Hitung-hitungan Biaya Masa Depan Anak

Family

Biaya masa depan bukan cuma tentang diri sendiri tapi juga ketika Anda akan menikah dan memiliki anak. Sudahkah siapkah Anda menghitungnya?

 

Jika Anda akan menikah, biaya masa depan tak sekadar rumah, mobil, dan biaya hidup sehari-hari bersama pasangan. Nantinya, bila Anda merencanakan memiliki anak Anda juga harus mempersiapkan segala kebutuhannya sejak dalam kandungan hingga dia lahir. Perlu diingat bahwa ada tugas dan tantangan yang menanti. Persiapkan perhatian penuh terhadap pasangan dan tentu saja mempersiapkan kekuatan finansial. Sudah tahukah Anda apa saja yang perlu dipersiapkan?

Hitung-hitungan Biaya Masa Depan

Saat mempersiapkan kehadiran si buah hati, rasa khawatir sekaligus bahagia akan Anda rasakan setiap dalam prosesnya. Terlebih ketika Anda terus memantau perkembangan anak Anda selama di kandungan istri. Ada beberapa hal yang perlu benar-benar Anda perhatikan agar finansial Anda tak kacau. Biarlah khawatir hanya menyoal anak Anda yang akan lahir. Tentang finansial, sudah harus dipersiapkan jauh hari agar tak mengganggu pikiran Anda. Perhatikan! Pos pengeluaran yang akan banyak menguras keuangan Anda adalah persiapan melahirkan dan peralatan bayi.

Biaya Kehamilan

Istri yang tengah mengandung memerlukan vitamin, makanan sehat, dan senam hamil. Pos pengeluaran ini memakan cukup banyak penghasilan rutin bulanan. Paling tidak ambil 10% dari gaji Anda untuk mempersiapkan kebutuhan istri yang tengah hamil.

Biaya Kesehatan dan Kelahiran

Setiap bulan Anda harus mengelurkan anggaran untuk biaya rutin kontrol dokter dan USG. Hal ini pun semakin difokuskan ketika memasuki minggu ke-12 dan minggu terakhir untuk mengetahui kesehatan janin. Setelah biaya rutin bulanan ke dokter, Anda tentu harus siap dengan biaya melahirkan. Perhatikan bahwa ada perbedaan biaya antara melahirkan normal dengan caesar. Operasi caesar memakan biaya yang lebih besar.

Perlengkapan Bayi

“Kebutuhan” lawan “keinginan”. Tak bisa dipungkiri bahwa keperluan baju bayi yang menggemaskan pasti akan Anda belikan untuk anak. Begitu pula dengan stroller bagus namun mahal yang menjadi incaran Anda. Dahulukan yang lebih penting untuk anak. Jika dalam sebulan saja Anda bisa “melawan” keinginan untuk belanja berlebihan, Anda patut memberi apresiasi diri dengan membelikan satu atau dua baju untuk anak Anda. Jaga ritme pengeluaran agar finansial tidak terkuras habis.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Periksa lebih detail manfaat asuransi kesehatan untuk anak Anda terutama untuk biaya kesehatan pada masa tiga bulan pertama. Ada jenis asuransi kesehatan yang menggantikan biaya kesehatan seperti imunisasi wajib. Sementara memiliki asuransi jiwa sangatlah penting untuk menggantikan penghasilan Anda bila terjadi risiko kematian saat usia produktif. Dengan memiliki asuransi jiwa ini nantinya masa depan anak dan istri akan terpenuhi dengan biaya pertanggungan yang didapat dari asuransi yang Anda miliki.

Pendidikan Anak

Siapa bilang bahasan tentang pendidikan anak bisa ditunda sampai anak berusia 3 tahun? Inilah biaya masa depan yang perlu pertimbangan panjang sejak anak masih dalam kandungan. Anda perlu mencari info pendidikan seperti apa yang diinginkan untuk anak. Hitunglah kira-kira besar biaya pendidikan di masa depan. Setelah mengetahuinya Anda bisa mempersiapkan dana pendidikan dengan tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan.

Leave a Reply