Ini Keuntungan dan Kerugian Menitipkan Orangtua di Panti Jompo

Family

Menitipkan orangtua di panti jompo memang suatu keputusan yang sangat besar. Namun, sebelum Anda mengambil keputusan tersebut, berikut ini beberapa poin mengenai keuntungan dan juga kerugian jika menitipkan orangtua di panti jompo.

Tradisi menitipkan orangtua di panti jompo memang sudah menjadi hal biasa di luar negeri, khususnya Negara China. Namun, untuk di Indonesia sendiri, trandisi ini tidak begitu populer karena masih banyak anak yang lebih memilih untuk merawat orangtuanya sendiri dibandingkan harus menitipkannya di panti jompo. Sebenarnya menitipkan orangtua di panti jombo bukan hal buruk, tetapi memang ada saja yang menganggap itu sebagai kesalahan yang besar. Anggapan-anggapan kurang baik kerap dinilai seperti tidak berbakti pada orangtua, tidak ingin hidupnya diganggu oleh orangtua, dan peryataan negatif lainnya. Padahal sang anak pasti memiliki alasan yang kuat mengapa dia sampai menitipkan orangtuanya di sana.

Seperti keputusan lainnya, menitipkan orangtua di panti jompo ada kekurangan dan kelebihannya. Bila Anda masih bingung mengambil keputusan tersebut, berikut ini beberapa penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian menitipkan orangtua di panti jompo.

Keuntungan Menitipkan Orangtua di Panti Jompo

Ada yang Merawat

Bagi Anda yang super sibuk dan kurang memiliki waktu untuk menjaga dan memperhatikan orangtua, keuntungan jika orangtua dititipkan di panti jompo, yaitu Anda sudah tidak perlu cemas lagi dengan kondisi beliau. Pasalnya, di panti jompo pasti orangtua Anda akan dirawat dengan baik. Mulai dari pola makan, gaya hidup, dan kebutuhan lainnya yang akan lebih terjamin.

Banyak Teman

Meskipun mereka sudah tidak muda lagi, bukan berarti mereka tidak membutuhkan teman untuk bersosialisasi. Keuntungan berikutnya jika orangtua Anda dititipkan di panti jompo adalah banyaknya teman sebaya yang bisa diajak ngobrol. Berbeda halnya jika di rumah. Mungkin mereka hanya bisa menghabiskan waktunya dengan menonton televisi atau tidur saja. Kegiatan seperti itu jika dilakukan berulang-ulang pasti sangat membosankan.

Ada Banyak Aktivitas atau Kegiatan

Namanya, juga panti sosial pasti para pengurusnya akan mempersiapkan berbagai aktivitas yang bisa membuat para orangtua menjadi senang. Salah satu kegiatan yang pasti ada di panti jompo adalah olahraga bersama setiap pagi. Selain meminimalisir perasaan bosan, kegiatan ini juga tentu bisa memberikan pengaruh yang positif, yaitu menjadikan tubuh mereka lebih sehat.

Kekurangan Menitipkan Orangtua di Panti Jompo

Tidak Bisa Bertemu Setiap Hari

Kekurangan yang pertama jika Anda menitipkan orangtua di panti jompo, yaitu Anda harus merelakan waktu bersama orangtua karena perbedaan tempat tinggal. Anda hanya boleh bertemu dengan mereka sesuai jadwal yang diberikan. Biasanya pertemuan tersebut bisa dilakukan pada akhir pekan. Jadi, secara langsung Anda tidak bisa memantau kondisinya setiap hari. Namun, meskipun begitu Anda bisa meminta laporan dari petugas panti yang merawat orangtua Anda.

Jauh dari Keluarga

Meskipun di sana mendapatkan banyak teman sebaya, tetapi mereka pun harus mengorbankan diri mereka untuk jauh dari keluarga. Contohnya para kakek dan nenek tidak bisa menjumpai anak dan cucu setiap hari. Oleh karena itu, jika ada jadwal untuk berkunjung harus dimanfaatkan dan jangan sampai melewatkannya.

Ada Biaya yang Harus Dikeluarkan

Ada syarat khusus untuk mendapatkan keringanan biaya di panti jompo. Misalnya, warga miskin ataupun orangtua yang memang tidak memiliki keluarga sama sekali. Namun, jika Anda dengan sengaja menitipkan orangtua di panti jompo, tentu akan dikenakan biaya untuk biaya penitipan dan juga perawatan. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Jika dibandingkan dengan Anda merawatnya sendiri, pastinya lebih mahal. Oleh karena itu, Anda yang berniat menitipakan orangtua di sana, pastikan sudah menyiapkan biaya untuk perawatannya. Jangan sampai di tengah jalan orangtua dipulangkan karena kurang biaya.

Itulah keuntungan dan kerugian yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang berencana menitipkan orangtua di panti jompo. Agar tidak menyesal kemudian hari, pastikan Anda sudah memikirkannya matang-matang ya.

Comments are closed.