Fungsi Akta Kelahiran, Penting Sekali Ternyata

Family

Banyak orang berpikir bahwa Akta Kelahiran hanyalah mencatat status kelahiran anak dalam keluarga. Tapi, mungkin Anda belum tahu jika banyak hal yang tidak dapat berjalan baik tanpa adanya Akta Kelahiran.

Sebagai bagian dari suatu negara, setiap orang sudah seharusnya terdaftar dan tercatat dalam badan administrasi negara tersebut. Jika tidak, bisa dibilang orang tersebut bukan merupakan penduduk sah negara tersebut. Pencatatan data masyarakat sejatinya tidak hanya dilakukan oleh orang yang cukup umur saja. Faktanya, semua orang harus terdaftar sebagai warga sah negara tersebut, baik pria maupun wanita, baik masyarakat kota maupun desa, dan baik tua maupun muda. Bahkan, bayi atau anak yang baru lahir pun wajib didaftarkan pada badan administrasi negara.

Indonesia punya banyak jenis pendataan, hal ini dilihat dari usia orang tersebut. Jika orang dewasa atau di atas 17 tahun datanya tercatat dalam Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Lain halnya dengan anak-anak, khususnya bayi yang baru lahir. Ada pendataan khusus yang digunakan oleh anak atau bayi di tanah air, yaitu Akta Kelahiran.

Setiap pendataan yang dilakukan negara pada warganya pasti memiliki fungsi. Hal ini pun berlaku pada Akta Kelahiran. Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa anak-anak atau bayi belum memiliki kesiapan untuk mendapatkan dan melakukan sesuatu sebagai kewajibannya sebagai bagian dari masyarakat. Namun, nyatanya hal tersebut salah besar. Akta Kelahiran yang dimiliki bayi sejatinya tetap membuat si kecil mendapatkan hak dan kewajibannya, namun tak dilakukan secara langsung oleh sang anak, melainkan orangtuanya.

Lalu, apa fungsi mutlak dari Akta Kelahiran yang harus dimiliki oleh setiap anak atau bayi di Indonesia? Ini dia!

Akta Kelahiran Menunjukkan Hubungan Hukum dan Agama Antara Si Anak dengan Orangtuanya

Dalam Akta Kelahiran, nama ayah dan ibu dari sang anak tertulis jelas. Hal ini menjadi bukti sah dan resmi bahwa anak tersebut adalah merupakan berkewarganegaraan Indonesia dan memiliki orangtua yang sah secara hukum dan agama.

Lebih lanjut, Akta Kelahiran akan menentukan status hukum anak tersebut jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan suatu saat nanti, dan Indonesia sebagai negara kelahirannya wajib memberikan hak pada anak tersebut sebagaimana yang tertulis dalam undang-undang yang berlaku.

Akta Kelahiran Sebagai Bukti Kewarganegaraan dan Identitas Diri Anak

Sebagai anak yang lahir dari orangtua berkebangsaan Indonesia, sudah sejatinya anak tersebut merupakan warga negara Indonesia. Nah, inilah yang menjadi fungsi utama dari Akta Kelahiran bagi anak. Jadi, dengan adanya Akta Kelahiran, si kecil secara otomatis terdaftar sebagai warga negara Indonesia laiknya kedua orangtuanya.

Mendaftar Sekolah Harus Punya Akta Kelahiran

Setiap warga negara sejatinya berhak untuk mendapatkan pendidikan yang laik dari pemerintah. Namun, untuk mendapatkan hak tersebut, tentu ada syarat yang harus dilakukan terlebih dulu. Salah satu syarat yang wajib dilampirkan saat ingin mendaftarkan anak ke sekolah adalah Akta Kelahiran.

Jadi, Anda perlu membuat Akta Kelahiran untuk si kecil jika ingin mendaftarkannya ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan sesuai standar yang berlaku di Indonesia. Tanpa adanya Akta Kelahiran, jangan harap hal tersebut dapat terwujud.

