Inilah Alasan Pentingnya Menerapkan Program Keluarga Berencana

Family

Keluarga berencana bukan sekadar membatasi jumlah keturunan. Lebih dari itu, banyak hal penting yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan program ini.

Sebagian besar dari Anda khususnya yang sudah berkeluarga pasti tahu tentang program Keluarga Berencana atau biasa disingkat KB. Sedikit informasi, program KB adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi angka kelahiran dengan menggunakan alat kontrasepsi yang berstandar nasional dan aman. Tapi, bagi orang awam, program KB hanyalah program yang menganjurkan setiap pasangan agar hanya mempunyai dua anak. Hal inilah yang membuat program KB tidak berjalan baik karena banyak pasangan yang tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi hanya untuk membatasi jumlah anak.

Padahal, program KB bukan hanya berguna untuk membatasi angka pertumbuhan penduduk. Nyatanya, banyak hal penting yang kita dapatkan dengan mengikuti program KB. Apa saja hal tersebut? Ini dia!

Pro Hak-Hak Wanita

Program KB sangat pro pada hak-hak wanita yang sudah menjadi seorang istri dan ibu. Hak tersebut antara lain untuk menentukan jumlah anak dan juga jarak kelahiran antara anak satu dengan yang selanjutnya. Dengan begitu, istri sekaligus ibu (jika sudah memiliki keturunan sebelumnya) memiliki kuasa atas jumlah keturunan dalam keluarga tanpa perlu terintimidasi oleh keinginan sepihak suami atau pihak lain. Bukankah yang akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam merawat dan membesarkan buah hati adalah kaum wanita sebagai ibu?

[quads id=3]

Menurunkan Risiko Kematian

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa kehamilan dan kelahiran yang terlalu sering dan dengan jarak waktu yang terlalu dekat dapat meningkatkan risiko yang besar bagi sang ibu dan juga bayi. Dalam banyak kasus tersebut risiko tertinggi yang dihadapi adalah bahaya kematian. Nah, dengan menerapkan program KB, risiko tersebut akan sangat dapat ditekan. Program ini terbukti dapat menekan angka kematian ibu sebanyak 30 persen dan bayi sebanyak 60 persen. Maka dari itu, demi keselamatan sang ibu dan bayi, sudah seharusnya program KB diterapkan bagi setiap pasangan di Indonesia.

Mencegah Terjadinya Aborsi

Tak sedikit pasangan suami istri yang terpaksa menempuh jalur aborsi akibat kehamilan yang tidak diinginkan. Hal ini dipandang tidak manusiawi karena harus merelakan sang calon bayi yang seharusnya bisa memperoleh kehidupan seperti anak-anak lainnya. Selain itu, aborsi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan juga mental sang ibu. Terbayang betapa buruknya hal ini, kan? Itulah mengapa program KB menjadi pilihan yang bijak bagi pasangan yang belum ingin memiliki keturunan tanpa mengganggu keharmonisan rumah tangga. Jadi, tak ada lagi perasaan bersalah karena harus mengaborsi calon bayi.

Menjamin Kualitas Hidup Anak

Setiap pasangan pasti menginginkan kualitas hidup yang terbaik bagi anak-anaknya. Tapi, hal ini tentu bisa terjuwud dengan perencanaan yang baik, salah satunya dengan menentukan jumlah anak dalam keluarga. Setelah itu, Anda dapat membuat rencana yang terbaik untuk sang buah hati, seperti menyiapkan tabungan pendidikan dan investasi yang bermanfaat saat mereka tumbuh besar. Namun, bila perencanaan dalam memiliki keturunan tidaklah dipikirkan dengan matang, rasanya sangat sulit untuk merealisasikan kualitas hidup terbaik untuk anak. Faktanya, semakin banyak jumlah anak, semakin banyak pula hal dan tanggungan yang harus Anda persiapkan. Inilah pentingnya mengikuti program Keluarga Berencana. Anda dan pasangan jadi lebih mudah membuat anggaran untuk menjamin kualitas hidup anak dengan lebih dulu merencanakan kehamilan dan kelahiran sang buah hati.

[quads id=7]

Melihat banyaknya hal penting yang akan kita dapatkan, rasanya menerapkan program KB bukan lagi menjadi pertimbangan Anda dan pasangan. Jadilah pasangan dan keluarga yang terencana dengan matang dengan program KB.

Comments are closed.