Dilema Beli Mobil atau Rumah? Cari Jawabannya di Sini!

Family

Mau yang mana dulu saja sudah bingung. Rasanya susah sekali di saat harus menentukan membeli mobil atau rumah terlebih dahulu?  

Saat sudah stabil dengan pekerjaan tetap yang dimiliki juga belum mempunyai tanggungan keluarga, biasanya Anda menginginkan memiliki sesuatu. Apalagi bila memang dana yang dimiliki sudah mencukupi untuk mendapatkan barang impian.

Salah satunya adalah pilihan beli mobil atau rumah dulu. Dua hal tersebut merupakan kebutuhan yang berbeda sebenarnya. Rumah merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk dijadikan tempat tinggal sehari-hari. Sedangkan, bisa dikatakan mobil merupakan kebutuhan sekunder, untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Menghadapi problem ini Anda harus memiliki pertimbangan matang. Apa saja yang harus Anda pertimbangkan adalah mulai dari faktor kebutuhan, kondisi keuangan, dan juga tujuan pembelian: Apakah untuk dipakai pribadi, atau untuk investasi?

Lalu, di luar dari harga dan perawatan, biaya apa saja yang harus dipersiapkan bila ingin membeli mobil atau rumah? Yuk, bersama-sama kita cari tahu bersama.

Beli Rumah

Seringkali dilema terjadi mana yang harus diprioritaskan beli mobil atau rumah? Beli rumah mempunyai banyak manfaat dan faktor-faktor yang bisa menjadikan investasi.

  • Rumah itu merupakan kebutuhan primer, di mana setiap manusia mempunyai keinginanan untuk memiliki rumah sendiri.
  • Persiapan masa depan jika sudah berkeluarga nanti. Tentunya keluarga Anda pasti akan mempunyai tempat tinggal dan berteduh, tidak mengontrak dan tidak menumpang dengan orang tua atau mertua. Anda bisa mencitpakan keluarga yang harmonis di mulai dari rumah sendiri.
  • Rumah mempunyai nilai investasi yang tinggi, karena harganya tiap taun mempunyai potensi naik.

Beli Mobil

Mobil merupakan kebutuhan penting juga sebagai sarana penunjang aktivitas sehari-hari Anda. Mobilitas Anda akan terasa mudah, dengan adanya mobil.

  • Mobil merupakan kebutuhan sekunder, di mana setiap manusia masih mempertimbangkan perlu membeli mobil atau tidak. Mungkin sebagian berpikir, belum butuh sekarang tapi nanti.
  • Mobil bisa menjadi pertimbangan dari kemampuan finansial Anda sebelum menikah.
  • Jika masih belum merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, mobil bisa menjadi pilihan Anda.
  • Harga jual mobil selalu turun setiap tahunnya. Ini tergantung kebutuhan Anda, apakah Anda yang selalu menggati setiap 5 tahun sekali. Tau tipe orang yang awet dalam memakai mobil.

Biaya Apa yang Perlu Dipersiapkan

Ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan bila ingin membeli rumah, yaitu biaya awal, cicilan KPR, dan juga biaya renovasi. Biaya awal yang dimaksud adalah uang muka (DP), biaya notaris, biaya asuransi, administrasi bank, dan biaya lainnya. Pada kenyataanya, biaya yang dikeluarkan di sini bisa mencapai 40-50 persen dari harga rumah. Lalu, pastikan juga untuk nilai cicilan KPR tidak melebihi 30% dari total gaji Anda per bulan. Ini Penting agar tidak membebani keuangan dan anggaran Anda.

Sedangkan untuk membeli mobil ada banyak dana yang harus dipersiapkan. Selain dana rutin untuk uang muka dan cicilan, Anda juga harus mempunyai anggaran untuk biaya operasional. Seperti untuk bensin, biaya parkir, biaya tol, dan juga biaya servis berkala untuk menganti oli dan suku cadang mobil. Tidak sampai di situ Anda juga harus mempunyai dana darurat jika sewaktu-waktu mobil mengalami kerusakan atau kecelakaan.

Mana yang Lebih Menguntungkan?

Untuk investasi, rumah mempunyai keuntungan lebih. Hal ini didukung oleh naiknya harga rumah setiap tahunnya. Untuk mobil begitu sudah keluar dari dealer, harganya otomatis langsung turun. Untuk investasi jangka panjang rumah bisa banyak menghasilkan keuntungan.

Anda yang masih menimbang antara membeli rumah atau mobil bisa melihat perbandingan-perbandingan di atas. Namun kembali lagi kepada kebutuhan Anda untuk memilih dan menentukannya, mana yang harus Anda prioritaskan terlebih dahulu. Juga sesuaikan dengan kemampuan anggaran Anda untuk melakukan cicilan. Akan sangat disarankan untuk tidak melebihi 30-35 persen dari total gaji Anda.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Supermarket Asuransi

Leave a Reply