Membuat Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk

Kehadiran anak dalam keluarga tentu mengharuskan kita sebagai orangtua untuk mendaftarkannya dalam Kartu Keluarga. Nah, ketika anak tumbuh dewasa, tentu ia harus membuat Kartu Tanda Penduduk yang amat sangat berguna untuk kehidupannya nanti. Namun, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk tidaklah bisa diproses dan dimiliki oleh anak jika tidak memiliki Akta Kelahiran sebelumnya. Bayangkan jika anak Anda tak terdaftar dalam Kartu Keluarga dan tak memiliki Kartu Tanda Penduduk, banyak sekali hal yang bisa ia lakukan dan proses walaupun hal tersebut sangatlah penting dan mendesak.

Melamar Pekerjaan Dibutuhkan Akta Kelahiran

Suatu saat, anak akan tumbuh dewasa dan menata kehidupannya sendiri, salah satunya dengan memeroleh pekerjaan. Seperti yang kita tahu bahwa untuk melamar pekerjaan, dibutuhkan syarat-syarat yang harus dilengkapi dan dilampirkan oleh pelamar. Tak sedikit perusahaan yang meminta Akta Kelahiran calon karyawannya.

Terlebih jika melamar ke instansi negara, seperti Tentara Nasional Indonesia atau Polisi Republik Indonesia, Akta Kelahiran adalah syarat mutlak yang harus dilampirkan oleh pelamar. Jadi, jika Anda berpikir bahwa Akta Kelahiran tidaklah sepenting yang Anda pikirkan, mungkin poin satu ini bisa mengubah cara pandang Anda.

Penggunaan Hak Pilih

Indonesia selalu mengadakan pesta demokrasi atau pemilihan presiden setiap 5 tahun sekali. Nah, seluruh warga negara yang berusia di atas 17 tahun berhak untuk menggunakan haknya untuk memilih presiden dan para legislatif. Tapi, hal tersebut dapat dilakukan dengan syarat telah memiliki Kartu Tanda Penduduk.

Seperti yang disebutkan di atas, Kartu Tanda Penduduk dapat dibuat jika ada Akta Kelahiran. Jadi, jika tidak, orang tersebut tidak dapat memiliki Kartu Tanda Penduduknya. Tentunya, ia pun kehilangan haknya untuk memilih saat pemilihan presiden dan legislatif.

Pengurusan Hak Waris

Bagi Anda yang sudah memiliki anak, tentu Anda ingin mewariskan harta benda yang Anda punya pada sang anak suatu saat nanti. Sebab, tidak ada yang lebih berhak untuk menerima warisan selain anak sendiri. Namun, lagi-lagi proses tersebut hanya bisa berlangsung jika anak memiliki Akta Kelahiran.

Sebab, Akta Kelahiran merupakan bukti konkret bahwa orang tersebut merupakan anak sah dari orangtuanya. Jika tidak, warisan yang harusnya jatuh ke tangan sang anak bisa jadi berpindah tangan. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi pada anak Anda, kan?

Akta Kelahiran untuk Pembuatan Paspor

Siapa yang tahu jika suatu saat Anda dan keluarga berkesempatan untuk pergi ke luar negeri? Hal ini bisa saja terjadi. Anda tentu tahu syarat untuk pergi ke luar negeri adalah memiliki paspor. Bagi Anda dan pasangan tentu bukanlah hal sulit untuk membuatnya.

Mungkin Anda juga tahu salah satu syarat dalam membuat paspor adalah melampirkan Akta Kelahiran. Nah, jika Anda memiliki anak yang belum mempunyai Akta Kelahiran, proses pembuatan paspor sang buah hati pasti terhambat. Hal ini tentu akan menjadi hal yang tak ingin Anda rasakan. Bayangkan saja, Anda tidak dapat mengajak sang buah hati untuk pergi ke luar negeri dan bersenang-senang bersama keluarga hanya karena anak Anda tak memiliki Akta Kelahiran yang berimbas pada tak diterbitkannya paspor untuknya.

Sejatinya, masih banyak hal yang prosesnya membutuhkan Akta Kelahiran. Jadi, jika Anda memiliki anak, segerakanlah mengurus Akta Kelahiran agar segala proses yang disebutkan di atas dapat berjalan lancar.

Comments are closed.