Haruskah Anak Mengikuti Pendidikan Usia Dini?

Banyak orang beranggapan pendidikan usia dini penting untuk kecerdasan anak ke depannya. Benarkah?

Family

Banyak orang beranggapan pendidikan usia dini penting untuk kecerdasan anak ke depannya. Benarkah?

Banyak orang beranggapan memasukkan anak kecil ke sekolah di usia dini memberi dampak negatif. Seharusnya anak di bawah usia lima tahun dibiarkan menjalani perannya sebagai anak-anak, yaitu bermain.

Namun, banyak pula yang beranggapan pendidikan usia dini penting untuk kecerdasan anak ke depannya. Jika orangtua mau dan mampu mempersiapkan aspek emosional dan kognitif anak, sebenarnya tak perlu memasukkan anak ke playgroup atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Tapi, jika Anda memutuskan untuk memasukkan anak ke playgroup atau PAUD mungkin hal-hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:

1. Sosialisasi
Kemampuan sosial yang baik diyakini akan sangat berpengaruh baik pula bagi perkembangan seseorang. Dengan mengikutsertakan anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau playgroup akan membuatnya banyak bergaul dengan teman sebayanya dibandingkan ketika dia harus menghabiskan waktu di rumah.

2. Kesibukan orang tua
Jika Anda dan pasangan mempunyai aktivitas pekerjaan yang cukup padat, maka pendidikan usia dini bisa menjadi salah satu jalan mengajari anak untuk beraktifitas. Anda tidak perlu mengkhawatirkan apa saja yang dilakukan selama meninggalkan anak untuk bekerja karena programnya sudah jelas.

3. Finansial keluarga
Memang tepat jika Anda sebagai orang tua memberikan pendidikan terbaik untuk anak sedari kecil. Namun jika hendak memutuskan untuk bergabung dengan sistem belajar usia dini maka hitunglah terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikannya dan antar jemput anak.

4. Melatih emosional
Anak usia prasekolah biasanya memiliki perkembangan emosional yang belum stabil. Tak heran jika mereka sering bertindak semaunya. Dengan menghabiskan beberapa waktu di lingkungan playgroup, anak belajar mengelola emosi dan mengekspresikan diri dengan baik.

5. Perkembangan fisik
Selain perkembangan otak serta sosialisasi anak terhadap lingkungan sekitar, pendidikan anak usia dini juga mempunyai program yang membantu tumbuh kembangnya fisik sang anak. Anak umumnya di berikan fasilitas berupa menu makan sehat serta jadwal bermain sambil berolahraga.

Memang tak ada salahnya jika hendak menyekolahkan anak sedari kecil. Namun yang perlu disadari, anak tidak hanya membutuhkan ilmu tetapi juga membutuhkan waktu dan kasih sayang Anda berdua sebagai orang tuanya.

Leave a Reply