Ingin Hidup Mapan di Usia Muda? Mudah Sekali!

Family

Untuk menggapai hidup mapan memang tidak mudah dan tidak instan. Butuh perjuangan, kerja keras, dan juga kemauan yang tinggi untuk menggapainnya. Lalu, apa saja yang harus dilakukan?

Kini, hidup mapan itu bukan hanya untuk mereka yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas saja. Tetapi usia Anda di bawah itu juga bisa menikmatinya asalkan sudah bisa memaknai arti kehidupan. Perlu diingat, untuk mencapai kehidupan yang mapan, tidak bisa instan begitu saja. Harus ada kerja keras dan terus berusaha hingga pencapaian itu bisa Anda raih.

Mencapai kehidupan yang mapan harus dibarengi dengan rencana keuangan yang matang karena kedua hal itu akan terus berkaitan. Jika keuangan Anda tidak terkontrol, maka kehidupan mapan yang Anda dampakan juga akan jauh dari genggaman. Begitu pun sebaliknya, jika Anda mampu mengontrol keuangan dalam artian tabungan Anda sehat, tentu hidup mapan akan bisa Anda raih dengan sempurna. Jika begitu, bagimana cara untuk merencanakan keuangan yang matang agar bisa mencapai hidup mapan?

Cara Merencanakan Hidup Mapan dan Keuangan yang Matang

Merencanakan keuangan yang matang ada banyak sekali caranya. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Disiplin dan Memiliki Motivasi yang Kuat

Cara pertama yang harus dilakukan dalam merencanakan keuangan yang matang adalah mempersiapkan diri selalu disiplin dalam melakukan apa pun. Sebab, tidak semua orang bisa berhasil merencanakan keuangan yang matang karena kurangnya kedisiplinan dan tidak adanya motivasi yang kuat dari dalam diri.

Baca juga: Selagi Masih Muda Ini Strategi Jitu Demi Masa Depan Sukses

Sama halnya dalam merencanakan sesuatu, jika rancangan itu tidak benar-benar matang, tentu hasil yang akan diperoleh juga tidak maksimal atau di luar harapan Anda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa diri Anda sudah memiliki 100 persen kedisiplinan dan motivasi yang kuat. Barulah Anda bisa mulai merencanakan keuangan yang bisa menghasilkan hidup mapan.

Rencanakan dengan Target yang Realistis

Tidak ada yang instan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Begitu juga dengan keuangan Anda. Anda harus melakukan perubahan mulai dari diri sendiri sehingga kondisi keuangan semakin membaik dari hari ke hari. Untuk memiliki rencana keuangan yang matang Anda harus melakukan semuanya secara realistis. Artinya, rencana Anda haruslah masuk akal dan tidak berlebihan, di mana Anda menetapkannya pada titik yang tepat sejak awal. Jadi, rencana tersebut tidak terlalu tinggi, namun juga tidak terlalu rendah yang begitu mudah untuk dicapai.

Baca juga: Ini Investasi Terbaik untuk Aset Masa Depan

Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif

Mulai dari sekarang, Anda harus melakukan evaluasi terhadap pos pengeluaran di dalam keuangan. Kurangi berbagai macam pengeluaran yang tidak terlalu penting dan bersifat konsumtif, sehingga tidak berdampak buruk bagi kebutuhan pokok. Kemudian sisihkan dana ini secara terpisah dan jangan satukan dengan dana lainnya di dalam keuangan, agar tidak terpakai untuk alasan apa pun yang tidak perlu.

Kebanyakan orang akan mengalami kesulitan menahan keinginan belanja atau keperluan lainnya, jika Anda termasuk salah satu orang yang seperti itu, sebaiknya ketika Anda menerima gaji langsung sisihkan untuk semua kebutuhan dan juga tabungan Anda baru jika ada sisanya bisa Anda pergunakan untuk hal-hal yang sifatnya “keinginan”.

Lakukan Pelunasan Terhadap Utang yang Tidak Produktif

Utang adalah komponen yang kelak akan mengganggu rencana keuangan bila porsinya tidak ideal, terutama jika utang ini tidak bersifat produktif. Upayakan untuk selalu menghindari utang yang tidak produktif ini dalam keuangan Anda. Selain tidak memberikan manfaat yang menghasilkan, utang seperti ini juga bisa saja membebani keuangan dalam waktu yang panjang. Jika ternyata selama ini Anda sudah memiliki jenis utang seperti itu, maka segera lakukan pelunasan. Bila Anda tidak mampu melakukan pelunasan sekaligus, lakukan secara bertahap dan disiplin.

Perbesar Porsi Tabungan

Agar tujuan Anda cepat tercapai, yaitu hidup mapan, alangkah baiknya untuk memperkecil pengeluaran dan memperbesar porsi tabungan Anda setiap bulannya. Hal seperti ini sudah jelas akan membawa dampak positif di dalam keuangan Anda. Contohnya, jika sebelumnya porsi tabungan Anda hanya 10 persen dari pendapatan, mulai sekarang Anda bisa meningkatkan menjadi 20-30 persen dari pendapatan. Dengan begitu, Anda harus bisa memangkas pengeluaran yang tidak berguna agar bisa meningkatkan jumlah tabungan.

Melakukan Investasi

Jika sulit untuk menyimpan dalam bentuk tabungan, Anda bisa menyimpan uangnya dalam bentuk investasi. Ada banyak jenis-jenis investasi yang bisa Anda pilih. Contohnya, investasi emas jika jumlah tabungannya tidak banyak atau investasi porperti, saham, reksa dana, deposito, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan cara ini, tentu tabungan Anda tidak bisa diganggu gugat.

Perdalam Kemampuan dalam Mengelola Keuangan

Agar merecanakan keuangan Anda berjalan dengan baik dan maksimal, wajib memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan secara keseluruhan. Pastikan Anda selalu memperdalam ilmu keuangan dengan beragam informasi terkini dalam mengelola keuangan. Ada banyak sumber informasi yang bisa Anda kunjungi dengan mudah, baik itu berupa artikel keuangan di berbagai situs internet maupun buku-buku yang mengulas tentang keuangan berkualitas. Jika berhasil, tentu hidup mapan sudah ada didalam genggaman Anda.

Baca juga: Mau Jadi Pengusaha Sukses? Begini Caranya!

Lakukan Evaluasi

Terakhir adalah jangan lupa untuk tetap melakukan evaluasi. Hal ini tentu sangat penting untuk mematau perencanaan keuangan Anda agar tetap stabil dan target yang ingin dicapai bisa maksimal.

Jika dilihat dari cara-cara di atas, rasanya hampir semua orang bisa melakukannya. Namun, balik lagi kepada niat dan tekad Anda untuk memiliki hidup yang mapan. Jika pencapaian itu memang penting untuk Anda, pasti semuanya akan dilakukan dengan tekun. Selamat mencoba.

Comments are closed.