jika Hikari Box dibuat seperti rumah kayu yang ada di Jepang namun dibuat lebih minimalis dan dapat dibangun di atas tanah yang sempit. Meski terlihat kecil, faktanya desain rumah minimalis ini dapat menerima tamu sebab terdapat ruang tamu di dalamnya.

Tak berhenti di situ, rumah satu ini juga memiliki dua kamar yang dapat diisi oleh dua orang dewasa di tiap kamarnya. Soal media penyimpanan, lemari dibuat di bagian tangga dalam bentuk laci.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

The Hobbit

Mendengar kata The Hobbit, pasti yang terlintas adalah sekumpulan orang-orang bertubuh mini yang tinggal di rumah yang kecil. Namun, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. The Hobbit merupakan salah satu desain rumah kayu minimalis yang cukup menarik perhatian banyak orang saat ini.

Meski dari luar terlihat kecil, siapa sangka bahwa rumah ini dapat menampung satu kasur berukuran besar serta dua kabinet. Jadi, jangan tertipu penampilannya yang mungil dari luar sebab di bagian dalamnya terdapat ruang yang cukup besar dan laik untuk dijadikan tempat tinggal.

Alpha

Tentu Anda pernah lihat bentuk peti kemas, kan? Nah, Alpha merupakan adaptasi peti kemas yang dijadikan sebagai sebuah desain rumah kayu minimalis. Bentuknya balok dengan hanya memiliki satu jendela besar yang juga berfungsi sebagai pintu utama.

Bagian dalamnya memang tidak terlalu besar, namun cukup untuk membuat ruang makan dengan meja makan model lipat serta sebuah ruangan untuk tidur dengan akses tangga yang mungil. Desain rumah kayu minimalis ini sangatlah cocok bagi Anda yang tak suka konsep terlalu kompleks untuk sebuah tempat tinggal.

Membuat atau membangun sebuah rumah tak selalu harus memiliki lahan atau tanah yang besar. Hal ini dibuktikan dengan beberapa desain rumah kayu minimalis di atas. Mana yang paling Anda suka?

Comments are closed.